Companies zkumparan

Dailybox: Kantongi Pendanaan Seri A, Siap Ekspansi ke Seluruh Indonesia

Dailybox: Kantongi Pendanaan Seri A, Siap Ekspansi ke Seluruh Indonesia
Juna Rorimpandey & Kelvin Subowo, co-founder dan CEO Dailybox.

Di tengah situasi yang tak menentu akibat pandemi Covid-19, Dailybox, salah satu startup di bidang food & beverages (F&B) dengan layanan on demand, berhasil meraih kepercayaan para investor atas eksistensi bisnisnya. Pada 22 Juli 2021, Dailybox mengumumkan telah meraih pendanaan seri A dengan nominal yang tidak disebutkan. Pendanaan ini dipimpin oleh Vertex Ventures SEA dan Kinesys Group.

Dailybox merupakan bagian dari The Daily Group (dengan bendera resmi PT Sendok Garpu Internasional), yang berdiri pada 2018. Berkolaborasi dengan dua chef ternama, Juna Rorimpandey dan Renatta Moeloek, Dailybox kini telah menghadirkan 30 pilihan menu beragam. Dalam menjalankan operasionalnya, Dailybox menerapkan sistem dapur terpusat untuk menjaga kualitas makanannya, dan berkolaborasi dengan operator cloud kitchen seperti GrabKitchen, YummyKitchen, dan mitra individu DailyPartner.

Kelvin Subowo, co-founder dan CEO Dailybox, menyambut pendanaan ini dengan sangat antusias. “Kami sangat menghargai kepercayaan dan dukungan dari para investor yang senantiasa mendukung misi kami menghadirkan kekayaan citarasa makanan Nusantara dengan harga terjangkau ke seluruh Indonesia,” katanya. Melalui pendanaan ini, pihaknya berencana untuk fokus mempercepat ekspansi bisnis ke seluruh Indonesia dan mengembangkan sistem dapur terpusat untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas layanannya.

Saat ini, Dailybox telah hadir di beberapa kota, termasuk kota-kota di Pulau Jawa, Sumatera Utara, dan Bali. Pada Agustus 2021, Dailybox berencana membuka gerai pertamanya di Kalimantan, tepatnya di Kota Pontianak. Ke depan, Dailybox akan berekspansi menyasar kota-kota tier 2 dan tier 3 di Indonesia.

Kondisi pandemi Covid-19 tidak menghalangi pertumbuhan bisnis Dailybox. Pada Maret 2021, gross revenue (pendapatan kotor) secara grup telah berhasil tumbuh hingga 700% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Selain pertumbuhan gross revenue, Dailybox juga mengalami peningkatan luar biasa pada jumlah gerainya. Kurang dari setahun, jumlah gerainya di tahun 2020 telah tumbuh hingga 300%. Bahkan, berhasil menjadi F&B brand yang memiliki cloud kitchen terbanyak di Indonesia, mencapai ratusan gerai pada semester awal 2021. Dailybox menargetkan untuk terus melakukan ekspansi dan menggandakan jumlah total gerainya pada akhir tahun ini.

Pertumbuhan bisnis Dailybox berbanding lurus dengan prediksi pertumbuhan industri layanan pesan-antar makanan di Asia Tenggara. Laporan Google Temasek, Bain & Company tahun 2020 menyatakan bahwa gross merchandise value (GMV) industri layanan pesan-antar makanan di Asia Tenggara diprediksi akan mencapai US$ 23 miliar pada tahun 2025. Angka tersebut menunjukkan kuatnya tingkat pertumbuhan rata-rata per tahun (compound annual growth rate) di industri layanan pesan-antar makanan yang mencapai hampir 30%.

Di tengah segala keterbatasan selama pandemi, Kelvin terus berkomitmen memastikan konsumen dapat tetap menikmati beragam makanan yang dihadirkan Dailybox. Menurutnya, selama pandemi, 80% penjualan Dailybox berasal dari layanan pesan-antar makanan online.

Menurut Gary Khoeng, Senior Executive Director Vertex Ventures SEA, ketika berinvestasi, pihaknya selalu mencari startup yang berpotensi menjadi calon juara regional. Di tengah berbagai ketidakpastian saat ini, pihaknya melihat Dailybox secara konsisten menunjukkan performa yang baik di industri F&B.

“Kami terkesan dengan keunggulan operasional Dailybox dan cara mereka memprioritaskan serta mempertahankan kualitas produknya. Kami bangga dapat mendukung Kelvin dan timnya di masa-masa sulit ini untuk menciptakan brand yang menyediakan solusi praktis namun terjangkau bagi masyarakat Indonesia,” papar Khoeng.

Senada dengan itu, Steven Vanada, Managing Partner Kinesys Group, meyakini potensi Dailybox. “Sejak awal, kami selalu fokus untuk memberikan pendanaan kepada startup yang tidak hanya memiliki model bisnis yang bagus, tapi juga memiliki rencana profitabilitas yang jelas dan berkelanjutan,” kata Vanada. Ia melihat, pertumbuhan bisnis Dailybox yang luar biasa di tengah pandemi telah menunjukkan kematangan strategi bisnis Dailybox sebagai perusahaan yang selalu berinovasi dan beradaptasi dengan cepat dalam menghadapi situasi yang menantang sekalipun. (*)

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved