Capital Market & Investment zkumparan

Satyamitra Kemas Lestari Kembangkan Lini Logistik

Satyamitra Kemas Lestari Kembangkan Lini Logistik
Armada SKL Express. (Foto : Satyamitra)

PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL) menyediakan total packaging solutions integrated with logistics sebagai strateginya dalam mencapai target pertumbuhan sebesar 15% di 2022. Solusi ini merupakan terobosan SMKL untuk terus meningkatkan penjualan dan memenuhi kebutuhan pelanggan atas berbagai macam bentuk, warna, dan ukuran packaging. SMKL dapat memberikan solusi packaging yang lengkap ditunjang oleh armada truk sebanyak 170 unit yang dimiliki perseroan untuk mengantarkan pesanan pelanggan tepat waktu, serta gudang-gudang yang tersebar di beberapa lokasi, yaitu Tigaraksa, Cikarang, dan Surabaya.

Herryanto Setiono Hidayat, Direktur Pemasaran Satyamitra Kemas Lestari, mengatakan SMKL sebagai perusahaan yang sudah berpengalaman dalam industri kemasan, akan terus berinovasi untuk memberikan produk-produk dan layanan yang terbaik untuk para pelanggan. “SMKL akan terus fokus dalam menyediakan total packaging solutions integrated with logistics untuk para pelanggan kami, mulai dari menawarkan kemasan secara customize, menyediakan warehouse, sampai pengiriman terintegrasi dengan menggunakan SKL Express,” ujar Herryanto di Jakarta, Senin (24/1/2022).

Solusi-solusi yang ditawarkan ini diharapkan menyokong kinerja bisnis SMKL yang lebih baik. Solusi logistik SMKL menerapkan pengiriman yang dapat dilacak real time lantaran terpasang sistem GPS (global positioning system) tracking di setiap truk. Solusi logistik ini mempermudah layanan pelanggan, antara lain pemesanan, proses produksi, hingga waktu pengiriman yang sudah dijadwalkan secara terintegrasi.

SMKL memiliki beberapa gudang (warehouse) yang terintegrasi dengan pengiriman yang sesuai dengan pesanan. Herryanto menjelaskan warehouse perseroan berlokasi di beberapa wilayah yang menyesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan agar dapat terkirim tepat waktu sesuai dengan kebutuhan. Total packaging solutions integrated with logistics ini yang membedakan SMKL dengan perusahaan kemasan lainnya. “Ke depannya, bisnis ini akan semakin baik prospeknya dengan terus berinovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk terus mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan kami,” ungkapnya.

SMKL tidak hanya fokus pada kualitas produk dan layanan saja, melainkan juga memperhatikan bisnis berkelanjutan. SMKL telah memiliki sertifikasi Forest Stewardship Council (FSC) karena telah memenuhi standar ketentuan bahwa produk yang digunakan berasal dari hutan dengan pengelolaan yang baik dan memberikan manfaat lingkungan, sosial, dan ekonomi. Menyambut era pajak karbon, SMKL juga sedang mempersiapkan rencana untuk memasang solar panel.

Strategi tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi pertumbuhan yang lebih baik bagi SMKL termasuk untuk mencapai target penjualan pada 2022 ini. Hingga Kuartal III/2021, penjualan SMKL naik sebesar 22% (year on year), melalui kontribusi penjualan yang berasal dari segmen carton box sebesar Rp 872,6 miliar, offset printing sebesar Rp 355 miliar, pre-print sebesar Rp 232,8 miliar, dan rigid box sebesar Rp 73,9 miliar. “SMKL akan terus mencari peluang bisnis dan terus berinovasi. Seiring dengan kondisi pandemi dan perekonomian yang mulai membaik, diharapkan SMKL dapat mencapai target untuk terus meningkatkan kinerja kami,” sebut Herryanto. Harga saham SMKL pada perdagangan Senin pekan ini naik menjadi Rp 496 atau tumbuh sebesar 3,33% dibandingkan perdagangan sebelumnya.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved