IBBA Automotive

Bridgestone Indonesia Kembangkan Kanal Digital

Bridgestone Indonesia Kembangkan Kanal Digital
Mukiat Sutikno, CEO PT Bridgestone Tire Indonesia bersama para eksekutif di pabrik Bridgestone Indonesia, Karawang, Jawa Barat. (Foto : Istimewa).

PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) berikhtiar untuk meningkatkan kualitas dan memperluas pelayanan konsumen serta penjualan ban di kanal digital. Bridgestone Indonesia mengembangkan aplikasi TOMOnet (Toko Model) untuk memacu pelayanan konsumen di masa mendatang. Mukiat Sutikno, Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, mengatakan kontribusi penjualan ban aplikasi ini memang belum besar pada tahap awal pengembangan. “Kami akan mengembangkan kanal digital untuk memperluas pelayanan konsumen dan penjualan ban,” ujar Mukiat di pabrik Bidgestone Indonesia di Karawang, Jawa Barat pada Kamis (2/12/2021).

Pada fase awal itu, Bridgestone Indonesia ingin meningkatkan tingkat keterikatan (engangement) konsumen dan memutakhirkan aneka ragam fitur di Tomonet. Aplikasi yang bisa diunduh di Google Play ini dirancang untuk membentuk ekosistem digital.

Pada kesempatan ini, Bangun Istyaji, Sales and Marketing Director Bridgestone Tire Indonesia, menyampaikan pihaknya ingin membentuk ekosistem digital antara konsumen dan Bridgestone Indonesia melalui TOMOnet. Aplikasi ini dirilis pada semester I tahun ini. Rencananya, fitur aplikasi ini akan dimutakhirkan guna memenuhi kebutuhan konsumen.

Platform ini menyediakan fitur yang memudahkan pelanggan untuk membeli dan mengganti ban Bridgestone. Konsumen juga bisa mendapatkan berbagai pelayanan teknis lainnya, mulai pemeriksaan tekanan ban, balancing, spooring, mengganti oli, dan penggantian suku cadang. Aplikasi ini terintegrasi dengan toko ban Bridgestone yang lokasinya berdekatan dengan domisili konsumen.

Bridgestone Indonesia berencana mengembangkan layanan konsumen di aplikasi tersebut. Pada fase awal, membentuk ekosistem yang mengintegrasikan pelayanan konsumen. “Pada tahap awal, kami ingin membentuk ekosistem digital TOMOnet yang fiturnya memenuhi kebutuhan konsumen,” ujar Aji, sapaan akrab Bangun Istyaji.

Pelayanan konsumen di kanal digital ini dipadukan dengan pelayanan di saluran konvesional. Pengembangan ini seiring dengan misi Bridgestone Indonesia yang bertajuk Melayani Masyarakat dengan Mutu Tertinggi. Bridgestone Indonesia berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menghadirkan produk serta layanan terbaik demi menjaga kepuasan dan kepercayaan konsumen. “Di tingkat global, tahun ini merayakan hari jadinya yang ke-90 tahun sedangkan di Indonesia tahun ini menandai 45 tahun eksistensi kami. Telah cukup banyak capaian yang berhasil kami raih, tidak hanya menjadi salah satu pemimpin pasar ban mendapatkan kepercayaan dari pasar domestik, produk Bridgestone Indonesia juga telah berhasil diekspor ke lebih dari 70 negara,” tutur Mukiat.

Standar internasional diimplementasikan Bridgestone Indonesia untuk memproduksi ban berkualitas nomor wahid. Bridgestone Indonesia juga telah berhasil meraih kepercayaan dari berbagai pabrikan otomotif ternama dengan menjadikan produk Bridgestone sebagai ban Original Equipment (OE) mobil di segmen kendaraan penumpang dan niaga. Mengembangkan sayap bisnisnya di Indonesia sejak 1976, Bridgestone Indonesia telah memiliki dua pabrik ban yang berlokasi di Bekasi dan Karawang, dengan didukung lebih dari 3.400 tenaga kerja lokal. Kedua pabrik milik Bridgestone Indonesia memproduksi ban penumpang serta ban komersil untuk bis dan truk.

Di Indonesia, dari sisi layanan produk Bridgestone Indonesia dipasarkan melalui distributor dan lebih dari 350 jaringan retail resmi seperti Bridgestone Toko Model, Bridgestone One Stop Service, Bridgestone Truck Tire Centre (BBTC), dan 1.500 jaringan toko dan bengkel lainnya di seluruh Indonesia. Bridgestone Indonesia yang beroperasi di Indonesia sejak 1976 ini akan meningkatkan layanan dengan terus menjajaki layanan mobile service melalui layanan Mobile Care untuk TOMO dan Mobile Service BTTC untuk menjangkau jaringan pelanggan yang lebih luas, dan memberikan kenyamanan lebih kepada konsumen.

Setiap retail Bridgestone juga dipastikan menerapkan standar kualitas layanan terjamin dengan peralatan modern serta didukung staf dan mekanik profesional yang terlatih dan disertifikasi oleh Bridgestone Indonesia’s Training Center (BINEC). Sedang dari sisi produk, performa Bridgestone didukung lini produk yang lengkap. Bridgestone Indonesia menghadirkan berbagai produk ban untuk masing-masing tipe segmen kendaraan. Di pasaran Indonesia produk Bridgestone mengisi line up untuk segmen kendaraan kelas menengah, premium, sport, touring, ramah lingkungan, serta produk ban khusus yang ditujukan untuk kendaraan tipe sport utility vehicles (SUV) medium dan premium.

Penghargaan IBBA

Pada kesempatan sebelumnya, Bridgestone Indonesia didapuk penghargaan Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2021 di kategori Ban Mobil. Ajang yang digelar oleh Majalah SWA dan MARS Research Indonesia ini menobatkan Bridgestone Indonesia sebagai jawara merek ban mobil terbaik di Indonesia.

Pada IBBA 2021 ini, Bridgestone Indonesia memperoleh brand value tertinggi. Peringkat ini berbasis pada hasil survei dari SWA dan MARS Research Indonesia yang melibatkan responden di 7 kota besar dengan menggunakan beberapa parameter yaitu Top of Mind (TOM) Brand,TOM Ad (popularitas iklan), Brand Share (pangsa pasar), Satisfaction (tingkat kepuasan & loyalitas pelanggan) dan Gain Index (potensi pertumbuhan merek di masa akan datang).

IBBA yang rutin digelar selama 19 tahun berturut-turut ini mengapresiasi kinerja merek-merek terbaik di Tanah Air. “Penghargaan kepada Bridgestone sebagai Indonesia Best Brand Award adalah kado terbaik buat kami untuk menutup tahun 2021. Tahun ini merupakan tahun yang sangat special bagi Bridgestone karena secara global kami baru saja merayakan hari jadi yang ke-90, sedangkan di Indonesia sendiri kami tahun ini merayakan hari jadi yang ke-45 tahun,“ ujar Mukiat pada seminar virtual Indonesia Best Brand Conference & Awarding bertema “Brand Revival: Kebangkitan Merek-Merek Terbaik di Era Bisnis Baru” pada 25 November 2021.

Mukiat mengapresiasi konsumen Bridgestone Indonesia yang mempercayakan ban mobil Bridgestone dari generasi ke generasi untuk tetap menjadi Top of Mind-nya pelanggan dari aspek citra merek, kualitas produk dan pelayanan berkualitas. “Kami terus melengkapi lini produk mulai dari ban penumpang hingga ban komersial dengan produk berkualitas,” jelas Mukiat. Bridgestone Indonesia mengimplementasikan program berkesinambungan guna mempertahankan mereknya di era pandemi dan pada periode mendatang.

Reportase : Vicky Rachman & Jeihan Kahfi Barlian


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved