Management Trends

Chandra Asri Gandeng Darwinbox Untuk Digitalisasi Manajemen SDM

Chandra Asri Gandeng Darwinbox Untuk Digitalisasi Manajemen SDM

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) bekerja sama dengan Darwinbox, perusahaan penyedia teknologi pengelola Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendigitalkan proses pengaturan SDM-nya secara menyeluruh.

Sebagai perusahaan petrokimia yang memiliki lebih dari 2.000 karyawan, Chandra Asri menilai penting transformasi digital pada proses kerja SDM agar memiliki operasional SDM yang efisien, meningkatkan produktivitas serta pengalaman kerja karyawan demi mencapai visi menjadi perusahaan petrokimia terdepan di Indonesia.

Kemitraan ini juga sebagai bagian dari rencana transformasi digital sepanjang lima tahun untuk menciptakan ekosistem digital yang holistik untuk menyambut Society 5.0.

“Karena tujuan kami futuristik, kami juga harus menggandeng mitra yang juga berfokus ke masa depan.Darwinbox terpilih setelah proses pertimbangan yang cermat dan komprehensif, mereka telah berhasil menerapkan transformasi yang lancar pada tahun 2022,” ujar Andre Khor, Chief Financial Officer Chandra Asri.

Suryandi, Human Resources and Corporate Affairs Director Chandra Asri, menjelaskan, tim SDM Chandra Asri akan menggunakan Darwinbox sebagai sebuah ‘aplikasi super’, karena sistem manajemen SDM Darwinbox dapat berintegrasi secara lancar dengan perangkat teknologi Chandra Asri, sehingga dapat memberikan kemudahan bagi para karyawan.

“Teknologi Darwinbox memungkinkan karyawan Chandra Asri untuk tetap terhubung di mana saja dan kapan saja, sehingga mereka dapat mengakses semua proses terkait SDM menggunakan satu aplikasi,” jelasnya.

Dia melanjutkan, semua proses kerja SDM akan dikelola menggunakan Darwinbox, mulai dari proses rekrutmen hingga pengunduran diri. Karyawan Chandra Asri dapat mengakses dan mengelola data pribadi mereka, melonggarkan beban kerja administrator SDM. Karyawan juga akan memiliki visibilitas yang lebih luas untuk melacak data mereka sendiri, termasuk pengajuan absen, cuti, dan pengembalian biaya kerja yang dapat disetujui oleh manajer kapan saja.

Selain itu, HR Helpdesk juga menyediakan dukungan kepada setiap karyawan yang memiliki pertanyaan atau memerlukan bantuan, sementara modul seperti Onboarding, Recognition, dan jejaring sosial ‘Vibe’ akan memperkuat hubungan antara karyawan.

Atas kerja sama ini, Chandra Asri telah melengkapi ketiga pilar transformasi digital SDM-nya: budaya karyawan, optimalisasi proses, dan perkembangan teknologi yang didukung lengkap dari teknologi Darwinbox.

Jayant Paleti, Co-founder Darwinbox, menyampaikan bahwa melalui teknologinya, mitranya tersebut tidak perlu dibebani dengan tugas dan dokumen terkait SDM yang membosankan. “Kami senang melihat kesuksesan Chandra Asri dalam memanfaatkan platform kami untuk meningkatkan kinerja mereka,” ujar Paleti.

Darwinbox hingga saat ini tercatat telah melayani lebih dari 650 perusahaan, 1,5 juta karyawan di 90 negara, termasuk perusahaan Indonesia yang terkemuka antara lain Tokopedia, Kopi Kenangan, Mitra Adiperkasa, Indorama, Chandra Asri (Barito Pacific Group), Sari Roti (Salim Group) Protelindo (Djarum Group), Pyridam Farma, Gunung Raja Paksi (GRP), Astra Life, Bina Karya Prima, dan STP Tower.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved