Capital Market & Investment zkumparan

Saham ASSA Tercatat di Dua Indeks Berbasis ESG

Saham ASSA Tercatat di Dua Indeks Berbasis ESG
Foto : Dok

PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) mempraktikkan prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) dalam kegiatan operasional perusahaan untuk mencapai bisnis berkelanjutan dan mendukung penerapan Sustainable Development Goals/SDG di internal perusahaan dan eksternal di masyarakat. Sejalan dengan upaya tersebut, ASSA berhasil masuk ke dalam salah satu anggota Indeks baru yang diluncurkan oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu Indeks ESG Sector Leaders IDX Kehati dan ESG Quality 45 IDX Kehati.

Prodjo Sunarjanto, Presiden Direktur ASSA mengungkapkan faktor ESG sudah menjadi faktor yang menjadi perhatian bagi ASSA dalam menjalankan usaha yangmenjalankan prinsip reduce, reuse dan recycle dalam mengelola energi, air dan juga limbah yang dihasilkan. “Dengan komitmen tersebut, kami telah berhasil menarik perhatian dari IFC yang merupakan bagian dari Bank Dunia untuk berinvestasi di ASSA. Mereka sudah melihat bahwa ini merupakan nilai tambah dari ASSA dalam menjaga sustainability baik dari sisi keuangan maupun secara kemasyarakatan,” ucap Prodjo di Jakarta, Senin (20/12/2021).

Komitmen ASSA menerapkan bisnis keberlanjutan ini diupayakan prseroan, seperti pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) dengan memasang energi listrik tenaga surya yang dilengkapi dengan system energy export/import. Sehingga apabila energi yang dihasilkan tenaga surya lebih besar dari pemakaian perseroan, maka memungkinkan ASSA untuk menjual energi tersebut kepada PT PLN (Persero).

ASSA juga mengurangi penggunaan air dan limbah berupa oli bekas, aki bekas, dan ban bekas untuk menghindari kontaminasi lingkungan. ASSA juga menggunakan air daur ulang untuk proses pencucian mobil, serta penggunaan motor listrik dalam operasional Anteraja. Lebih lanjut, Prodjo menjelaskan bahwa ASSA bersyukur bisa masuk ke dalam salah satu anggota indeks terbaru dari BEI yang berbasis ESG.

Dengan demikian, perseroan akan terus meningkatkan upaya penerapan aspek ESG dalam setiap kegiatan operasional ke depan. “Kami optimis dengan semakin berkembangnya isu terkait lingkungan dan penerapan ESG di Indonesia, kesadaran investor dalam memilih investasi berbasis ESG akan semakin meningkat,” ujar Prodjo. Hal ini juga diharapkan dapat mendukung kenerja ASSA ke depan, tidak hanya dari sisi finansial saja, namun juga terus memperhatikan dampak lingkungan dan kemasyarakatan.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved