Business Update

Ahmad Rizqi Meydiarso Misi Besar Lakukan Pemerataan Transformasi Digital

Ahmad Rizqi Meydiarso Misi Besar Lakukan Pemerataan Transformasi Digital

Ahmad Rizqi Meydiarso bukanlah sosok baru di industri startup. Selain sebagai Co-Founder bebe­rapa startup dan komunitas seperti Kata.ai, Deeptech, dan Feedloop, Rizqi juga bertindak sebagai mentor untuk startup lainnya dalam Program Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital dari Kominfo serta menjadi Tech Advisor di beberapa perusahaan.

Ahmad Rizqi Meydiarso – Founder Feedloop

Pria kelahiran Yogyakarta tahun 1989 ini merupakan diaspora yang memanfaatkan secara optimal kesempat­annya tinggal di Jerman untuk mengenyam pendidikan tinggi. Ia mendapat gelar sarjana dan master di bidang Computer Engineering dari Hamburg University of Technology.

Rizqi mengaku memiliki specialized skill di bidang matematika dan programming. Hal inilah yang menjadi anchor confidence ba­ginya karena menguasai satu bidang tertentu. Dari situ, ia juga mencoba lebih aware terhadap dirinya sendiri de­ngan memaklumi kekurangan diri dan tetap improve personal growth.

“Secara pribadi, saya punya misi untuk membuat Indonesia menjadi eksportir high-tech goods. Jadi, bukan hanya sumber daya alamnya. Terlebih, pengeluaran untuk enterprise software tumbuh signifikan di Indonesia, namun sayangnya belum ada pemain lokal kelas dunia yang eksis dan masih harus impor,” kata Rizqi.

Sebelum ditempatkan di Airbus Defence and Space di program pesawat tempur Eurofighter, Rizqi mengikuti program Expert Trainee dari Airbus, yaitu program kombinasi kerja dan kuliah, tahun 2009-2014. Yaitu, di Hamburg (Divisi Cabin Systems) dan di Toulouse, Prancis (Divisi Avionic Systems). Ia kembali ke Indonesia setelah bekerja sebagai System Engineer/Software Architect Airbus Defence & Space, di Departemen Combat Aircraft Training System & Service (TASTS1), Bavaria, Jerman (2014-2015).

Di Tanah Air, Rizqi mendirikan Feedloop pada 2018 bersama dua kawannya, Ronaldi Kurniawan (sebagai CTO) dan Muhammad Ajie Santika (CMO). Feedloop merupakan startup di bidang software as a service (SaaS) yang dikenal mengembangkan produk no code development platform (NCDP) atau platform tanpa kode untuk membuat sebuah aplikasi tanpa harus memiliki keah­lian coding.

Visi Feedloop adalah menyediakan building blocks berupa sistem operasi yang diperuntukkan bagi semua kebutuhan bisnis yang extensible dan scalable, sehingga dapat membantu perkembangan bisnis dari level menengah hingga skala pemain global. Feedloop berupaya menghadirkan digitalisasi la­yanan di sektor korporasi dan pelaku usaha serta mengakselerasi terwujudnya misi besarnya, yakni melakukan pemerataan transformasi digital di seluruh Indonesia.

Layanan Feedloop memungkinkan inovasi yang disampaikan dengan cepat, membuat bisnis lebih gesit, dan melengkapi perusahaan dengan tools canggih untuk membangun aplikasi yang siap pasar atau berfungsi se­bagai core system operasi bisnis.

Feedloop memiliki dua produk unggulan, yakni Qore dan Customer Data and Expe­rience Platform (CDXP). Qore memungkinkan pengguna membuat aplikasinya sendiri tanpa perlu memahami bahasa pemograman atau memiliki keahlian coding. Dengan platform ini, bisnis bisa mengorganisasi dan mengintegrasi data mereka serta membuat aplikasi dengan application builder secara mudah dan agile. Sementara CDXP ditujukan untuk mengombinasikan Customer Big Data dari berbagai channel yang kemudian dikelola oleh kapabilitas marketing modern.

Dengan produk dan layanan yang ditawarkan, Feedloop telah mendapat keperca­yaan dari beberapa klien. Antara lain, Paragon, Accenture, Telkomsel, Kominfo, Bank BRI, Pegadaian, Jasa Raharja, dan sejumlah perusahaan di Singapura.

“Dengan mendapatkan kepercayaan dari perusahaan-perusahaan besar tersebut dan memastikan produk kami sesuai atau bahkan melampaui ekspektasi klien, akan tercipta word of mouth dan reputasi perusahaan akan terbangun,” kata Rizqi.

Saat ini Feedloop memiliki 100 karyawan dengan performa gemilang: mencapai empat kali lipat pertumbuhan year on year. Adapun revenue tahun 2021 telah melebihi dua digit miliar rupiah dan tahun 2022 ini diproyeksikan naik tiga kali lipat. “Saat ini, kami tidak terlalu fokus pada profitability namun ber­usaha mempertahankan laba positif dengan menginvestasikan sebagian besar profit ke dalam pengembangan produk,” ungkapnya.

Sebagai seorang leader, Rizqi merupa­kan venture builder yang menciptakan nilai dan beroperasi dengan fokus pada efisiensi kapital dan keberlanjutan. Di saat bersamaan, juga mempersiapkan generasi penerus bertalenta dengan etos kerja yang tinggi, growth mindset, dan komitmen yang kuat.§

Author : Dede Suryadi & Jeihan Kahfi Barlian


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved