Financial Report Capital Market & Investment zkumparan

Laba Bersih Percetakan Sekuriti Naik 30%

Laba Bersih Percetakan Sekuriti Naik 30%
Foto : JTPE

Laba bersih PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk (JTPE) pada 2021 tumbuh seiring dengan terkereknya penjualan yang melonjak sebesar 10%. JTPE di tahun lalu itu mengantongi penjualan senilai Rp 1,1 triliun atau lebih tinggi dari Rp 978,6 miliar di 2020.

Laba bersih perseroan melonjak sekitar 30% atau menjadi Rp 96,5 miliar. Perusahaan yang bergerak di bidang penyedia solusi percetakan sekuriti mulai dari pembayaran, identitas, perlindungan merek, serta percetakan komersial ini menggencarkan ekspansi di bidang solusi digital dan security document untuk menangkap peluang pasar yang lebih besar di tahun-tahun berikutnya.

Allan Wibisono, Direktur Utama JTPE mengungkapkan eskipun masih belum sepenuhnya pulih, ekonomi Indonesia dan global sudah mulai bergerak kearah perbaikan.Perseroan mencermati kunjungan wisatawan ke luar negeri sudah mulai meningkat, sehingga turut meningkatkan permintaan akan pengadaan untuk passport. “Kami bersyukur dapat melewati tahun 2021 dengan cukup baik, meskipun kita ketahui dampak dari pandemi Covid-19 masih terasa hingga saat ini. Namun kami optimis, seiring dengan upaya pemulihan ekonomi nasional dan global, JTPE dapat mencatatkan kinerja yang lebih baik lagi di tahun berikutnya,” ucap Allan dalam pernyataan di Jakarta, Rabu (11/5/2022).

Penjualan JTPE di tahun itu didominasi oleh segmen sekuriti dengan kontribusi sebesar 86% atau sebesar Rp 923,9 miliar. Sementara sisanya yaitu sebesar Rp 152 miliar merupakan penjualan dari segmen non sekuriti. Adapun, dari komposisi penjualan domestik berkontribusi sebesar 89% dan sisanya disumbang penjualan ke luar negeri. Untuk penjualan ekspor di 2021 mencatatkan peningkatan sebesar 35% atau senilai Rp 119,1 miliar dari Rp 88,2 miliar.

Allan melanjutkan, dengan keunggulan teknologi yang dimiliki serta kualitas produk yang dihasilkan, telah meningkatkan permintaan dari customer luar negeri untuk pengadaan dokumen sekuriti mereka diantaranya komponen pasport, seperti e-Cover, e-PCDP dan inlay, ID Card, RFID, gift card dan lain-lain. Perseroan melihat peluang pasar ekspor masih sangat besar, sehingga JTPE akan terus menggali potensi tersebut dan menggencarkan penjualan untuk ekspor.

Perseroan, menurut Allan, terus mengembangkan inovasi-inovasi baru untuk menghasilkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Misalnya, ditengah zaman digitalisasi saat ini, JTPE mengembangkan produk-produk seperti paspor elektronik, tanda tangan digital (e-sign), RFID solution, kartu bank dan juga kartu pembayaran lainnya. “Diharapkan, dengan keunggulan teknologi dan pengalaman kami di bidang ini dapat memberikan kontribusi yang lebih baik terhadap kinerja perseroan ke depan,” sebut Allan.

JTPE berdiri sejak 1990. Perseroan merupakan penyedia solusi percetakan sekuriti mulai dari dokumen, label dan hologram, teknologi kartu yaitu kartu pembayaran, kartu sekuriti, kartu reguler dan Biro Personalisasi, percetakan komersial berupa dokumen bisnis, promoplus, gameplus, dan label premium serta penyediaan teknologi informasi. Perseroan memiliki empat pilar bisnis yaitu pembayaran, identitas, perlindungan merek, dan juga percetakan komersial.

Emiten yang IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2002 itu menyediakan solusi percetakan sekuriti yang menyasar pasar domestic dan internasional. Produk Perseroan sudah di ekspor hampir ke seluruh negara di dunia seperti negara-negara di benua Asia, Afrika, Australia, Amerika dan Eropa.

Pada tahun 2019, Toppan Gravity Limited bergabung sebagai salah satu pemegang saham Perseroan dengan kepemilikan sebesar 20%. Dengan lebih dari 300 paten yang diajukan setiap tahun, Toppan adalah salah satu perusahaan paling inovatif di industri ini dan akan berkontribusi terhadap R&D Perseroan. Kemitraan ini memungkinkan perseroan untuk menghasilkan inovasi terpilih yang dikembangkan dalam Grup Toppan. Harga saham JTPE pada Rabu pekan ini menjadi Rp 1.210 atau naik tipis sebesar 0,83% dari perdagangan sebelumnya.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved