Management Trends

Teman Bus Ajak Warga Bandung Gunakan Transportasi Umum

Teman Bus Ajak Warga Bandung Gunakan Transportasi Umum

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan meluncurkan Trans Metro Pasundan sebagai bagian dari program Teman Bus di Bandung (27/12/2021). Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan, Kemenhub berharap agar pemerintah daerah dapat juga menerapkan pendekatan push strategy untuk mendorong masyarakat menggunakan angkutan umum. “Salah satunya dengan memperhatikan manajemen ruang dan waktu akses kendaraan pribadi dengan pengaturan ruang jalan dan parkir,” ujarnya.

Konsep Buy The Service berbasis aplikasi yang diusung oleh Teman Bus didukung oleh Manajemen Pengelola dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi yang meliputi: sistem operasional, sistem pemeliharaan, sistem Pengelolaan Keuangan dan sistem SDM yang didukung dengan digitalisasi secara real time untuk menuju angkutan umum yang lebih profesional.

Wakil Gubernur Jawa Barat Ruzhanul Ulum dalam sambutannya mengatakan rasa optimis akan kehadiran Teman Bus di Bandung atau Trans Metro Pasundan. “Diharapkan, program ini mampu mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas serta kualitas udara di Bandung menjadi lebih baik sehingga diharapkan dukungan masyarakat untuk memaksimalkan angkutan umum massal ini,” tuturnya.

Trans Metro Pasundan akan melayani pada Jam operasional dari 05.00 – 21.00 WIB dengan tersedia sebanyak 85 unit bus yang siap melayani penumpang di rute layanan yakni Koridor 1 Leuwipanjang – Soreang, Koridor 2 Kota Baru Parahyangan (Padalarang) – Alun-Alun Kota Bandung, Koridor 3 Baleendah – BEC, Koridor 4 Leuwipanjang – Dago, dan Koridor 5 Dipatiukur – Jatinangor (Via TOL)

Adapun armada bus Trans Metro Pasundan ini akan dioperasikan oleh 2 operator, yaitu DAMRI melayani Koridor 1, 4 & 5 dengan ukuran Bus Besar – high entry dan Big Bird melayani Koridor 2 & 3 ukuran Bus sedang – low entry.

Teman Bus diharapkan menjadi bagian digitalisasi 4.0 smart city program yang mendukung cashless society. Kini, bus kota ini sudah hadir di 8 kota besar yaitu Palembang, Solo, Bali, Yogyakarta, Medan, Makassar, Banyumas dan Banjarmasin.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved