Management

CIMB Niaga Gandeng AON untuk Penutupan Asuransi Kapal

CIMB Niaga Gandeng AON untuk Penutupan Asuransi Kapal

kapal-kapal target asuransi

PT Bank CIMB Niaga Tbk melakukan penandatanganan kerja sama dengan PT AON Indonesia, broker asuransi untuk penutupan asuransi atas pembiayaan kapal yang diberikan oleh bank itu. Melalui kerjasama tersebut, AON Indonesia membentuk konsorsium asuransi kapal yang beranggotakan perusahaan asuransi rekanan CIMB Niaga: Sinar Mas, Jasindo, ACA, Wahana Tata dan Japro. Proses selanjutnya melakukan penyederhanaan flow asuransi (mulai dari proses penutupan polis hingga proses klaim) di perusahaan asuransi rekanan.

Handoyo Soebali, Direktur Commercial Banking & Syariah CIMB Niaga, mengatakan, latar belakang kerja sama ini berawal dari adanya kebutuhan standardisasi terms & condition untuk penutupan asuransi atas pembiayaan kapal yang diberikan oleh CIMB Niaga. Selain itu, inisiatif itu juga merupakan upaya mitigasi risiko yang dilakukan CIMB Niaga dalam hal pembiayaan kapal.

“Asuransi kapal merupakan asuransi yang terbilang rumit dan menuntut tingkat ketelitian tinggi. Untuk itu, kami membutuhkan perusahaan yang memiliki keahlian dalam hal asuransi atas pembiayaan kapal, dan itu dimiliki AON Indonesia,” kata Handoyo.

Handoyo menambahkan, kerja sama itu membuktikan komitmen perusahaannya dalam memberikan layanan yang lebih baik kepada nasabah, khususnya nasabah pembiayaan kapal. Sekarang ini, industri kapal nasional terus berkembang pesat, terutama sejak pemberlakuan asas cabotage pada tahun 2011 lalu.

Hal ini bisa dilihat dari peningkatan penyaluran pembiayaan kapal CIMB Niaga, yang mencapai sekitar Rp 2,5 triliun di akhir Desember 2011, atau naik 31,5% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai sekitar Rp1,9 triliun. Menurut Handoyo, dari penyaluran pembiayaan kapal CIMB Niaga tahun 2011, mayoritas banyak disalurkan di wilayah Jakarta, Batam, dan Kalimantan Timur.

Sementara itu, Nahdi M. Abbas, Direktur AON Indonesia, mengharapkan, kerja sama yang telah terjalin bisa terus berlanjut ke depan dan berkembang ke bentuk kemitraan lain. “Sehingga, bisa terjalin hubungan yang berkelanjutan dan saling menguntungkan, baik bagi AON Indonesia maupun CIMB Niaga,” kata Nahdi. (Ario Fajar/EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved