Management Trends

Tips Menjadi Pebisnis Sukses Ala Billy Martasandy

Tips Menjadi Pebisnis Sukses Ala Billy Martasandy
Billy Martasandy, Pemilik & CEO dari Martasandy Group

Menjadi seorang pengusaha dan pebisnis sukses pastilah menjadi harapan semua orang. Dan era digital saat ini, untuk mewujudkan impian menjadi pebisnis sangatlah terbuka lebar, dikarenakan persaingan yang merata dan kesempatan yang sama. Era teknologi sudah memberikan kemudahan bagi semua orang untuk menjadi pebisnis hebat, misalnya dengan melakukan jual beli via online, yang gampang dilakukan oleh semua orang.

Namun, ternyata banyak hal yang harus dicermati apabila kita ingin menjadi pengusaha yang berhasil agar dapat beradaptasi dengan perubahan zaman. “Seorang pelaku bisnis harus memiliki tujuan dan motivasi yang kuat serta cepat tanggap dalam mencari peluang dan cara baru untuk berinovasi sebagai individu ataupun sebagai tim”, ujar Billy Martasandy, Pemilik & CEO dari Martasandy Group.

Menurut eksekutif muda yang aktif mengelola akun media sosial Instagram ini, seorang pengusaha harus trampil dan kuat dalam hal leadership, mempunyai visi yang jauh ke depan serta mampu mengambil keputusan yang tepat.

Pria yang merupakan Ketua Kompartemen Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bandung ini dikenal sebagai sosok pengusaha muda sukses dan berhasil meraih penghargaan dari lembaga Pusat Prestasi Indonesia sebagai The Best Leadership & Professional di Indonesia Leadership & Professional Award (ILPA) 2020. Saat ini, Billy mengelola beberapa bidang usaha yang bergerak di bidang konsultan psikologi, bimbingan terpadu, tours & travel, dan properti.

Sebagai bukti keandalannya dalam memimpin usaha, Billy juga mendapat sertifikasi Leadership and Team Development dari International Business Management Institute di Berlin, Jerman pada 2019 yang lalu. “Kehidupan yang baik adalah sebuah proses, bukan suatu keadaan yang ada dengan sendirinya. Kehidupan itu sendiri adalah arah, bukan tujuan”, ujar Billy mengutip pernyataan Carl Rogers – (psikolog klinis).

Di sela kesibukannya, Billy yang masih aktif sebagai anggota Perkumpulan Praktisi Hipnotis dan Hipnoterapi Indonesia dan anggota Asosiasi Psikologi Forensik Indonesia. Selain itu, aktif di organisasi IHC atau Indonesia Hypnosis Centre.

Anak tunggal dari pasangan Tjutju Edwardy dan Eeng Johanawati ini menyatakan bahwa prestasi yang telah diraih tidak secara instan. Pengalaman menjadi pemimpin di beberapa organisasi saat duduk di bangku sekolah ternyata mampu membentuk Billy untuk berlatih melakukan koordinasi tim agar mampu bekerja secara efektif dan membangkitkan motivasi setiap orang demi mencapai tujuan organisasi.

“Waktu sekolah tingkat SMP, saya juga pernah menjadi Ketua OSIS SMP PGII 2 Kota Bandung. Sedangkan ketika SMA, pernah menjadi Ketua Umum Mentor Bintalis BPI dan ketua ranting kegiatan cabang olahraga bela diri silat Perisai Diri,” tutur Billy mengenang.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved