Technology Trends

Kelola Akselerasi Transformasi Digital, Sektor Infokom Meningkat

Kelola Akselerasi Transformasi Digital, Sektor Infokom Meningkat
Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate (Foto: dok Kominfo)

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate menyatakan meningkatkan aktivitas digital masyarakat selama pandemi turut memengaruhi kenaikan pertumbuhan ekonomi sektor informasi dan komunikasi selama tahun 2021.

Pada Forum Pemimpin Redaksi “Mendigitalkan Indonesia: Retrospeksi 2021 dan Outlook 2022 Kementerian Kominfo, Selasa (28/12/2021), Johnny mengungkapkan sektor informasi dan komunikasi itu tumbuh positif berturut-turut yaitu 8,72%, 6,87% dan 5,51% yoy pada 2021.

“Saya melihat ini seperti blessing in disguise, di mana masyarakat dunia dan khususnya Indonesia bergerak secara cepat masuk ke era baru era digital.” Ujarnya.

Sejalan dengan pertumbuhan sektor digital di atas rata-rata ekonomi nasional, Kementerian Kominfo terus berupaya mendorong migrasi aktivitas dan membangun ifrastruktur telekomunikasi. Johnny menyebut, pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia saat ini dipicu oleh akselerasi transformasi digital di semua sektor, bukan hanya karena ada disrupsi teknologi.

Johnny juga menambahkan, secara global pandemi Covid-19 telah mengakibatkan kegentingan, kegawatan, dan kecemasan yang juga erdampak ke sektor ekonomi. Namun, pemanfaatan ruang digital yang semakin luas mendorong perluasan sektor informasi dan komunikasi.

“Tentu (hal ini) atas hasil dari respons cepat seluruh komponen bangsa kita, baik pemerintah maupun masyarakat, atas respons dan kemampuan adaptasi yang luar biasa dari bangsa kita,” ujarnya mengakhiri penjelasan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved