Technology Trends

WIFI dan Genflix Menjajaki Kemitraan Konten Digital

WIFI dan Genflix Menjajaki Kemitraan Konten Digital
Foto : Surge

PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (WIFI) atau Surge melalui anak usahnya PT Integrasi Jaringan Ekosistem (Weave) akan meluncurkan layanan streaming konten digital atau over the top seiring dengan rencana kerjasama dengan PT Festival Citra Lestari (Genflix). Dengan kerja sama yang akan dicapai ini diharapkan dapat lebih memperkuat pilar bisnis media and entertainment yang selama ini dimiliki oleh Surge dalam menyediakan hiburan berkualitas melalui konektivitas handal. Genflix adalah layanan streaming konten digital atau over-the-top berlangganan yang terdiri dari live channel dan video on demand.

Kerja sama yang bakal disepakati antara Weave dengan Genflix pada masa mendatang ini merupakan langkah ekspansi bisnis Weave yang meluncurkan layanan konektivitas terintegrasi, yakni Weave Connect. Layanan ini dirilis di Bandung, Jawa Barat, pada 2 Oktober 2021. Perusahaan mempercepat penyelesaian pembangunan infrastruktur jaringan serat optik sepanjang 2.800 km untuk memenuhi permintaan konsumen yang meningkat terhadap konektivitas berkecepatan tinggi.

Dengan kapasitas awal terpasang mencapai 5,6 Tbps dan potensi kapasitas maksimum mencapai 32 Tbps, pembangunan jaringan infrastruktur serat optik pada sepanjang jalur rel kereta api ini menjadi salah satu alternatif yang menjanjikan bagi perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia ke depan. Saat ini perusahaan telah menyelesaikan segmen pertama pembangunan jaringan infrastruktur serat optik yaitu Jakarta-Bandung dan Jakarta-Bogor. Rencananya keseluruhan jaringan sepanjang pulau Jawa akan terselesaikan pada bulan Desember 2021.

CEO Solusi Sinergi Digital, Hermansjah Haryono, mengatakan momen ini menandakan dimulainya era konektivitas berkecepatan tinggi dengan tingkat keamanan yang handal serta harga yang sangat terjangkau. “Semoga layanan Weave Connect bisa menjadi solusi atas kebutuhan konektivitas handal bagi para pelaku bisnis dan masyarakat luas di Indonesia dan memberi nilai tambah bagi perekonomian Indonesia,” kata Hermansyah dalam keterangan resmi yang dilansir SWA Online di Jakarta, Rabu (6/10/2021).

Pengembangan jaringan serat optik sepanjang jalur rel kereta api ini memiliki risiko gangguan yang sangat minim karena dibangun di area steril. Hal ini mendukung jaringan infrastruktur yang lancar, berkapasitas bandwidth besar, serta kestabilan konektivitas dengan latency yang rendah. Selain itu, infrastruktur jaringan ini juga menggunakan perlindungan enam ring dan teknologi teranyar yaitu sistem dense wavelength division multiplexing (DWDM) dengan di dukung tiga perangkat transport DWDM dalam semua ring network weave sebagai support redundancy, dan auto switched optical network sebagai bagian dari proteksi jaringan yang handal.

WIFI pun meluncurkan aplikasi bagi para pemilik usaha internet service provider (ISP). Perseroan mengklaim dengan aplikasi ini, seluruh pelanggan dari ISP yang bermitra dengan Weave akan dapat tetap menikmati layanan konektivitas berkecepatan tinggi dari Merak hingga Banyuwangi secara terintegrasi. COO Weave, Massigit Dian Santosa, mengatakan fitur terbaru itu dapat menjadi potensi bagi seluruh ISP lokal untuk dapat berkolaborasi bersama pihaknya. “Melalui aplikasi yang kami hadirkan, para pengguna layanan jaringan serat optik kami dapat merasakan pengalaman berinternet secara terintegrasi di berbagai wilayah di Jawa dengan tetap menggunakan konektivitas ISP lokal yang tergabung dalam ekosistem WIFI, dan ini adalah bagian dari peran utama kami sebagai Neutral Carrier Provider and Collaborator,” ujarnya.

Ekosistem yang dibangun oleh Surge dan Weave diyakini manajemen perseroan akan memberikan pengalaman berinternet dan hiburan yang jauh lebih baik dengan harga yang terjangkau kepada konsumen. Harga saham WIFI pada perdagangan Rabu pekan ini stagnan di level Rp 685 dibandingkan perdagangan Selasa kemarin.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved