Automotive

Tips Periksa dan Rawat Komponen Mobil Secara Mandiri

Tips Periksa dan Rawat Komponen Mobil Secara Mandiri

Kondisi cuaca di Indonesia saat ini sudah memasuki musim penghujan. Ini harus disikapi dengan hati-hati, terutama yang memiliki mobil yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Hal yang harus dilakukan mulai dari pengecekan beberapa komponen mobil agar kondisi tetap prima.

Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 memberikan tips,yakni dengan mulailah periksa dari ban mobil. Kontak ban dengan jalan sangat terbatas dan harus berputar setiap saat, dan waktu bersamaan kinerjanya menurun saat jalan licin. Lakukan pengecekan rutin dengan prioritas utama pada tekanan ban. Tekanan ban yang pas memastikan telapak ban mendapatkan daya cengkeram yang optimal ke aspal jalan, khususnya di jalan licin. Periksa ketebalan telapak ban via Tread Wear Indicator (TWI) di alur telapak ban.

Berikutnya adalah kaki-kaki mobil. Sistem suspensi yang lemah, seperti karet bushing shock absorber yang pecah atau bahkan peredam kejutnya rusak, akan membuat mobil susah dikendalikan dan mengurangi kenyamanan penumpang. Sedangkan sistem kemudi yang bermasalah juga membuat pengendalian mobil susah. Segeralah ke bengkel terdekat untuk spooring dan balancing serta menjaga kondisi ban dan kaki-kaki mobil.

Lalu, gantilah wiper mobil, agar bisa bekerja dengan optimal dan juga karet-karet lainnya seperti karet pintu dan jendela. Setelah itu, periksalah sistem rem mobil. Pastikan kampas rem beserta piringan cakram atau teromol dalam kondisi baik dan tidak ada kebocoran di sistem rem mengingat perannya yang sangat penting. Jangan lupa isi tabung minyak rem dan lakukan pengurasan kalau sudah waktunya untuk menjaga kinerja rem. Periksa juga kelistrikan mobil & lampu mobil agar berfungsi untuk mendukung operasional AC, wiper, audio, dan lampu secara bersamaan. Oleh sebab itu, periksa sistem kelistrikan seperti aki, alternator, kabel-kabel, sekering, dan konektor untuk memastikan kondisinya baik dan layak operasi.

Apabila kurang yakin dan ingin melakukan pengecekan dengan prima, segeralah kunjungi bengkel terdekat, atau bisa secara online. “Sedia payung sebelum hujan, lakukan pemeriksaan dan perawatan kendaraan saat musim hujan,” ujarnya dalam siaran pers di Jakarta (11/12/2021).

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved