Corporate Action Capital Market & Investment

MPMX Membagikan Dividen Rp800 Miliar di RUPST 2022

MPMX Membagikan Dividen Rp800 Miliar di RUPST 2022
Pengiriman motor PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk untuk cabang-cabang dealer

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dana Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), perusahaan konsumer otomotif dan transportasi di Indonesia menghasilkan beberapa keputusan penting. Salah satunya menyetujui membagikan dividen final tunai tahun buku 2021 kepada para pemegang saham sebesar Rp180 per saham atau setara dividend yield 14% terhadap harga saham MPMX saat penutupan perdagangan hari Rabu,18 Mei 2022.

Sepanjang tahun 2021, MPMX berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp412 miliar. Jumlah ini meningkat signifikan, yaitu 208% dibandingkan Rp134 miliar pada 2020. Dan sebagai hasilnya neraca keuangan perseroan menjadi kuat dengan posisi kas yang mencapai Rp1,84 triliun per 31 Desember 2021 yang memungkinkan perseroan untuk mengapresiasi para pemegang saham melalui kombinasi pertumbuhan bisnis yang kuat dan distribusi dividen yang konsisten.

Kemampuan MPMX untuk membayarkan dividen dapat juga dilihat dari pendapatan dan posisi kas perseroan hingga akhir Kuartal I/2022. Pendapatan bersih turun tipis 3% YoY menjadi Rp3,1 triliun terutama disebabkan oleh kurangnya pasokan sepeda motor, namun hal ini dikompensasi oleh pertumbuhan pendapatan di segmen bisnis lainnya.

Pada Kuartal I/2022, secara keseluruhan, laba bersih MPMX tercatat tercatat tetap baik didorong oleh peningkatan laba bersih bisnis inti sebesar 17% YoY, biaya operasional yang terkendali, dan peningkatan bagian laba Entitas Asosiasi JACCS MPM Finance Indonesia sebesar 8% YoY.

Dari sisi posisi keuangan, MPMX berhasil mempertahankan neraca yang sehat dengan kas dan setara kas yang kuat sebesar Rp 2,19 triliun, tumbuh 19% dibandingkan posisi akhir per 31 Desember 2021.

Group Chief Executive Officer MPMX Suwito Mawarwati mengatakan, pertumbuhan positif di tahun 2021 didukung oleh kinerja yang baik dari seluruh entitas anak yang mana seluruh segmen menunjukkan ketahanannya selama pandemi Covid-19 dengan kenaikan di level laba bersih. Hal ini juga menunjukkan bahwa fokus dan strategi yang diimplementasikan sudah sesuai dengan tujuan perusahaan dalam menjaga kinerja operasional yang solid.

“Meskipun tantangan dari masa pandemi masih terasa hingga Kuartal I/2022, tapi kami optimistis bahwa perusahaan akan mampu menjaga fundamental bisnis untuk tetap kokoh dan berhasil mempertahankan laju pertumbuhan dari kuartal sebelumnya. Hasil keputusan dalam RUPST dan RUPSLB hari ini juga merupakan komitmen kami dalam memberikan nilai bagi para pemegang saham. Posisi keuangan dan kas yang kuat mendukung kami dalam memberikan dividen ini, dan secara bersamaan tetap menjaga fleksibilitas keuangan dan operasional untukmelanjutkan bisnis,” ungkap Suwito.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved