CSR Corner

Konsistensi Program CSR Inklusif BCA Diganjar BISRA Award 2022

Konsistensi Program CSR Inklusif BCA Diganjar BISRA Award 2022

Komitmen PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dalam menghadirkan service excellence, inovasi serta nilai tambah bagi masyarakat telah mengantarkan BCA dalam beberapa ajang penghargaan. Terbaru, BCA kembali mendapatkan apresiasi atas inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) dalam ajang Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA) 2022 yang diselenggarakan secara tahunan.

“Sudah menjadi komitmen kami agar program CSR tidak hanya comply terhadap ketentuan ISO 26000 dan aspek lingkungan, tapi juga memperhatikan aspek CSV (Creating Shared Value), dan keselarasan CSR untuk mendukung bisnis perusahaan agar tumbuh berkelanjutan. Seperti yang kita ketahui bersama, peranan CSR dalam sebuah perusahaan menjadi kunci yang esensial dalam penerapan Sustainability Development Goals (SDG’s),” ujar Vice President CSR BCA Rizali Zakaria dalam keterangan tertulis di Jakarta (5/7/2022).

Pada kesempatan istimewa ini, BCA mendapatkan penghargaan Gold Champion untuk kategori Perusahaan Swasta Nasional Terbuka (listed company). Adapun aspek yang dinilai dalam penjurian BISRA Award 2022 antara lain berkaitan dengan pengembangan sosial (social development) termasuk rencana program kerja, dampak terhadap masyarakat, program keberlanjutan (sustainable program), keunikan program, program relawan (volunteer program), penanganan kebencanaan, serta pengukuran Social Return on Investment (SROI).

BISRA Award diselenggarakan untuk mengukur perusahaan-perusahaan yang memiliki program CSR dengan embedded (komitmen), feasible (dapat dilakukan), memiliki dampak yang efektif terhadap penerima program, terukur secara Social Return of Investment (SROI), serta memiliki program yang inklusif dan berkelanjutan.

BCA taktif mendukung upaya pemerintah menanggulangi pandemi, serta senantiasa memprioritaskan keselamatan karyawan dan nasabah. Bank swasta ini menyesuaikan kebijakan work from home dan mempromosikan ‘Banking from Home’. BCA juga melaksanakan program Vaksinasi Gotong Royong bagi karyawan, serta menghadirkan sentra vaksinasi bagi masyarakat di berbagai wilayah melalui kolaborasi dengan pemerintah dan otoritas terkait.

Hingga Maret 2022, BCA telah membantu mendistribusikan vaksin untuk lebih dari lebih dari 300.000 penerima, baik untuk karyawan, keluarga maupun masyarakat umum. Terbaru, BCA juga mengadakan kampanye ‘BCA Go Bi6 5tep’ dalam gerakan penanaman pohon di berbagai daerah dengan mengajak 25 ribu karyawan BCA di 12 Wilayah dan Kantor Pusat untuk melakukan virtual walk dengan nama Walk for Tree demi aksi penyelamatan bumi.

“BCA berkomitmen untuk menghadirkan nilai tambah bagi seluruh masyarakat Indonesia dengan menghadirkan berbagai inisiasi program CSR yang berkelanjutan. Semoga kehadiran penghargaan ini dapat memotivasi kami untuk menciptakan program unggulan dan bermanfaat bagi banyak pihak ke depannya,” ujar Inge Setiawati selaku EVP CSR BCA.

Pada akhir Maret 2022, BCA melayani sekitar 30 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 60 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.241 kantor cabang, 18.050 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved