Strategy

Peritel AS Foot Locker Ekspansi ke Pasar Sport Fashion Indonesia

Peritel AS Foot Locker Ekspansi ke Pasar Sport Fashion Indonesia
Ekspansi bisnis Foot Locker terwujud setelah dilakukan kerja sama strategis dengan PT MAP Aktif Adiperkasa (Foto: ist)

Foot Locker, peritel dengan sekitar 3.000 jaringan ritel di 28 negara yang tersebar di Amerika Utara, Eropa, Asia, Australia, dan Selandia Baru masuk ke Indonesia dengan membuka gerai perdana di Jakarta, yakni outlet Power Store dan Core Store. Langkah bisnis ini terwujud setelah dilakukan kerja sama strategis dengan PT MAP Aktif Adiperkasa (MAPA).

Selama ini Foot Locker dikenal sebagai jaringan ritel dengan reputasi ikonik di dunia sneaker dan budaya anak muda. Power Store pertama yang berlokasi di pusat perbelanjaan Senayan City resmi dibuka pada 28 Januari 2022, sedangkan Core Store yang berlokasi di pusat perbelanjaan Pondok Indah Mall 3 akan resmi dibuka sehari kemudian pada 29 Januari 2022.

“Power Store Senayan City yang terletak di lantai 1 memiliki luas 871,46 meter persegi. Dilengkapi dengan area Foot Locker for her dan Kids Foot Locker, menjadikannya sempurna untuk melayani seluruh keluarga. Sementara itu, Core Store Foot Locker Pondok Indah Mall 3 yang terletak di lantai 1 memiliki luas 312 meter persegi. Kedua gerai ini diharapkan dapat menjadi pusat budaya sneaker, seni, musik, dan olahraga local,” jelas Nicholas Jones, CEO MAP Aktif dalam keterangan tertulis di Jakarta (3/1/2022).

Foot Locker akan mendekatkan akses dan memberikan kemudahan bagi konsumen Indonesia yang ingin berbelanja produk sneaker merek global seperti Nike, Adidas, Converse, New Balance, Puma, dan merek ternama lainnya. Selain itu, Foot Locker meluncurkan situs resminya untuk pasar Indonesia, yakni footlocker.id untuk memudahkan akses konsumen dalam berbelanja online.

Sejalan dengan tujuannya, yaitu untuk menginspirasi dan memberdayakan budaya anak muda, Foot Locker Indonesia mendukung dan melibatkan komunitas sneaker, tari, bola basket, dan beberapa komunitas olahraga lokal mulai dari pra-pembukaan hingga kegiatan-kegiatan lainnya

Menurut Nicholas, Foot Locker menggandeng local street artist Darbotz dalam memberikan sentuhan artistiknya ke dalam elemen visual pada Power Store Senayan City untuk memberikan pengalaman baru bagi pengunjung. Tak hanya itu, peritel yang bermarkas di Kota New York, Amerika Serikat ini juga bekerja sama dengan salah satu street photographer paling berpengaruh di Indonesia yaitu Bill Satya. Bill melakukan sesi hunting foto dengan fokus landskap kawasan Senayan dan kegiatan komunitas.

“Di Foot Locker, Inc., kami berkomitmen untuk membawa kecintaan kami pada sneaker dan pengalaman unik pelanggan kepada komunitas di seluruh dunia,” kata Scott Martin, Presiden Asia Pacific, Foot Locker, Inc. Pembukaan dua gerai baru ini merupakan tonggak penting dalam kemitraan Foot Locker dengan MAPA.

Nicholas menambahkan, pihaknya antusias dapat membuka gerai resmi Foot Locker di Indonesia. “Ini merupakan langkah strategis dan selaras dengan misi Foot Locker untuk memperluas dan memperkuat jaringan dalam memasarkan merek-merek sneaker ternama dengan beragam varian produk demi menjawab kebutuhan pasar lokal Indonesia. Berkolaborasi dengan dua street artist lokal menjadi bukti keseriusan kami menggarap potensi pasar Indonesia dengan berbagai kearifan lokalnya,” kata Nicholas.

Pada Kuartal III 2021 menandai langkah awal Foot Locker merambah pasar Indonesia yang memiliki pangsa pasar cukup besar di kawasan Asia Pasifik melalui kerja sama kemitraan dengan MAP Aktif Adiperkasa yang merupakan anak usaha dari PT MAP Adiperkasa Tbk. (MAPI), perusahaan ritel gaya hidup di Indonesia.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved