Strategy

Perjalanan Satu Windu SiCepat Ekspres di Industri Ekspedisi Indonesia

Perjalanan Satu Windu SiCepat Ekspres di Industri Ekspedisi Indonesia
The Kim Hai, CEO SiCepat Ekspres (Foto: ist)

The Kim Hay kini dapat tersenyum lebar. Bagaimana tidak, Bos Si Cepat Ekspres itu awalnya tidak menyangka bisnis eskpedisi yang dirintis kecil-kecilan bersama temannya di sebuah ruko di bilangan Daan Mogot, Jakarta Barat tahun 2014 itu akan sebesar sekarang. Brand dan layanan SiCepat Ekspres tidak hanya popular, tapi kinerjanya juga melesat melampaui dedengkot perusahaan ekspedisi di Tanah Air.

Ya, selama 8 tahun atau satu windu perjalanan SiCepat Ekspres melesat bagai kilat menyalip para pesaingnya. Lihat saja, tahun 2021 SiCepat Ekspres telah memiliki sekitar 70 ribu orang karyawan, layanan lebih dari 1.500 gerai, 149 Pick Up Drop Point (PUDO), 84 sortation, dan lebih dari 7.000 titik SiCepat Point yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara itu, pengiriman paket sepanjang tahun 2021 tercatat lebih dari 2,8 juta paket per hari dan telah mencatatkan growth year on year hingga 93% dibandingkan tahun lalu.

Tahun 2020 SiCepat Ekspres telah mengirimkan lebih dari 1,4 juta paket per hari dengan lebih dari 97% tingkat layanan untuk pengiriman satu hari sampai di tempat tujuan. Hal ini menjadikan SiCepat Ekspres menjadi pilihan utama para UMKM dalam memilih layanan ekspedisi, karena layanan terbaiknya.

Tidak hanya profit oriented mengejar keuntungan semata, SiCepat Ekspres pun banyak melakukan aksi sosial sebagai bagian dari Corporate Social Responsibilty (CSR) baik dilakukan sendiri oleh perusahaan maupun berkolaborasi dengan pihak ketiga atau mitra bisnis. Dengan campaign #YukSelaluBersama, SiCepat Ekspres mengajak semua pihak untuk bahu-membahu membangun negeri tercinta. Apalagi, di masa pandemi dan pasca pandemi Covid-19 untuk bekerja sama mengejar ketertinggalan akibat terpuruk selama pandemi.

Sejak didirikan tahun 2014, fokus utama layanan siCepat adalah pengiriman 8 jam sampai untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung serta pengiriman 1 hari sampai untuk kota besar seluruh wilayah Indonesia. Dengan slogan “Ketika Semua Jadi Mudah”, SiCepat Ekspres mempunyai cabang dan gerai yang tersebar di seluruh kota di Indonesia untuk menjawab segala kebutuhan dan keinginan pelaku e-commerce didukung dengan sistem teknologi terkini.

Lantas, apa saja strategi dan aksi yang dilakukan manajemen SiCepat selama 8 tahun ini? Mari kita telusuri dari beberapa bagian, yaitu produk dan layanan, aksi sosial, dan ekspansi bisnis.

Inovasi Produk dan Layanan

Menurut The Kim Hai, bendera PT SiCepat Ekspres dikibarkan bersama koleganya bernama Rudi Darwun Swigo. Modalnya, dari kantong mereka berdua. Di awal tahun 2014 ketika SiCepat Ekspres didirikan, perusahaan ekspedisi ini hanya melayani UMKM (pasar social commerce) yang tersedia dimedia sosial, kemudian memperluas jaringan ke seluruh Indonesia dan mengembangkan teknologi untuk menyediakan layanan pengantaran dan penjemputan paket di beberapa platform e-commerce.

Melalui inovasi produk dan layanan, SiCepat Ekspres berkomitmen untuk menjadi jasa ekspedisi terpercaya bagi masyarakat Indonesia. Investasi perusahaan dialokasikan untuk infrastruktur sebesar 40%, pemasaran 40%, dan Teknologi Informasi 20%.

Pada awalnya, porsi terbesar yang menggunakan layanan SiCepat adalah social commerce, yaitu seller yang berjualan di Instagram dan Facebook. Namun, setelah tahun lalu para pelaku marketplace memberlakukan sistem cashless, banyak seller yang tadinya berjualan di social commerce pindah ke e-commerce.

Diakui Wiwin Dewi Herawati, Chief Marketing Officer SiCepat Ekspres bahwa pengaruh e-commerce terhadap pertumbuhan perusahaan sangat signifikan. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi 80% pendapatan dan paket SiCepat Ekspres datang dari e-commerce. Ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya (2017-2018), ketika social commerce menyumbang porsi besar terhadap pendapatan: 2017 menyumbang 80%, dan 60% pada 2018.

Strategi SiCepat Ekspres selain kecepatan dan ketepatan delivery, untuk menumbuhkan bisnisnya adalah customer loyalty management (CLM). Seller yang kian banyak dikelola agar makin betah. Caranya, untuk high value member diberi value added service. Contoh paling signifikan adalah layanan foto produk dan video produk untuk materi promosi seller. Hingga tahun 2020, sekitar 600 seller mendapat layanan tersebut sejak diluncurkan tahun 2019. Program loyalitas lain yang sudah berjalan sejak tahun 2017 adalah 10.000 SMS blast gratis, dan promosi Instagram ke lebih dari 1 juta follower.

SiCepat Ekspres juga punya dedicated customer service, yakni customer relationship officer (CRO). Kalau ada inquiries atau complain, pihak seller bisa langsung menghubungi CRO, tidak perlu antre lewat call center. “Sementara itu, untuk high value member, diberikan layanan scheduled pickup yang bersifat mandatory. Misalnya, high value member meminta barangnya diambil Rabu, Kamis, Jumat di jam tertentu, pihak SiCepat harus memenuhinya,” jelas Wiwin

Keberhasilan ini tak membuat SiCepat Ekspres lengah. Justru strategi baru dilancarkan. Pertama, untuk meluaskan jangkauan dengan menambah gerai dan tahun 2021 sudah tercatat lebih dari 1.500 gerai. Penambahan gerai terus dilakukan untuk ekspansi dan mewujudkan tagline perusahaan ‘Ketika Semua Jadi Mudah’.

Jurus kedua SiCepat Ekspres adalah membuat aplikasi dan sedang terhubung dengan beberapa platform digital. Bernama SiCepat Klik, aplikasi yang dirilis pada Kuartal II/2020 ini memudahkan penggunanya melakukan sejumlah layanan, seperti request pickup, reward point, dan payment.

Jurus ketiga adalah menambah program. Sejak medio tahun 2020, SiCepat Ekspres telah meluncurkan program Halu (singkatan dari Harga Mulai Lima Ribu). Program ini memberlakukan tarif lebih ekonomis daripada tarif reguler dengan tujuan membetot lebih banyak seller.

Bagimana hasilnya? Wiwin mengaku puas. Program Halu misalnya. Sejak diluncurkan, traction-nya mencapai 33% terhadap total nilai paket di Shopee. Berawal di Shopee, selanjutnya Halu tersedia di Bukalapak per April 2020 dan di Tokopedia pada Mei-Juni 2020. “Kami melakukan riset kepuasan pelanggan dan brand awareness dengan indikator Customer Satisfaction Index dan Net Promoter Score secata kontinyu agar pertmbuhan terjaga. Setiap minggu, kami melakukan monitoring,” jelas Wiwin.

Petugas SiCepat Ekspres sedang menyortir paket pelanggan (Foto: ist)

Wiwin menargetkan Proof of Delivery (POD) mencapai 97%. POD adalah memastikan seluruh proses pengiriman barang dilakukan dengan baik, sesuai dengan dokumen dan ter-update dalam sistem/file pengiriman. Keberhasilan ini tak lepas dari dukungn tim Control Power (CP), yang bertugas memonitor area mana yang tidak sesuai dengan standar layanan yang ditetapkan, lalu menelusuri penyebabnya.

Untuk memenuhi dan menjaga kepuasan pelanggan, SiCepat Ekspres bersandar pada tiga hal: pelayanan yang cepat, aman, dan nyaman; call center yang responsif menjawab pertanyaan; serta produk dengan harga yang kompetitif dan layanan yang memenuhi kebutuhan pelanggan.

Dari segi produk, SiCepat mencoba hadir untuk setiap segmen yang berbeda. Sampai saat ini SiCepat memiliki 6 produk: SiUntung, layanan reguler; HaLU (Harga Mulai Lima Ribu), layanan yang tersedia di e-commerce; Best, layanan cepat sampai tujuan estimasi satu hari sampai di kota-kota besar; SiCepat Go, paket internasional dengan layanan pickup; H3LO, solusi pengiriman pelanggan social commerce dan cash dengan biaya lebih terjangkau dengan berat kiriman 3 kg; dan Gokil, layanan dengan pengiriman barang minimum charge 10 kg dengan harga yang lebih ekonomis.

Dari segi layanan, diluncurkan SiCepat Syariah. Dalam layanan ini, ada donasi 2,5% di setiap diskon ongkos kirim untuk sekolah literasi dan pesantren di wilayah Cilacap dan Lombok melalui kerjasama dengan Dompet Dhuafa. Kedua, SiCepat Klik, layanan pendukung aktivitas SiCepat dengan teknologi WhatsApp Bot. Ada juga COD sebagai salah satu opsi cara pembayaran di marketplace, kemudian layanan gratis pickup barang, loyalty program, dan call center.

Wiwin mengklaim, keunggulan SiCepat adalah produk dan layanan yang ditawarkan mempunyai kelebihan dan keunikan yang berbeda sesuai dengan segmentasi dan kebutuhan pelanggan dan pasar.

Menurut Wiwin, upaya menjaga komitmen terhadap kepuasan pelanggan melalui produk dan layanan, serta kekuatan pada pengiriman yang cepat dan harga murah tersebut, bisa menjadi dorongan bagi pelanggan untuk merekomendasikan SiCepat kepada orang lain. “Ketika berkomitmen antara iklan dan servis yang diberikan kepada konsumen, di situlah yang membuat power WOM (word of mouth) berjalan. Komitmen inilah yang dijaga oleh SiCepat, pengiriman cepat sampai dengan harga murah,” ia menandaskan.

Ada dua produk yang diandalkan untuk menghadapi era pandemi saat ini, yaitu HaLU dan SiUntung. Strategi ini dijalankan agar pelanggan dapat memilih produk pengiriman sesuai dengan kebutuhan saat ini, yaitu pengiriman yang cepat, aman, terjangkau, dan mempunyai banyak pilihan produk. “Untuk membantu daya beli masyarakat/pelanggan di tengah pandemi, SiCepat mengeluarkan dua produk tersebut dengan harga yang kompetitif, juga mengeluarkan berbagai program promosi potongan ongkos kirim yang diberikan di berbagai marketplace,” jelasnya.

Sebagai bentuk dukungan dan apresiasi kepada online seller, khususnya seller Tokopedia, SiCepat Ekspres berhasil mengadakan program undian lewat program KETUPAT (Kejutan Tunai SiCepat) dengan total hadiah lebih dari Rp 1,5 miliar. Program ini untuk mengapresiasi seller Tokopedia yang telah setia menggunakan layanan pengiriman SiCepat dan mengaktifkan layanan HALU (Harga Mulai Lima Ribu).Program KETUPAT berlangsung sejak periode 1 Maret –31 Mei 2021 ini telah dilaksanakan tiga kali proses pengundian yakni tanggal 8 April, 7 Mei, dan 8 Juni 2021. Kontribusi positif tersebut diharapkan dapat mendukung semangat Gerakan Bangga Buatan Indonesia yang digagas oleh pemerintah dan menjadi stimulus bagi UMKM untuk beralih go digital.

Aksi Sosial SiCepat

Untuk kegiatan sosial, tahun 2021 SiCepat Ekspres telah menyalurkan dana lebih dari Rp 10 miliar dalam program Corporate Social Responsibility (CSR). Juga, berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan menggratiskan layanan antar obat telemedisin bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri ke seluruh Indonesia.

Bersamaan dengan momentum Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022, SiCepat Ekspres bersama Banksasuci Foundation berkolaborasi melestarikan lingkungan melalui Program Cisadane Bebas Sampah 2040 dengan memberikan bantuan 100 meter WasteTrap Sungai Cisadane di Banksasuci Cihuni, Pagedangan, Kabupaten Tangerang (20/02/2021).

Selain menyalurkan bantuan berupa wastetrap yang dibutuhkan untuk menyaring sampah di sungai, SiCepat Ekspres bersama Banksasuci Foundation juga melakukan aktivitas bersih-bersih sampah di Sungai Cisadane Desa Cihuni sepanjang 5 km menggunakan perahu karet milik SiCepat Ekspres.

The Kim Hai, CEO SiCepat Ekspres menyampaikan bahwa bantuan tersebut merupakan komitmen perusahaan yang dipimpinnya dalam mendukung pelestarian lingkungan secara berkesinambungan.

SiCepat Ekspres melalui program CSR SiCepat Peduli memberikan bantuan dana sejumlah Rp50 juta kepada BAZNAS untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak gempa bumi di beberapa kecamatan Sumur, Malimping, Cihara, dan Lebak Gedong, Banten. Simbolisasi penyerahan bantuan donasi ini dilangsungkan di Gedung Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jakarta.

Melihat situasi masyarakat yang terdampak gempa bumi, BAZNAS membuka posko bantuan yang dipusatkan di Sumur Banten. Sehubungan dengan pembukaan posko bantuan BAZNAS, SiCepat Ekspres tergerak untuk memberikan bantuan donasi yang diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak gempa bumi.

Berkontribusi secara aktif dalam penanggulangan pandemi Covid-19 melalui berbagai kegiatan CSR, SiCepat Ekspres meraih penghargaan Top CSR of The Year 2021. Apresiasi ini diberikan kepada SiCepat Ekspres atas kontribusi yang dilakukan melalui kegiatan Corporate Social Responsibility dalam memberikan manfaat dan dampak positif baik secara ekonomi, kesehatan, dan sosial bagi masyarakat khususnya dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini. SiCepat Ekspres menjadi salah satu perusahaan terbaik dari total 300 perusahaan yang ikut serta dalam penilaian yang fokus pada CSR Concept, CSR Impact, dan CSR Donation Value.

SiCepat Ekspres telah mendapatkan pendanaan dari sejumlah investor senilai US$170 juta atau sekitar Rp2,4 triliun (Foto: ist)

Prospek dan Ekspansi Bisnis

Selain fokus dalam menghasilkan inovasi produk layanan, SiCepat Ekspres juga agresif berkolaborasi dengan banyak mitra bisnis. Tahun 2021 misalnya, bekerja sama dengan PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) menambahk kepemilikan saham menjadi 6,05% dan menghadirkan fitur Digital Cloud Ad bagi seller UMKM bersama DMMX.

SiCepat Ekspres pun bersinergi dengan PT Logitek Digital Nusantara (LDN) untuk memperluas jaringan dengan mendirikan FastPoint. “Kami juga bekerja sama dengan PT Finansial Intergrasi Teknologi (Pinjam Modal) sebagai platform peer-to-peer landing untuk memberikan kemudahan akses permodalan bagi UMKM melalui aplikasi SiCepat Ekspres,” jelas The Km Hai, CEO SiCepat Ekspres.

Kemudian, Oktober 2021 SiCepat Ekspres bersama dengan AC Venture dan DMMX, mendukung bisnis kecantikan milik Luna Maya, yaitu brand Nama Beauty, dengan menginjeksi modal US$ 5 juta.

Sebagai komitmen dalam berkontribusi pada lingkungan hidup, SiCepat juga membeli 10.000 unit motor listrik Volta yang akan digunakan sebagai unit kendaraan operasional dan akan beroperasi pada akhir tahun 2021.

Memasuki Kuartal I/2021, SiCepat Ekspres telah mendapatkan pendanaan dari sejumlah investor senilai US$170 juta atau sekitar Rp2,4 triliun. Perolehan dana ini merupakan pendanaan Series B terbesar di Asia Tenggara. Sejumlah investor yang telah mendanai SiCepat Ekspres antara lain Falcon House Partners, Kejora Capital, DEG (the German Development Finance Institution), Asia Based Insurer, MDI Ventures (by Telkom Indonesia), Indies Capital, Pavilion Capital (Temasek Holdings Subsidiary), Tri Hill dan Daiwa Securities.

“Pendanaan yang diterima oleh SiCepat Ekspres ini untuk memperkuat posisi sebagai ekspedisi dengan layanan logistik terintegrasi yang melayani e-commerce. Kami merencanakan perluasan jaringan, seiring dengan berkembangnya pasar e-commerce. Layanan terintegrasi kami juga membantu perkembangan bisnis para UMKM terutama yang memiliki produk-produk lokal, agar di masa sulit seperti sekarang masih bisa bertahan dan berkembang, dengan memberikan beberapa layanan promosi dan tarif yang kompetitif,” jelas The Kim Hai.

Perusahaan yang telah membukukan laba tersebut akan melakukan investasi lebih lanjut dalam memperluas layanan logistik dan infrastrukturnya. Saat ini SiCepat Ekspres menyediakan layanan Penjemputan (First-mile) & Pengiriman (Last-mile), Pergudangan (Fulfillment Center), Layanan Pendukung Perdagangan (Commerce-enabling Services), Distribusi Online dan Logistik Jarak Menengah (Middle-mile Logistic).

Dengan penataan layanan logistik unik seperti ini, SiCepat Ekspres dianggap sebagai salah satu dari sedikit pemain di pasar logistik Indonesia yang menyediakan layanan logistik terintegrasi untuk ekonomi zaman baru (new economy) ini yang melayani segmen pasar e-commerce dan social commerce.

Kini, SiCepat Ekspres bertransformasi dengan membangun ekosistem berbasis digital untuk mendukung di berbagai sektor bisnis, mulai dari end-to-end logistic solution, digital F&B solution, industri kreatif, hingga electric vehicle. Dengan ekosistem dan integrasi digital yang dibangun, SiCepat Ekspres dapat membantu membuka peluang bisnis dan usaha bagi UMKM untuk lebih berkembang dan membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia.

Dengan visi menjadi perusahaan ekspedisi nasional terbesar di Asia, SiCepat Ekspres pun menghadirkan layanan Super Apps. Pelanggan menjadi terintegrasi dalam satu genggaman untuk memudahkan transaksi kapan saja dan di mana saja. Dari Super Apps ini, pelanggan dapat melakukan berbagai hal di antaranya request pick up, voucher gratis ongkir, cek ongkir, tracing paket sampai berdonasi.

Tahun 2022, Manajemen SiCepatEkspres berharap dapat menjadi perusahaan digital yang dapat memperluas peluang usaha, dan menciptakan lapangan pekerjaan, serta mendukung pebisnis lokal untuk mengembangkan bisnis. Hal ini dibuktikan langkah strategis perusahaan dalam menambah kepemilikan saham DMMX, menjajal peluang bisnis Food & Beverage dan kecantikan melalui Digiresto dan Nama Beauty

The Kim Hai menyatakan, ke depannya SiCepat Ekspres terus mengembangkan potensi untuk memberikan kontribusi terbaik bagi negeri dan berkomitmen untuk meningkatkan perekonomian Indonesia melalui program-program yang berfokus pada peningkatan ekonomi berkelanjutan, kepedulian sosial, budaya, teknologi dan lingkungan hidup.

Hal ini ditunjukkan agar SiCepat Ekspres bertransformasi dengan membangun ekosistem berbasis digital untuk mendukung di berbagai sektor bisnis, mulai dari end-to-end logistic solution, Digital F&B solution, industri kreatif, hingga electric vehicle. “Dengan ekosistem dan integrasi digital yang dibangun tersebut, SiCepat Ekspres bisa membantu membuka peluang bisnis dan usaha bagi UMKM untuk lebih berkembang dan membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia,” jelas orang nomor satu di SiCepat Ekspres itu.

Ke depan, SiCepat Ekspres terus mengembangkan potensi untuk memberikan kontribusi terbaik bagi negeri dan berkomitmen untuk meningkatkan perekonomian Indonesia melalui program-program yang berfokus pada peningkatan ekonomi berkelanjutan, kepedulian sosial, budaya, teknologi dan lingkungan hidup.

Selain itu, SiCepat masuk ke dalam ekosistem perusahaan berbasis teknologi agar akselerasi percepatan bisnis bisa segera dijalankan. “Pada tahun 2022, kami menargetkan pertumbuhan hingga 37%,” Wiwin menambahkan.

Ke depan, pertaruhan bisnis makin ketat. “Tantangan yang dihadapi selanjutnya adalah bagaimana pihaknya bisa terus menghadirkan inovasi di tengah iklim bisnis yang sangat dinamis.Juga, dapat mengakomodasi semua kebutuhan masyarakat akan jasa pengiriman yang cepat dan terjangkau. Kami bertekad akan melakukan ekspansi ke negara-negara Asia Tenggara,” tegas The Kim Hai.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved