Business Research Trends

Deretan Brand Populer di Ranah Digital

Deretan Brand Populer di Ranah Digital

Masifnya penggunaan internet di kalangan masyarakat selama pandemi Covid-19 telah melahirkan habit baru dalam memenuhi kegiatan sehari-hari. Termasuk dalam memenuhi kebutuhan, masyarakat semakin mengandalkan internet dalam mencari sebuah produk yang dibutuhkan.

Laporan We Are Social pada Februari 2022 mengungkapkan, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 205 juta. Artinya 73,7% dari populasi Indonesia telah menggunakan internet. Dari jumlah itu, 191 juta orang merupakan pengguna aktif media sosial, yang mengalami peningkatan 12,35% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Tri Raharjo, CEO Tras N Co Indonesia mengatakan, semakin pesatnya perkembangan digitalisasi sekarang ini, mengharuskan brand-brand untuk dapat beradaptasi dengan cepat dan juga inovatif demi merebut hati masyarakat yang saat ini akrab dengan digitalitasi dan internet. Kondisi tersebut juga menuntut brand untuk dapat menghadirkan strategi promosi yang tepat di ranah digital, yang bertujuan menjadi terkenal di ranah digital. “Tentunya brand dituntut untuk semakin kreatif lagi dalam membangun brand mereka,” jelas Tri.

Untuk mengukur brand-brand populer di ranah digital, Tras N Co Indonesia bekerja sama dengan IMFocus DigiMarketing Consultant, melakukan riset Indonesia Digital Popular Brand Index yang mengacu pada tiga kriteria penilaian yakni: Search Engine Based, Social Media Bases, dan Website Based.

Riset Indonesia Digital Popular Brand Index 2022 ini merupakan fase kedua, yang dilakukan pada bulan Februari hingga April 2022. Riset dilakukan terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000 brand teriset. Dari hasil riset tersebut, Tras N Co Indonesia bekerja sama dengan Infobrand.id menghadirkan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award, sebuah penghargaan terhadap brand-brand populer di kategori produknya di dunia digital. Penghargaan kali ini merupakan penyelenggaraan ke-26, atau di tahun ke-7 untuk fase kedua.

Adapun hasil riset Indonesia Digital Popular Brand Index 2022 untuk Fase Kedua, 10 kategori brand paling banyak diulas di halaman internet adalah; Sepeda Motor Matic dengan 51,15 juta ulasan, Sepeda Motor Sport dengan 20,37 juta ulasan, Listing Properti Online dengan 12,43 juta ulasan, Sepeda Motor Bebek dengan 11,75 juta ulasan, Resto Fried Chicken dengan 8,1 juta ulasan, Sepatu Running dengan 7,7 juta ulasan, Parfum dengan 7,4 juta ulasan, Kredit Barang Elektronik dengan 7,1 juta ulasan, Bra dengan 4,1 juta ulasan, dan Ban Motor dengan 3,7 juta ulasan.

Untuk 10 kategori brand paling banyak dicari secara bulanan antara lain; Resto Fried Chicken dengan 1,1 juta pencarian, kemudian City Car dengan 341,1 ribu pencarian, Sepeda Motor Matic 323,4 ribu pencarian, Mobil SUV 320,2 ribu pencarian, Mobil MPV dengan 250,2 ribu pencarian, Sepatu Sandal dengan 217,4 ribu pencarian, Laboratorium Klinik dengan 206,5 ribu pencarian, Supermarket Perabot Rumah Tangga dengan 175,9 ribu pencarian, Kredit Barang Elektronik dengan 165,5 ribu pencarian, dan Celana Jeans dengan 158,8 ribu pencarian.

Sementara peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2022 Fase 2 antara lain; KFC untuk kategori Resto Fried Chicken, YKK AP untuk kategori Kusen Alumunium, BAF untuk kategori Kredit Barang Elektronik, Eterna untuk kategori Kabel Listrik, Wuling Almaz untuk kategori Mobil SUV, Milna untuk kategori Biskuit Bayi, Germany Brilliant untuk kategori Shower, OBH Combi Anak untuk kategori Obat Flu & Batuk Anak, Sakatonik untuk kategori Multivitamin Penambah Nafsu Makan Anak dan Vitamin Sistem Imunitas Anak, Prodia untuk kategori Laboratorium Klinik, Morinaga untuk kategori Susu Formula, Carvil untuk Kategori Sepatu Sandal, dan Hufagrip untuk kategori Obat Flu & Batuk Anak.

“Indonesia Digital Popular Brand Award merupakan suara netizen dalam mencari, membicarakan simbol popularitas dan kepercayaan dalam memilih merek atau produk di internet,“ ujar Susilowati Ningsih, CEO Infobrand.id.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved