Automotive

Tertekan Pandemi, Ini Strategi Renault di 2022

Tertekan Pandemi, Ini Strategi Renault di 2022

PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) resmi mengumumkan angka penjualan 2021. Melalui keterangan resmi yang diterima SWA Online pada Senin (24/01/2022), tercatat angka penjualan dari total 23 dealer yang tersebar di seluruh Nusantara dan bernaung di bawah Maxindo Renault Indonesia adalah 497 unit. Jumlah tersebut terdiri dari penjualan Koleos, Climber, Triber dan varian terbaru Kiger. Adapun penyumbang terbesar adalah tipe Renault Triber.

Davy Tuilan, Chief Operation Officer PT Maxindo Renault Indonesia menjelaskan, terkait dengan kebijakan prinsipal Renault untuk tidak memberikan pengumuman mengenai angka penjualan 2021, dikarenakan banyaknya pertimbangan internal terkait pengadaan suplai pengadaan microchip yang juga dihadapi banyak produk otomotif Eropa lainnya. Namun, perusahaan merasa perlu untuk meyakinkan masyarakat bahwa Renault tetap berusaha memenuhi permintaan dan antusiasme masyarakat Indonesia terhadap brand Renault.

“Bisnis Renault di tahun 2021 diwarnai oleh pandemi dan efek sampingnya seperti interupsi produksi karena kelangkaan beberapa komponen penting. Di sisi lain pandemi di 2021 memberi efek positif bagi penguatan di ‘survival processes’ yang ujungnya adalah peningkatan kualitas layanan di semua aspek,” ujar Davy.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, di dalam manajemen Renault Indonesia sendiri terdapat penambahan tim yang akan memperkuat hubungan antara APM dengan institusi pendukung, yaitu dengan bergabungnya Francisca Prandayani sebagai Corporate Secretary dan Product Marketing Group Head serta Adi Albaar sebagai Marketing Communication dan Event Manager.

“Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di brand Amerika dan Inggris kelas premium sebelumnya, niscaya di masa yang akan datang Maxindo Renault Indonesia dapat mempertajam strategi dan manajemen bisnisnya di Indonesia,” tambahnya.

Sesuai dengan visi Maxindo Renault Indonesia yaitu menjadikan Renault sebagai brand mobil Eropa terbaik dengan volume penjualan terbesar di Indonesia, tahun 2022 dinilai akan menjadi tahun yang penting bagi Maxindo Renault Indonesia dengan hadirnya Renault Kiger. Produk ini akan menjadi varian teranyar yang segera mengaspal di Indonesia. Perusahaan juga rencananya akan menghadirkan Renault Arkana di penghujung tahun ini.

Selain itu, fokus utama Maxindo Renault Indonesia di tahun ini adalah mengembangkan jumlah dealer dengan target hampir 30 dealer di seluruh tanah air pada akhir tahun. Kemudian, melakukan pembenahan dalam sisi Customer Relationship Management.

“Walaupun masih jauh dari sempurna, tapi kami akan terus berusaha membenahi diri karena bagi kami kepuasan pelanggan tetap menjadi nomor satu. Kiranya semakin banyak hal baik yang dapat Maxindo Renault Indonesia hadirkan di 2022 ini untuk seluruh masyarakat Indonesia,” tutur Davy.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved