Technology Trends

Amar Bank Mendapat Pengakuan atas Teknologi yang Membawa Perubahan

Amar Bank Mendapat Pengakuan atas Teknologi yang Membawa Perubahan

Amar Bank mendominasi tiga kategori pada Top Digital Awards 2021. Masing-masing adalah Digital Implementation 2021 #Level Star 4, sementara Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian dan Chief Technology Officer Kevin Kane diganjar Top Leader on Digital Implementation 2021 dan Top CIO on Digital Implementation 2021.

Penghargaan Top Digital Implementation 2021 #Level Star 4 diberikan kepada Amar Bank untuk performa digital bank dengan infrastruktur digital sangat baik dan telah sukses mengimplementasikan ekosistem digital. Sehingga, menghasilkan kinerja dan daya saing yang kuat dari perusahaan dan karyawannya, serta memungkinkan Amar Bank untuk memberikan layanan baik. Ini adalah tahun kedua Amar Bank memenangkan Top Digital Awards secara berturut-turut.

“Teknologi digital adalah inti dari Amar Bank, kami berkomitmen untuk memanfaatkannya dengan menyediakan layanan keuangan bagi mereka yang kurang terlayani dan belum memiliki rekening bank,” jelas Vishal. Pencapaian ini akan mendorong manajemen dan karyawan untuk membangun lebih banyak senyum pada masyarakat dan terus berinovasi seiring dengan transisi industri ke era perbankan digital.

Penggunaan teknologi digital tidak terbatas pada produk dan layanan Amar Bank, tetapi juga dioptimalkan untuk operasional perusahaan guna membantu merampingkan alur kerja dan membuatnya lebih efektif dan efisien bagi karyawan. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang membawa perubahan dalam dunia perbankan digital yang dilakukan Amar Bank meliputi: Big Data Architecture & Data Analytic, Cloud Computing serta Artificial Intelligence & Machine Learning.

Untuk membangun budaya digital di perusahaan, Amar Bank telah menerapkan gaya kerja hybrid / dari mana saja yang disebut dengan kebijakan ‘Work From Anywhere’ (WFA). Agar dapat terlaksana dengan baik, Amar Bank telah mengimplementasikan beberapa instrumen, antara lain Agile-Scrum Framework; Artificial Intelligence (AI) dalam sistem; mengimplementasikan Application Programming Interface; mengimplementasikan layanan Cloud / Cloud Service; mengimplementasikan Big Data; Pelatihan kompetensi Talent IT; dan memperbaharui peraturan terbaru serta melakukan praktik terbaik untuk sistem yang ada.

Setelah menerima penghargaan ini Kevin berpendapat bahwa sesuai dengan lima pilar fundamental dalam Cetak Biru Transformasi Perbankan Digital OJK, Amar Bank percaya bahwa pilar-pilar tersebut akan berdampak pada bank digital ke depannya. Oleh karena itu, pihaknya memperluas penggunaan teknologi AI untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan proses back-office. Teknologi dan infrastruktur digital kami memiliki sistem keamanan terstandar sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

Amar Bank telah menyediakan layanan keuangan digital di Indonesia sejak 2014 melalui Tunaiku (platform pinjaman digital) yang memanfaatkan teknologi Big Data dan Predictive Analytics untuk melayani masyarakat yang tidak memiliki rekening bank (unbanked) dan kurang terlayani bank (underserved). Pada tahun 2020, Amar Bank bermitra dengan Google untuk meluncurkan Senyumku, bank digital berbasis cloud pertama di Indonesia yang mengadopsi teknologi baru AI untuk mendorong kebiasaan menabung yang baik sambil meningkatkan disiplin untuk mengelola keuangan pribadi dengan lebih baik.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved