Management Trends zkumparan

Bhinneka Perluas Pasar UMKM Minangkabau Melalui Ekosistem Digital

Bhinneka Perluas Pasar UMKM Minangkabau Melalui Ekosistem Digital

Bhinneka sebagai pionir e-commerce di Indonesia sejak 1993, selalu aktif mendukung program pemerintah khususnya dalam digitalisasi UMKM. Salah satu bentuk dukungan tersebut ialah turut berkontribusi dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Sumatera Barat (Sumbar) 2022.

Dalam penyelenggaraan Gernas BBI Sumbar 2022, Bhinneka bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mendorong percepatan transformasi ekonomi digital Indonesia. Melalui kolaborasi ini, Bhinneka sebagai Business Super Ecosystem akan menghubungkan para pelaku UMKM lokal, khususnya asal ranah Minang ini, dengan para pelanggan Bhinneka di seluruh Indonesia melalui platform digital.

Program Gernas BBI Sumbar 2022 sendiri dimulai sejak April hingga Juni mendatang, dengan pembukaan secara luring di Bukittinggi, Sumbar pada 12 April 2022 lalu. Selama periode tersebut, konsumen Bhinneka bisa melakukan pencarian dan bertransaksi belasan hingga puluhan produk-produk UMKM asal Sumbar, termasuk makanan asli Minangkabau; rendang dan aneka makanan olahan rendang. Ragam produk UMKM Sumbar ini, bisa diakses di laman Selasar Nusantara.

Selain itu, sepanjang kampanye Gernas BBI Sumbar, Bhinneka menyediakan berbagai promo gratis ongkos kirim dan diskon hingga Rp150 ribu yang berlaku untuk semua kategori produk di laman produk lokal.

“Kerja sama dalam Gernas BBI Sumbar 2022 ini, tidak hanya menguntungkan UMKM yang bisa Go National by Digital, tapi juga para pelanggan, karena produk dan promo yang disediakan juga ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan, khususnya selama bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idulfitri,” ungkap VP Corporate Affairs and Government Relations Bhinneka Bima Laga.

Bima menambahkan aneka promo dari berbagai produk ini akan mendorong stimulus penjualan, sehingga e-commerce berperan mensukseskan target nilai transaksi di akhir periode Gernas BBI Sumbar 2022.

Pada kesempatan yang berbeda, Ketua Dewan Komisioner OJK sekaligus Campaign Manager BBI Sumbar 2022, Wimboh Santoso menyambut baik peran lokapasar dalam perluasan ekosistem digital bagi produk-produk UMKM.

“Kami harapkan melalui Gernas BBI, UMKM yang merupakan soko guru perekonomian Indonesia semakin berkembang serta mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi,” ujar Wimboh.

Melalui Gernas BBI Sumbar 2022, OJK menargetkan transaksi melalui e-commerce mitra sebesar Rp15 miliar, sehingga UMKM lokal yang terlibat dalam bertumbuh, dan menikmati manfaat digitalisasi.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved