Management Trends

Eastspring Investments dan BCA Kampanyekan #MoneyParenting

Eastspring Investments dan BCA Kampanyekan #MoneyParenting

Berdasarkan hasil studi perdana Asia Money Parenting yang dilakukan Eastspring Investments pada 10.000 orang tua di 9 pasar Asia yang mengeksplorasi bagaimana orang tua mendidik anak mereka tentang tanggung jawab finansial mulai dari persepsi, kebiasaan, pengetahuan, bersikap dan pemahaman tentang keuangan ini diturunkan kepada anak-anak mereka, PT Eastspring Investments Indonesia (Eastspring Indonesia) mengampanyekan Kembali #MoneyParenting – Do it Right Together. Kampanye ini merupakan suatu proses untuk meningkatkan pemahaman orang tua dalam mendidik sikap dan keyakinan mengenai keuangannkepada anaknya.

Kampanye yang telah diluncurkan pada November 2020 ini sejalan dan mendukung program literasi keuangan yang juga dikampanyekan oleh OJK. Harapannya orang tua memberikan Pendidikan keuangan sejak dini agar dapat menanamkan kebiasaan keuangan yang baik dan bisa mengambil keputusan keuangan yang bijak dan di masa depan.

Guna mewujudkan keberhasilan #MoneyParenting, para orang tua juga perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait finansial yang cukup baik untuk kemudian diteruskan kepada anak-anak mereka. Eastspring Indonesia berkolaborasi dengan BCA dalam acara Wealth Inspiration Webinar Money Parenting bertema ‘Pentingnya Edukasi Keuangan Sejak Dini’ mengundang narasumber Natasha Dewanti selaku artis dan pemain sinetron untuk berbincang mengenai Money Parenting melalui Webinar di BCA Expoversary Online pada 23 Maret 2022 sebagai upaya mendorong literasi keuangan agar Parents dapat mengajarkan anak-anak memahami dasar keuangan mulai dari cara menghasilkan (earn), menabung (save), membelanjakan (spend), memberi (donate) hingga berinvestasi untuk persiapan masa depan mereka.

Alan J. Tangkas Darmawan, Presiden Direktur Eastspring Indonesia, mengatakan, “Kami harap dengan kampanye #MoneyParenting, bisa membimbing para orang tua agar lebih paham bagaimana melatih anak dalam mengelola keuangan yang sukses. Melalui inisiatif ini, kami ingin membantu para orang tua memberikan pemahaman dasar mengenai pentingnya nilai uang kepada anak-anak, karena kami percaya orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk keyakinan dan sikap anak sehari–hari yang dapat membantu anak-anak membuat keputusan finansial yang lebih baik saat mereka dewasa nanti.”

PT Bank Central Asia, Tbk (BCA) hadir disisi nasabah dengan memberikan solusi keuangan yang menyeluruh dan relevan. Kali ini sebagai bagian rangkaian edukasi Investasi kepada nasabah khususnya para parents, BCA bersama dengan Eastspring Indonesia memberikan tips – tips dalam memberikan inspirasi dan mempersiapkan masa depan anak dan keluarga. “Kami berharap kolaborasi ini dapat bermanfaat bagi nasabah.” ungkap Ugahary Yovvy Chandra, Senior Executive Vice President Wealth Management BCA.

Hasil survei Asia Money Parenting juga menyebutkan sebanyak 30% orang tua Indonesia meyakini bahwa anak harus belajar menggunakan uang ketika usia mereka masih di bawah 6 tahun. Kemudian 32% lainnya percaya bahwa anak harus belajar mengelola uang ketika mereka berusia antara 7 dan 10 tahun. Darisana kami menyimpulkan tahapan money parenting anak sesuai usia, 3- 6 tahun mengenalkan konsep uang, 7-9 tahun memberi pemahaman akan nilai dari suatu barang, 10-12 tahun mengenalkan konsep menghasilkan (earn), menabung (save) dan membelanjakan (spend) serta 13 tahun ke atas mendorong anak mulai belajar mandiri untuk mengelola uangnya sendiri.

Alan juga menambahkan, “Kami memahami bahwa anak-anak mulai membentuk kebiasaan finansial sejak usia 3 tahun. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan pemahaman dasar mengenai keuangan sejak usia tersebut demi mengajarkan anak agar lebih bijak dalam mengambil keputusan keuangan di masa depan.”

Selain melalui edukasi, nasabah BCA juga dapat menikmati berbagai solusi investasi lainnya seperti dengan memanfaatkan kemudahan aplikasi investasi, Welma dari BCA sehingga nasabah dapat langsung investasi di mana saja dalam sentuhan jari. Nasabah juga dapat menghubungi cabang BCA yang melayani transaksi investasi untuk konsultasi investasi dalam mempersiapkan masa depan.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved