Management Trends

Solusi HR Nubo Mudahkan UMKM Kelola SDM

Solusi HR Nubo Mudahkan UMKM Kelola SDM

HR Path menghadirkan Nubo, solusi HR untuk para pelaku usaha kecil menengah (UMKM). Dengan begitu para pelaku UMKM akan lebih mudah dalam pengelolaan SDM mulai dari proses dari rekrutmen karyawan hingga pensiun. Solusi ini selain mudah, juga cepat proses, lebih efisien dan hemat biaya.

Untuk dapat memperluas dan meningkatkan daya saing, UMKM memerlukan solusi sistem yang dapat mengintegrasikan proses bisnis. Saat ini, tidak banyak sistem ERP SDM yang dapat menangani kebutuhan bisnis yang sedang berkembang. Beberapa masalah kritis yang dihadapi UMKM untuk dapat menerapkan sistem ERP antara lain keterbatasan dana dan kemampuan organisasi untuk teknologi informasi.

“Nubo dari HR Path membantu mempersiapkan human capital UKM dengan baik, membuat UMKM naik kelas menjadi perusahaan enterprise. Human Capital Management (HCM) penting, sebab bisnis tumbuh karena orang, bukan karena mesin,”ujar Andi Wibisono, Regional Manager & Director HR Path Indonesia.

Nubo mencakup pra-konfigurasi, standarisasi, dan HRIS siap pakai. Nobu juga membantu departemen SDM mengenali potensi strategis yang mereka miliki untuk secara positif meningkatkan nilai dan hasil usaha. Nubo adalah finalis Penghargaan SAP Global Pinnacle Award dalam kategori Packaged Solution pada tahun 2019 & 2020. Implementasi Nubo pertama kali berhasil dilakukan oleh HR Path di Indonesia dengan Aeon Credit Service Indonesia.

Beberapa keunggulan Nubo diklaim Andi adalah digunakannya SAP SuccessFactors yang merupakan penyedia cloud human experience management (HXM) terkemuka di dunia. HXM adalah istilah baru untuk HCM yang lebih berfokus pada orang. HXM dari SAP memungkinkan UMKM memberikan pengalaman kepada karyawan mereka untuk mengenali nilai individual mereka dan secara konsisten memotivasi mereka untuk mencapai kinerja terbaik.

HR Path juga mengetahui apa yang efektif berdasarkan pengalaman panjang HR Path dalam menerapkan sistem SDM. Pendekatan metodologisini terbukti terukur dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Nubo memungkinkan UMKM dengan cepat menggunakan modul SAP SuccessFactors berstandar industri yang telah dikonfigurasi sebelumnya.

Implementasi Nubo juga cepat dan mudah, hanya membutuhkan 4 hingga 8 minggu per modul, beberapa modul berjalan secara paralel. Keunggulan lain adalah harga yang lebih terjangkau bagi pelaku UMKM.

“Pendekatan best practices memungkinkan time-to-value Nubo lebih pendek. Yang biasanya adopsi membutuhkan waktu rata-rata 4 bulan menjadi hanya modelling 4 pekan. HR Path mengubah modellingnya untuk UKM dengan waktu yang lebih pendek dan harga yang lebih terjangkau,” jelas Andi.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved