Business Update

Apa Saja Pendukung dan Penghambat Perubahan Sosial?

Apa Saja Pendukung dan Penghambat Perubahan Sosial?
Sumber Foto : Pixabay.com

Perubahan sosial pasti terjadi dalam masyarakat dan dapat mempengaruhi nilai, sikap, serta pola-pola perilaku di antara beberapa orang dalam satu kelompok di suatu tempat. Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa faktor yang mendukung dan menghambat perubahan sosial dalam masyarakat.

Berikut faktor-faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial:

1. Faktor Pendorong Perubahan Sosial. Ada dua faktor pendorong perubahan sosial, yaitu faktor internal dan yang kedua adalah faktor eksternal. Faktor internal yang mendorong perubahan sosial antara lain perubahan jumlah penduduk.

Perubahan sosial bisa terjadi karena adanya pertambahan dan pengurangan jumlah penduduk. Oleh karena itu, beberapa orang kemudian memutuskan untuk berpindah ke daerah lain lalu terjadilah perubahan sosial.

Kemudian, hadirnya penemuan baru. Perkembangan teknologi membuat beberapa aspek kehidupan turut mengalami perubahan. Misalnya, kegiatan belajar yang saat ini sudah banyak memanfaatkan teknologi. Saat ini, siswa sudah bisa menikmati beragam aplikasi belajar online dan hal tersebut bisa mengakibatkan perubahan sosial.

Terjadinya konflik. Perubahan sosial secara cepat juga bisa terjadi akibat adanya konflik atau pertentangan dalam masyarakat. Perbedaan kepentingan antara golongan kelas atas dan bawah bisa mengakibatkan perubahan sosial yang signifikan.

Adanya pemberontakan. Sebenarnya, pemberontakan atau revolusi ini masih menjadi bagian dari konflik. Namun, konflik dari revolusi lebih berkelanjutan dan bisa menyebabkan munculnya kepentingan baru, sehingga secara tidak langsung akan mengubah kehidupan sosial masyarakat.

Kemudian faktor eksternal perubahan sosial yaitu, bencana alam. Bencana alam dapat membuat masyarakat harus berpindah dari satu tempat ke tempat lain demi menyelamatkan diri. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial dari segi cara hidup, sikap, dan lain sebagainya.

Faktor eksternal selanjutnya, perang. Keadaan ini dapat mengubah semua tatanan dalam masyarakat dan mengakibatkan perubahan sosial yang pesat. Lalu, pengaruh budaya masyarakat lain. Fenomena ini sedikit banyaknya akan menggeser kebudayaan asli dan melahirkan perubahan sosial, entah ke arah yang lebih baik, stagnan, ataupun sebaliknya.

2. Faktor penghambat perubahan sosial seperti, kurangnya hubungan dengan masyarakat lain. Gaya hidup modern dengan penuh kemudahan akan gampang ditiru, sehingga perubahan sosial dapat terjadi dengan mudah.

Faktor penghambat lainnya, lambatnya perkembangan ilmu pengetahuan. Kurangnya ilmu pengetahuan terhadap perkembangan teknologi akan membuat masyarakat menjadi stagnan dan tidak terbuka terhadap perubahan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved