Business Update

Tips Mengelola Sampah di Rumah Anda

Tips Mengelola Sampah di Rumah Anda

Sampah rumah tangga yang kian hari kian menumpuk, tentu akan berdampak negatif pada lingkungan sekitar. Salah satu cara yang dapat mencegah hal tersebut terjadi adalah dengan mengolah sampah di rumah. Meskipun hanya dengan perbuatan kecil, kita dapat membawa banyak perubahan.

Berikut cara-cara untuk mengurangi produksi sampah di rumah Anda sendiri :

Kurangi Sampah dengan Daur Ulang

Siapkan setidaknya 3 tempat sampah terpisah di rumah Anda. Satu untuk sampah organik, non-organik dan sampah daur ulang. Ketika Anda hendak membuang wadah plastik dari restoran, pikirkanlah apakah Anda dapat menggunakannya di kemudian hari. Kurangi penggunaan wadah yang terbuat dari styrofoam. Cuci dan simpan wadah plastik yang mungkin bisa dipakai.

Kurangi Sampah Sisa Makanan

Makanan sisa di tempat sampah menjadi penyumbang sebagian besar sampah di dunia. Kurangi jumlah limbah makanan dengan memanfaatkan tempat pembuangan sampah dan / atau tumpukan kompos untuk barang yang bisa dikomposkan. Selalu habiskan makanan Anda dan hindari meninggalkan sisa makanan.

Kurangi Kantong Plastik

Kantong plastik adalah sesuatu yang sangat berbahaya untuk lingkungan. Kantong plastik tidak mudah terurai dan memakan waktu ratusan tahun. Kurangi penggunaan kantong plastik dengan membawa kantong belanjaan Anda sendiri yang terbuat dari kain. Jika mungkin, gunakanlah kantong plastik yang terbuat dari bahan organik yang akan terurai dalam waktu 1-2 tahun.

Daur Ulang Air Anda

Mengurangi penggunaan air bukan berarti Anda tidak higienis. Anda tidak perlu membuang air yang masih bisa digunakan begitu saja. Misalnya, cuci lantai bagian luar rumah dengan air bekas mencuci baju. Air bekas akuarium atau mencuci beras sangat bermanfaat untuk tanaman Anda. Anda juga bisa menampung air hujan sendiri untuk menyiram tanaman Anda.

Kurangi Penggunaan Kertas

Sebisa mungkin kurangi sampah kertas dengan beralih ke digital. Kirim surat atau pemberitahuan lewat e-mail dan buat form lewat internet.

Donasikan Barang yang Tidak Terpakai

Jika Anda punya barang yang sudah tidak dibutuhkan tapi masih layak dipakai, jangan langsung membuang barang tersebut. Berikanlah pada orang-orang yang kiranya lebih membutuhkannya.

Situs belanja online kebutuhan rumah tangga dan furniture no.1 di Indonesia, Ruparupa.com kini menghadirkan beragam koleksi tempat sampah untuk rumah maupun luar ruang yang berkualitas untuk menjaga rumah Anda agar tetap bersih dan sehat sepanjang hari.

Selain itu, kunjungi juga halaman jual berbagai pilihan tempat sampah berkualitas dengan berbagai pilihan produk terlengkap dan dan merk terbaik sepert Krisbow dan merk lainnya diantaranya jual tempat sampah, jual tong sampah, jual bak sampah, jual kantong sampah, tong sampah outdoor, tong sampah indoor.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved