Capital Market & Investment zkumparan

Rencana ASLC Menggunakan Dana IPO

Rencana ASLC Menggunakan Dana IPO
Lelang mobil. (Foto :Autopedia)

PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC), anak usaha PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA), berencana menggunakan dana yang diperoleh dari penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) untuk operasional kegiatan usaha baru yang akan mulai beroperasi secara penuh pada awal 2022, yaitu usaha jual beli kendaraan bekas di kanal online dan offline. ASLC menargetkan penggalangan dana sekitar Rp 625,6 miliar dari saham yang ditawarkan yaitu sebanyak 25.492.710 lot, dengan harga penawaran yaitu sebesar Rp 256. Rencananya, saham ASLC akan tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 25 Januari 2022.

Jany Candra, Presiden Direktur Autopedia Sukses Lestari, mengatakan perseroan juga akan memperluas jaringan dan meningkatkan inventor kendaraan bekas sebagai upaya untuk memberikan pilihan yang semakin bervariatif lokasi yang lebih terjangkau serta kenyamanan bertransaksi bagi konsumen potensial “Hal ini merupakan bukti perseroan dalam mengembangkan lini bisnisnya di masa depan,” ujar Jany di Jakarta, baru-baru ini.

Perseroan masih fokus untuk pengembangan bisnis yang sudah ada dan memperkuat fundamental perusahaan dengan melakukan inovasi-inovasi teknologi berbasis digital. “Untuk rencana bisnis di tahun depan, diharapkan perseroan terus memaksimalkan upaya-upaya transformasi digital untuk menciptakan ekosistem otomotif berbasis digital yang terintegrasi dengan teknologi yang mutakhir,” sebut Jany.

Emiten ini optimistis kinerja ke depan dapat terus bertumbuh seiring dengan prediksi pasar mobil bekas yang masih cerah di tahun ini serta isu perpanjangan insentif PPnBM DTP yang diharapkan dapat mendorong penjualan mobil bekas. Perusahaan lelang mobil dan motor, serta jual beli mobil online ini menyediakan platform offline maupun online untuk menciptakan ekosistem jual beli kendaraan bekas yang lebih terintegrasi.

ASLC merupakan wadah dari berbagai bidang usaha yang berhubungan dengan otomotif. Mulai dari lelang mobil dan motor, jual beli mobil online, jasa inspeksi, dan penyedia data harga mobil dan motor. Perseroan bergerak dalam bidang balai lelang melalui entitas anak

Perseroan mengembangkan wadah untuk bisnis lelang maupun jual beli kendaraan bekas untuk penjual dan pembeli melalui platform JBA Indonesia dan Caroline.id. Selain itu, perseroan juga mengembangkan Cartalog yaitu engine pricing platform yang menggunakan teknologi artificial intelligence untuk memberikan harga adil kepada semua pemain dalam industri otomotif.

Bisnis JBA, Caroline, dan Cartalog bersifat saling melengkapi dan menyeimbangkan. “Melihat peluang yang ada, serta didukung oleh kemampuan tim manajemen yang berpengalaman, serta melihat secara global bisnis ini memiliki margin yang sehat, kami optimis peluang pertumbuhan bisnis ke depan masih sangat besar, karena saat ini masih didominasi oleh brick and mortar,” ujarnya.

Jani menyampaikan JBA sebagai balai lelang terbesar di Indonesia dan rekam jejak yang juga sudah terbukti, maka ASLC meyakini untuk melanjutkan pertumbuhan yang positif pada tahun-tahun berikutnya. Jany menambahkan, sebagai bisnis yang terintegrasi, semua lini bisnis ASLC saling melengkapi satu dan lainnya.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved