Trends

Antisipasi Lonjakan di Ramadan dan Lebaran, McEasy Bantu Mitra Tingkatkan Efisiensi Logistik

Antisipasi Lonjakan di Ramadan dan Lebaran, McEasy Bantu Mitra Tingkatkan Efisiensi Logistik
Foto: McEsay

Momen Ramadan dan lebaran tinggal menghitung minggu. Volume pengiriman barang, termasuk pengiriman komoditas pangan dan makanan, biasanya meningkat selama Ramadan dan mencapai puncak pada masa Lebaran.

Berdasarkan data tahun 2021, pengiriman makanan yang membutuhkan kontrol temperatur, termasuk frozen food, biasanya berkisar 40.000 order per hari untuk area Jabodetabek dan 100.000 order per hari untuk wilayah Indonesia.

“Ketika mendekati momen tertentu, seperti Lebaran, pengiriman makanan naik hingga 1,5x lipat untuk area Jabodetabek menjadi sekitar 60.000 order per hari dan mencapai 140.000 order untuk seluruh wilayah Indonesia. Pelaku industri harus strategis dalam melakukan perencanaan logistik untuk mengantisipasi lonjakan pada momen ini,” ujar Hasanuddin Yasni, Ketua Umum Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia.

Menghadapi hal tersebut, startup manajemen dan pelacakan logistik, McEasy optimistis dapat membantu mitranya meningkatkan efisiensi layanan logistik untuk mengantisipasi lonjakan pada momen puasa dan Idulfitri.

Raymond Sutjiono, Co-Founder McEasy, mengatakan, McEasy mengembangkan sebuah Transportation Management System (TMS) yang dapat membantu para pelaku logistik untuk meningkatkan produktivitas armada menjelang momen puncak ini.

Salah satu manfaat yang dapat mitra rasakan lewat penggunaan Transportation Management System McEasy adalah melimpahnya data yang dapat diolah lagi dan membantu perencanaan logistik. TMS dapat menghasilkan analisa apakah formasi dan skala armada sudah optimal atau perlu dilakukan penyesuaian kembali guna mengantisipasi lonjakan Ramadan dan Lebaran. “Perencanaan yang matang dapat meningkatkan efektivitas pengiriman dan menghemat biaya operasional hingga 30%,” tuturnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved