zkumparan Covid 19

Siap-siap Vaksinasi Booster Mulai 12 Januari 2022

Siap-siap Vaksinasi Booster Mulai 12 Januari 2022

Program vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster) akan dimulai 12 Januari 2022. Setidaknya ada 21 juta orang sasaran program vaksin booster di bulan Januari ini.

Vaksin booster akan diberikan kepada masyarakat berusia di atas 18 tahun yang telah mendapatkan vaksin dosis kedua lebih dari 6 bulan lalu. Prioritas pertama adalah tenaga kesehatan, lansia, peserta PBI, dan kelompok komorbid dengan immunocompromised.

Khusus untuk vaksinasi non-program pemerintah atau mandiri diberlakukan pembayaran. Namun, pemerintah belum menetapkan besaran tarif dari vaksinasi booster tersebut. Tarif yang beredar saat ini bukanlah tarif vaksinasi dalam negeri, melainkan tarif vaksinasi di luar negeri. Tarif tersebut masih berupa perkiraan rentang harga yang berlaku di beberapa negara.

Juru Bicara Vaksinasi Covud-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmidzi mengatakan, di Indonesia, tarif vaksinasi booster belum ditetapkan oleh pemerintah. Dalam proses penetapan harga harus melibatkan berbagai pihak seperti Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). ”Belum ada biaya resmi yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” katanya dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Ia juga menjelaskan, untuk vaksinasi non-program pemerintah atau mandiri dapat dibiayai oleh perorangan atau badan usaha dan dilakukan di RS BUMN, RS Swasta, maupun klinik swasta. Namun demikian, pemerintah tetap memberikan vaksinasi gratis dalam program pemerintah bagi Lansia, peserta BPJS Kesehatan kelompok PBI, dan kelompok rentan lainnya.

Per 3 Januari 2022, pemerintah telah mengamankan 113 juta dosis stok vaksin booster, sedangkan untuk jenis vaksin yang akan digunakan untuk booster menunggu rekomendasi ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization) dan Badan POM.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved