Technology Trends

Begini Cara Urus WhatsApp Business untuk UMKM

Begini Cara Urus WhatsApp Business untuk UMKM

Komunikasi adalah salah satu kunci keberhasilan berbisnis. Baik bagi UMKM hingga perusahaan besar, komunikasi yang baik sangat dibutuhkan untuk menjaga relasi dengan pelanggan dan prospek, serta meningkatkan omzet penjualan.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Zendesk, 87% pelanggan merasa bahwa komunikasi yang baik dari bisnis memengaruhi keputusan mereka untuk membeli. Bahkan, menurut American Express, 17% pelanggan rela mengeluarkan biaya lebih jika dirasa komunikasi bisnis baik.

Namun, beberapa bisnis tidak berkomunikasi dengan baik atau masih berkomunikasi secara tidak efektif. Misalnya seperti berkomunikasi secara tidak profesional, berbelit-belit dan, yang paling parah, tidak tersedia di berbagai kanal komunikasi yang banyak digunakan pelanggan.

Akibatnya, pelanggan kesulitan untuk terhubung dengan bisnis. Mereka bisa berhenti membeli hingga berpindah ke kompetitor dikarenakan susah menjangkau bisnis dan terkadang tidak tahu informasi terbaru dari bisnis sebab minimnya komunikasi yang dijalin.

Untuk itu, bisnis harus mengoptimalkan timnya dalam berkomunikasi dengan pelanggan dan menggunakan platform yang menunjang komunikasi bisnis yang lebih personal serta banyak digunakan pelanggan, seperti WhatsApp.

WhatsApp kini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan komunikasi bisnis. Misalnya, seperti untuk mengirimkan OTP, promosi marketing, dan reminder serta billing, membuat FAQ dan pusat informasi dengan chatbot, melakukan transaksi komersial dengan akun yang teverifikasi (centang hijau), dan berbagai kebutuhan lainnya.

Namun, untuk menggunakan berbagai fitur tersebut, bisnis harus menggunakan solusi WhatsApp Business Platform. WhatsApp Business Platform adalah solusi komunikasi bisnis yang hanya bisa didapatkan melalui WhatsApp Business Solution Provider, perusahaan resmi dan langsung bekerja sama dengan WhatsApp. Salah satunya ialah Wappin, salah satu produk SPE Solution.

Selain menyediakan solusi WhatsApp Business Platform dengan 24/7 support, Wappin juga menyediakan solusi omnichannel. Bisnis bisa menggunakan omnichannel untuk menghubungkan akun WhatsApp resminya dan berbagai kanal komunikasi lain seperti email, media sosial, dan e-commerce ke dalam satu dashboard saja.

Hasilnya, selain bisa menggunakan berbagai fitur canggih WhatsApp, bisnis bisa terhubung dengan pelanggannya di mana saja dalam satu platform dan memudahkan pekerjanya dalam mengelola pesan pelanggan yang datang dari berbagai kanal berbeda.

“Komunikasi antara bisnis dan pelanggannya menjadi makin krusial, apalagi menjelang hari Raya dan Lebaran. Karenanya, Wappin menyediakan one-stop solution untuk membantu pebisnis menjaga komunikasi dengan pelanggannya, khususnya melalui WhatsApp, baik untuk kebutuhan marketing, sales, maupun customer service. Tujuannya agar bisnis dapat menaikkan omset penjualannya dengan memastikan komunikasi dan relasi kepada pelanggannya tetap baik,” kata Rico L. Simarmata, CEO SPE Solution.

Saat ini, Wappin sudah digunakan oleh berbagai industri dan organisasi, seperti universitas, sekolah, rumah sakit, bank, lembaga pemerintahan, dan berbagai perusahaan ternama di Indonesia.

“Wappin mempermudah kami dalam merespon chat yang masuk ke layanan pelanggan dengan cepat. Kami juga bisa melakukan broadcast yang lebih personal lewat WhatsApp dan tidak lagi repot mengelola terlalu banyak nomor untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Kini, kami bisa fokus menghadirkan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan kami,” terang Feby P., Customer Relationship Management Speedwork Autocare.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved