zkumparan Automotive

AUKSI Pacu Literasi Perlindungan Konsumen Lelang Mobil Online

AUKSI Pacu Literasi Perlindungan Konsumen Lelang Mobil Online
Foto : Dok AUKSI

Jual-beli mobil di balai lelang online kian semarak seiring dengan pengembangan teknologi di platform digital dan tingginya minat konsumen membeli kendaraan bermotor di kegiatan lelang mobil online. Guna meningkatkan literasi konsumen mengenai prosedur lelang online di balai lelang yang resmi, maka PT Balai Lelang Asta Nara Jaya (AUKSI), sebagai balai lelang otomotif yang telah beroperasi selama 10 tahun, menjabarkan rangkaian proses yang tepat demi menangkal penipuan berkedok lelang mobil online serta meningkatkan kenyamanan konsumen.

Bady Qadarsyah, Operation Head AUKSI, mengatakan konsumen dihimbau untuk melakukan langkah awal, yakni mengecek keaslian akun atau profil balai lelang dan mencermati akun media sosial balai lelang apabila seseorang yang mengatasnamakan balai lelang terkenal menghubungi konsumen melalui akun media sosial. “Perhatikan tampilan atau feed akun media sosial tersebut. Jika terlihat tidak profesional seperti terdapat tipografi, desain konten atau pengambilan gambar atau foto yang buruk, maka akun tersebut berpeluang besar sebagai akun palsu,” ujar Bady dalam keterangannya di Jakarta, Senin (31/1/2022).

Kemudian, lanjut Bady, konsumen jangan tergiur dengan harga mobil murah agar terhindar dari aksi penipuan.Umumnya, harga lelang mobil sesuai dengan harga pasar, memiliki nilai limit yaitu harga minimal yang ditetapkan oleh penjual atau pemilik barang. Jadi, kemungkinan besar harga lelang yang terbentuk akan lebih tinggi dari nilai limit yang sudah ditetapkan penjual.

Sekedar informasi, penipu akan mengatasnamakan balai lelang resmi dan menawarkan mobil dengan harga yang sangat murah. Pesan palsu tersebut biasanya akan dikirimkan melalui SMS, telepon, juga media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan masih banyak lagi. Perlu diketahui, cukup banyak pihak yang menjadi korban dari modus penipuan ini karena tergiur dengan harga mobil yang murah.

Langkah ketiga adalah mengecek ulang informasi rekening untuk pembayaran deposit. Salah satu syarat mengikuti kegiatan lelang adalah mengirimkan uang jaminan lelang atau deposit untuk memperoleh NIPL (Nomor Induk Peserta Lelang). Dana tersebut nantinya akan tetap dikembalikan saat peserta tidak memenangkan lelang yang diikuti. Agar terhindar dari penipuan, sebaiknya saat membeli NIPL Anda melakukannya secara mandiri tanpa menggunakan perantara atau pihak ketiga.

Setiap balai lelang yang tercatat dan resmi itu menggunakan nomor rekening instansi untuk menerima dana tersebut. Di balai lelang AUKSI terdapat layanan pembayaran melalui virtual account di BCA, Bank Mandiri, Bank Permata, dan BRI yang memudahkan pelanggan melakukan transaksi pembelian NIPL termasuk pelunasan unit kendaraan secara lebih mudah dan terjamin aman karena transaksi otomatis diterima dan terverifikasi, sehingga pelanggan tidak perlu melalukan konfirmasi pembayaran secara terpisah.

Tata cara pembelian NIPL dan pelunasan unit dengan menggunakan virtual account di AUKSI itu tersedia di website auksi.co.id yang menyediakan beragam menu, antara lain daftar lelang online, permohonan data konsumen, Tambah Lelang atau NIPL, hingga opsi dari empat bank, dan nomor virtual account atas nama PT Balai Lelang Asta Nara Jaya.

Pembayaran dan pelunasan lelang mobil juga mudah diakses di auction.auksi.co.id yang menu-menunya adalah menu pelunasan, pilih unit kendaraan yang akan dilakukan pelunasan,virtual account. Selain menyodorkan website dan akun media sosial, AUKSI juga menyediakan open house yang diadakan oleh balai lelang agar peserta lelang dapat melihat kondisi fisik mobil lelang. “Pahami prosedur lelang online agar terhindar dari penipuan berkedok lelang mobil online karena mereka tidak benar-benar memahami bagaimana prosedur lelang,” tutur Bady. Adapun, AUKSI merupakan perusahaan balai lelang swasta yang berdiri sejak Oktober 2012.

swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved