Trends Economic Issues zkumparan

Pemerintah Pusat dan Daerah Bersinergi di Proyek Panas Bumi

Pemerintah Pusat dan Daerah Bersinergi di Proyek Panas Bumi
Penandatanganan nota kesepahaman proyek panas bumi. (Foto : Geo Dipa)

Komite Bersama menggandeng Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat untuk melakukan kerjasama yang mendukung kelancaraan pelaksaaan proyek Panas Bumi.Dalam rangka Pelaksanaan Kegiatan Penyediaan Data dan Informasi Panas Bumi di Area Wae Sano, Desa Wae Sano, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kerjasama tersebut disepakati seiring dnegan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Direktur Jendral Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian EDM), Dadan Kusdiana dan Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi di Auditorium Direktorat Jendral EBTKE, Jakarta pada Selasa kemarin (28/9/2021).

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Luky Alfirman mengatakan kesepakatan ini membutuhkan kolaborasi. “Dari pemerintah pusat, kami di Kementerian keuangan dan Kementerian ESDM, teman-teman di daerah khususnya di Wae Sano teman-teman di Kabupaten Manggarai Barat. Dengan milestone ini, MoU ini kita sudah bisa bergerak lebih jauh lagi yaitu eksekusi. Ini akan menjadi preseden, batu loncatan untuk proyek-proyek di wilayah lainnya,” ujar Luky di Jakarta seperti dilansir SWA Online di Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Hal serupa juga diungkapkan Dadan. Menurutnya, Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, PT Geo Dipa Energi (Persero), PT Sarana Multi Infrastruktur, terus berusaha bersama-sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten untuk mengembangkan Panas Bumi di Manggarai Barat, “Kami juga nanti support dari sisi penyediaan energi bersih, memang kalau kita jual sekarang ya wisata-wisata itu basisnya harus kesana (terbarukan),” imbuh Dadan. Selain penandatangan MoU, dalam acara tersebut juga turut ditandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) Pengadaan Tanah Untuk Area Eksplorasi (Pengeboran Eksplorasi) Pada Wilayah Terbuka Wae Sano antara Geo Dipa Energi Dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, kegiatan ini merupakan jawaban atas kebutuhan rakyat di Kabupaten Manggarai Barat. Dia berharap Manggarai Barat dapat dikenal tidak hanya karena keindahan alam tapi juga energi bersihnya. Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Geo Dipa Energi, Riki Firmanda Ibrahim, melihat perkembangan Waesano saat ini jauh lebih baik. Menurut Riki, pengeboran akan mulai dilakukan di awal tahun 2022, “Kami bersama PT SMI memastikan pelaksanaan akan segera dapat lebih cepat. Mudahmudahan dalam awal tahun depan sudah mulai drilling,” sebut Riki.

Nota Kesapahaman dan Perjanjian Kerja Sama ini disepakati sebagai pendorong kerjasama guna mendukung pelaksanaan program Pemerintah, Flores Geothermal Island, untuk menghadirkan energi bersih bagi masyarakat. Hal ini mengingat kebutuhan energi listrik di Pulau Flores, khususnya Manggarai Barat, dalam jangka panjang akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk. Meningkatnya perekonomian, pembangunan, serta pertumbuhan industri terutama industri pariwisata. Sementara itu, rasio elektrifikasi Kabupaten Manggarai Barat masih berada di bawah rata-rata nasional, sehingga perlu percepatan dan dukungan dari sisi pasokan melalui pembangunan pembangkit tenaga listrik. Dengan potensipanas bumi yang mencapai 910 MWe, terdiri dari sumberdaya (resources) sebesar 385 MWe dan cadangan (reserves) sebesar 524 Mwe. Pulau Flores dapat menjadi wilayah pionir dalam pengembangan energi terbarukan.

Sebagai informasi, sesuai KMK Nomor 827/KMK.08/2017 tanggal 13 November 2017, Komite Bersama Dalam Rangka Pelaksanaan Kegiatan Penyediaan Data dan Informasi Panas Bumi (Komite Bersama) adalah komite yang terdiri dari Kementerian Keuangan (diwakili oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko selaku Ketua Komite dan Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan sebagai Anggota), Kementerian ESDM (diwakili oleh Direktur Jenderal EBTKE Wakil ketua I dan Kepala Badan Geologi sebagai Wakil Ketua II).Komite ini dibentuk untuk menyelenggarakan pengawasan dan supervisi, serta pengambilan keputusan strategis dalam Pelaksanaan Kegiatan Penyediaan Data dan Informasi Panas Bumi oleh pemerintah melalui penugasan kepada BUMN government exploration drilling/ governmentdrilling, yakni PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) dan PT Geo Dipa Energi (Persero).

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved