zkumparan Automotive

GIIAS 2021 Pamerkan Puluhan Kendaraan Berbasis Listrik

GIIAS 2021 Pamerkan Puluhan Kendaraan Berbasis Listrik
World Class Auto Show Series, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 resmi dibuka.

Pameran GIIAS 2021 berlangsung mulai tanggal 11 – 21 November 2021. Tahun ini, pameran kendaraan terbesar di Indonesia diikuti oleh Audi, BMW, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, serta Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, dan Scania dari kendaraan komersial akan menampilkan berbagai produk dan teknologi inovasi terbaru.

Tak hanya itu, puluhan varian kendaraan berbasis listrik akan dipamerkan, di antaranya juga dapat dicoba langsung pada area program test drive GIIAS 2021. Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo mengatakan, GIIAS akan menjadi simbol semangat industri otomotif Indonesia dalam mengatasi pandemi. Nangoi juga menyampaikan berbagai pencapaian yang dicatat Industri otomotif Indonesia, meski dalam masa pandemi akibat Covid-19.

Pertama adalah Indonesia sudah swasembada kendaraan bermotor. Kedua, kendaraan-kendaraan yang mendapatkan kebijakan PPnBM DTP adalah kendaraan yang diproduksi di Indonesia dengan Local Purchase lebih dari 60%. Dan periode Januari–Oktober 2021, tercatat kenaikan penjualan domestik hingga 68% dibandingkan dengan periode yang sama ditahun lalu.

Ketiga, pulihnya industri otomotif Indonesia akan membangkitkan berbagai industri dan UMKM disektor otomotif, “Sebagai lokomotif industri, pulihnya industri otomotif akan juga membangkitkan kegiatan industri pendukung yang menyerap banyak tenaga kerja,” jelas Nangoi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto mengatakan bahwa waktu penyelenggaraan GIIAS setelah absennya pada tahun lalu adalah sebuah hal yang baik, karena kondisi pandemi yang semakin membaik, dan bahkan pada triwulan ketiga, penanganan Covid-19 di Indonesia adalah yang terbaik di ASEAN. Ia berharap pameran ini bisa mendorong industri otomotif yang memiliki multiplier effect yang tinggi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved