Management Trends

Dukungan Mondelez Indonesia untuk Karier Karyawan Perempuan

Dukungan Mondelez Indonesia untuk Karier Karyawan Perempuan
Mondelez Indonesia selalu memperlakukan semua karyawan dengan setara, karena penilaian kinerja bukanlah berdasarkan gender (Foto: ist)

Berbagai tantangan seperti bekerja di lapangan dan ditempatkan di berbagai daerah, seringkali menciptakan pandangan bahwa pekerjaan di bidang sales hanya cocok untuk laki-laki. Padahal, jika didukung oleh budaya dan fasilitas yang tepat dari perusahaan, ternyata pekerjaan di bidang sales juga sangat berpotensi untuk perempuan.

Menyadari pentingnya keberagaman (diversity) dalam membangun budaya perusahaan, Mondelez Indonesia berkomitmen untuk menjadi great place to work dalam memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi karyawan perempuan agar sukses berkarier di bidang sales.

Nadiasari Wahyuhardini selaku HR Country Lead Mondelez Indonesia menjelaskan, pekerjaan di bidang sales memerlukan kompetensi seperti kemampuan menganalisa, kepemimpinan, bernegosiasi, serta kemampuan decision making yang dapat dipelajari oleh siapa saja, termasuk para perempuan. “Untuk itu, Mondelez Indonesia selalu memperlakukan semua karyawan dengan setara, karena penilaian kinerja bukanlah berdasarkan gender, melainkan dilihat dari kemampuan,” jelas Nadia.

Great place to work sendiri merupakan pendekatan yang dihadirkan oleh Mondelez Indonesia untuk menciptakan tempat kerja yang nyaman bagi karyawan, sehingga dapat menumbuhkan rasa keterikatan sense of belonging antara karyawan dan lingkungan kerja, yang akhirnya dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Terkait mengenai proporsi perbandingan sales laki-laki dan perempuan, per hari ini jumlah sales perempuan di Mondelez Indonesia sekitar 30 persen. “Bagi kami persentase perbandingan sales laki-laki dan perempuan sudah cukup seimbang. Namun, kami berencana untuk meningkatkan target jumlah prosentase tersebut, setidaknya bisa mencapai 35 persen,” tegas Nadia.

Syahrika Syahrul, Regional Key Account Manager Sumatera Mondelez Indonesia turut berbagi pengalamannya saat memulai karier di bidang sales. Berangkat dari keinginan untuk memiliki bidang pekerjaan yang tidak monoton dan bisa bertemu dengan banyak orang, ketertarikannya terhadap dunia sales semakin berkembang. “Terlebih, saya mempunyai leader dan tim yang suportif dalam mendukung perkembangan karier, sehingga diskriminasi tidak pernah saya rasakan. Terlebih banyak dukungan program ataupun sistem yang membuat saya merasa nyaman untuk berkarir di bidang sales di Mondelez Indonesia,” kata Rika.

Dukungan dari perusahaan sangatlah penting untuk menumbuhkan rasa aman dan nyaman bagi karyawan, serta memastikannya untuk mempunyai kesempatan yang sama, baik laki-laki maupun perempuan. “Mondelez Indonesia sudah menjadi great place to work bagi saya. Terutama untuk mengakomodasi kebutuhan saya dalam membangun keseimbangan antara kehidupan sebagai karyawan profesional dan personal dalam keluarga,” tambah Rika.

Mondelez Indonesia juga memiliki kebijakan Diversity & Inclusion untuk merangkul semua karyawan dari berbagai latar belakang yang berbeda, dan menetapkan bahwa nilai-nilai tersebut juga diterapkan oleh seluruh karyawan, termasuk jajaran pimpinan. “Melalui kebijakan ini, para perempuan termasuk di bidang Sales dapat berkarir di Mondelez Indonesia dengan aman, nyaman, dan dapat menjadi diri mereka sendiri,” ungkap Nadia.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved