Strategy Leaders zkumparan

Haus Ingin Jadi Pemimpin Industri F&B di Indonesia

Haus Ingin Jadi Pemimpin Industri F&B di Indonesia
CEO & Co-founder Haus, Gufron Syarif.

Berawal dari semangat untuk menjadi pemain utama di negeri sendiri, Gufron Syarif mendirikan merek minuman dan makanan (F&B) kekinian, Haus sejak tahun 2018. Gufron bersama tiga rekannya menyadari antusiasme masyarakat terhadap gaya hidup mengonsumsi makanan dan minuman kekinian begitu tinggi. Untuk itu, Haus hadir menyediakan berbagai pilihan produk yang dapat dinikmati oleh semua orang dengan harga yang terjangkau.

Sebelum mendirikan Haus, Gufron mengacu pada beverages market di China pada tahun 2015, yang mana market size-nya setara dengan Rp424 triliun per tahun. Adapun untuk kategori kopi sebanyak Rp200 triliun dan kategori new tea and bubble tea/boba sebesar Rp242 triliun. Pada waktu itu, Gufron melihat bahwa kategori minuman boba akan menjadi peluang besar di pasar Indonesia. “Karena biasanya apa yang happening di China, dalam lima tahun berikutnya akan happening di Indonesia,” ujar Gufron dalam webinar Developing Great Young Business Leaders For Stronger Indonesia, (27/4/2022).

Ketika itu, market size beverages di Indonesia baru sebesar Rp10 triliun per tahun. Adapun product life cycle minuman boba masih di level shifting dari tren ke habit. Sementara di China konsumsi minuman boba sudah tergolong pada tahap culture. “Saya yakin suatu saat minuman boba ini akan menjadi culture di Indonesia,” tambah Gufron.

Haus di bawah naungan PT Inspirasi Bisnis Nusantara pada tahun 2020 telah memperoleh pendanaan dari BRI Ventures sebesar US$2 juta. Kini Haus telah memiliki 186 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia dan telah menciptakan lapangan kerja bagi lebih dari 1.000 karyawan. Perusahaan rintisan ini juga memiliki rencana untuk melakukan ekspansi yang menjangkau banyak kota di Indonesia dan menargetkan untuk memiliki 1.000 gerai pada tahun 2025.

Haus telah menjangkau sejumlah kota di Indonesia, bahkan hingga kota di luar Jabodetabek seperti Surabaya, Bandung, Jogja, Solo, Cirebon, Karawang, Serang, dan Cilegon. Sebagai bagian dari target jangka panjang perusahaan untuk menjadi pemimpin di industri F&B asli Indonesia, Haus menargetkan ekspansi agresif untuk menambah sekitar 338 gerai baru di tahun 2022.

Selain itu, Haus juga akan terus menyuguhkan inovasi produk yang mewakili gaya hidup 70% populasi Indonesia yang merupakan masyarakat dari kalangan aspiring middle class dan middle class. Saat ini menu minuman best seller Haus di antaranya Thai Tea, Choco Lava Milo dan Boba Brown Sugar Fresh Milk.

Ke depan, Gufron ingin semakin memperkuat organisasi dan people di dalamnya untuk mendukung pertumbuhan bisnis Haus. Perusahaan sudah menyusun pengembangan organisasi yang menggabungkan antara orang-orang yang berpengalaman di industri untuk mengisi 2nd line of leadership dan karyawan internal yang dipersiakan untuk menjadi future leaders.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved