Capital Market & Investment

Penggunaan Panel Surya di SMKL Pangkas Biaya Listrik 8%

Penggunaan Panel Surya di SMKL Pangkas Biaya Listrik 8%
Daur ulang sampah di pabrik PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk. (Foto : SMKL).

PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk berencana memasang panel surya (solar panel) untuk mencapai target zero emission guna mencapai bisnis berkelanjutan dan menyongsong era pajak karbon pada April 2022. Adapun rencana pemasangan solar panel ini diharapkan dapat menghemat biaya listrik sebesar 5- 8%.

Herryanto Setiono Hidayat, Direktur Pemasaran mengatakan perseroan sebagai total integrated packaging solutions fokus pada bisnis yang keberlanjutan. “Salah satu upaya kami, yakni dengan akan memasang solar panel guna mengurangi emisi karbon,” ucap Herryanto di Jakarta, pada akhir pekan lalu. Hal ini juga merupakan upaya emiten bersandi SMKL ini mendukung program Pemerintah dengan adanya penerapan pajak karbon pada tahun ini. Diharapkan dengan adanya upaya ini dapat terus memperkuat bisnis keberlanjutan SMKL.

Solar panel merupakan sumber energi bersih dan ramah lingkungan dengan memanfaatkan energi matahari. Di mana selain mengurangi emisi karbon, solar panel ini juga dapat menghemat biaya listrik yang digunakan. Rencananya solar panel ini akan dipasang pada pabrik pabriknya di Balaraja. Tahun ini SMKL juga berencana untuk mengganti mesin boiler yang menggunakan batu bara dengan gas. Selain untuk menyambut era pajak karbon, upaya bisnis keberlanjutan ini juga selaras dengan Perjanjian Paris terkait dengan kesepakatan global untuk ketahanan iklim dan pembangunan rendah emisi.

SMKL juga berupaya untuk mengelola limbah kertas dengan baik. SMKL mengumpulkan waste paper untuk dikirimkan kembali ke pabrik kertas agar dapat didaur ulang. Selain itu, telah meraih sertifikasi keberlanjutan Forest Stewardship Council (FSC) karena telah memenuhi standar bahwa produk-produknya menggunakan bahan baku yang berasal dari hutan yang sudah melalui pengelolaan dengan baik. Strategi bisnis keberlanjutan ini juga bertujuan untuk memenuhi standar pelanggansebagai perusahaan kemasan global.

Perseroan terus mendapatkan pertumbuhan kinerja yang baik dan mampu memenuhi berbagai standar yang ditetapkan termasuk pada bisnis keberlanjutan. SMKL akan terus memenuhi berbagai permintaan pelanggan dengan standar yang ditentukan sebagai penyedia kemasan dengan keahliannya dalam customized order.

Ke depannya SMKL akan terus memperkuat bisnis keberlanjutan untuk mendukung zero emission dan meningkatkan kinerja. Pada 2022 ini, diharapkan SMKL dapat mencapai target pertumbuhan kinerja sebesar 15%. “Upaya kami dalam mencapai target tersebut dengan menyediakan total integrated packaging solutions with logistics. SMKL selain menyediakan kemasan, juga memiliki solusi logistik dan warehouse. Seiring dengan hal tersebut SMKL juga terus meningkatkan bisnis keberlanjutan dengan rencana akan memasang solar panel dan berbagai prinsip keberlanjutan lainnya,” imbuh Herryanto.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved