Capital Market & Investment zkumparan

Program Edukasi FinanSiap Tingkatkan Literasi Keuangan di Kalangan Anak Muda

Program Edukasi FinanSiap Tingkatkan Literasi Keuangan di Kalangan Anak Muda

Uang elektronik Gopay berkolaborasi dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memberikan edukasi keuangan sekaligus pengelolaan aset yang lebih baik. Edukasi ini merupakan bagian dari perluasan program FinanSiap yang menyasar masyarakat kelompok usia muda yang sekarang menjadi kelompok investor retail terbesar di pasar modal Indonesia.

Berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), terjadi kenaikan jumlah investor pasar modal dari 2.484.354 pada 2019 menjadi 3.880.753 pada akhir tahun 2020, dan bahkan mencapai angka 6.610.173 pada 15 Oktober 2021 lalu. Data per-September 2021, tercatat 59,23% dari total investor pasar modal merupakan kalangan anak muda di bawah usia 31 tahun.

Namun demikian, hasil dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) ketiga yang dilakukan OJK pada 2019 mengenai indeks literasi keuangan menunjukkan hanya 38% dari total penduduk Indonesia yang memiliki literasi keuangan yang baik. Menjawab hal itu, program FinanSiap didesain untuk menjawab kebutuhan peningkatan literasi keuangan di tengah masyarakat yang semakin melek teknologi serta investasi.

Chief Marketing Officer Gopay, Fibriyani Elastria menjelaskan, program ini terdiri dari rangkaian konten edukasi yang dikemas secara ramah sehingga dapat mudah dipahami oleh masyarakat umum dan investor pemula, dalam bentuk website, artikel, video, webinar, infografis, serta podcast. Program ini melibatkan berbagai pakar dan ahli pasar modal sebagai pemateri serta narasumber.

Materi edukasi FinanSiap yang tersedia di halaman resmi Gopay disusun ke dalam tiga modul, mencakup perencanaan keuangan, pengelolaan keuangan, dan pengenalan jenis investasi. “Gopay terus memperluas fungsi dan penggunaannya untuk membantu pengguna mengatur keuangan untuk mencapai tujuan finansial di masa depan,” ujar Fibriyani.

Melalui program edukasi yang telah dimulai sejak Juli lalu, pihaknya telah menjangkau 56 ribu penonton melalui diskusi virtual dengan para pakar keuangan dan investasi. Melihat antusiasme anak muda yang sangat tinggi, kali ini, Gopay memperluas cakupan materi edukasi termasuk tentang investasi saham di pasar modal.

“Materi edukasi ini juga akan kami perluas kepada para pengguna dan mitra usaha (merchant) Gopay, Gojek, Tokopedia. Harapannya bersama BEI kami dapat mengedukasi calon investor pasar modal agar dapat berinvestasi sesuai dengan profil risiko masing-masing.”

Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi menambahkan, program edukasi ini sejalan dengan target edukasi pasar modal yang selama ini dilakukan oleh BEI yaitu mencetak investor ritel pemula yang cerdas. “Kami berharap bahwa sinergi BEI dengan GoTo bersama kekuatan ekosistemnya dapat membawa tingkat literasi keuangan yang lebih tinggi di kalangan masyarakat Indonesia,” katanya.

Sebelumnya, kelas virtual FinanSiap telah dimulai sejak Juli 2021 dan diadakan setiap bulannya. Setiap sesi ditayangkan lewat Instagram Live dengan melibatkan berbagai perencana keuangan serta figur publik, seperti Melvin Mumpuni, Felicia Putri, Rivan Kurniawan, dan masih banyak lainnya. Materi yang dibahas di mulai dari cara mengatur prioritas keuangan selama pandemi hingga tips berinvestasi dengan aman.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved