Startup Kecantikan Milik Luna Maya Dapat Pendanaan US$ 5 Juta
Nama Beauty, perusahaan kosmetik dan perawatan kulit asal Indonesia, meraih pendanaan tahap awal (Seed Funding) senilai US$5 juta yang dipimpin oleh AC Ventures, diikuti oleh partisipasi dariPT SiCepat Ekspres Indonesia (SiCepat Ekspres), dan PT Digital Mediatama Maxima Tbk. (DMMX).
Nama Beauty didirikan oleh pengusaha Marcel Lukman dan selebriti Luna Maya pada 2019 sebagai startup yang mengusung konsep direct-to-consumer (D2C), menawarkan produk perawatan kulit dan kecantikan berkualitas tinggi namun dengan harga terjangkau, dan menggunakan jaringan distribusi offline.
Pandu Sjahrir, Founding Partner of AC Ventures, menyampaikan alasan ketertarikannya untuk berinvestasi di startup kecantikan ini karena telah mengenal keduanya cukup lama dan mengikuti perkembangan Nama Beauty sejak berdiri.
“Melalui kemitraan dengan SiCepat dan DMMX, kami akan memanfaatkan kekuatan unik kami masing-masing untuk membantu Nama Beauty dalam membangun merek kecantikan dengan pertumbuhan tinggi dan berharap dapat mendukung perusahaan untuk mencapai potensi penuh,” kata Pandu.
Kemitraan bersama DMMX dan SiCepat Ekspres ini, lanjutnya, akan membawa Nama Beauty untuk memiliki akses jangkauan distribusi yang kuat dan terukur. Nama Beauty akan memanfaatkan jaringan distribusi DMMX yang luas untuk menjual produk mereka ke jaringan distribusi pasar offline, seperti Sampoerna Retail Community (SRC) yang tersebar di lebih dari 20 kota di Indonesia, menjual produk mereka di rantai minimarket, dan mengakses ribuan jaringan ritel untuk meningkatkan visibilitas merek yang lebih luas.
Nama Beauty juga akan menjual produk dalam platform perdagangan digital untuk SRC yang disediakan oleh DMMX. Cara ini, kata dia, dapat membantu memperluas jangkauan distribusi dengan lebih cepat.
“Kami merasa bersyukur dan diberkati dengan kepercayaan dan dukungan dari AC Ventures, SiCepat, dan DMMX, termasuk semua mitra dan tim. Ini merupakan momentum yang tepat dan menjanjikan bagi Indonesia. Kami percaya, sinergi ini dapat membantu kami untuk bertumbuh bersama dan memaksimalkan peluang serta momentum yang ada,” ungkap Luna Maya, CEO Nama Beauty.
Sementara itu SiCepat Ekspres akan berperan sebagai mitra logistik untuk melayani kebutuhan pengiriman Nama Beauty. “Dengan kualitas yang baik, harga yang kompetitif, dan didukung dengan pengiriman yang berkualitas dari SiCepat, kami optimistis Nama Beauty mampu menembus pasar kosmetik Indonesia dan menjadi merek kosmetik yang dipercaya masyarakat Indonesia,” ujar The Kim Hai, CEO SiCepat Ekspres.
Marcel Lukman menambahkan, pihaknya juga berencana menggunakan pendanaan ini untuk pengembangan R&D, pemasaran dan branding, merekrut lebih banyak talenta, dan meluncurkan lini merek baru. Marcel optimistis, dengan mengombinasikan pengalamannya lebih dari 15 tahun di bidang ritel, serta kemampuan Luna Maya untuk membaca tren kecantikan terbaru dan didukung R&D yang kuat, Nama Beauty akan meluncurkan merek kedua yang menargetkan di bawah harga pasar tanpa mengorbankan keunggulan kualitas produk.
Editor : Eva Martha Rahayu
www.swa.co.id