Technology

Tokopedia Jadi Platform Dagang Online Pilihan Pelaku UMKM

Tokopedia Jadi Platform Dagang Online Pilihan Pelaku UMKM

Tokopedia menjadi platform e-commerce yang paing dipercaya oleh pelaku usaha UMKM . Hal itu teruangkap dari hasil survei digital yang telah dilakukan oleh Survey.id Telkomsel tentang Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online tahun 2022.

Setelah Tokopedia (76%), e-commerce berikutnya berdasarkan hasil survei itu adalah Shopee (75%), Lazada (19%), Bukalapak (18%), dan Blibli (14%). Melalui survei digital tersebut, Telkomsel berupaya mewujudkan komitmennya sebagai digital ecosystem enabler yang membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi para pelaku industri dan masyarakat, khususnya dalam memperkuat kultur pengambilan keputusan berbasis data.

Hasil riset itu juga menemukan bahwa platform pasar dagang online yang dianggap memberikan pengalaman paling memuaskan bagi pebisnis UMKM untuk berjualan online adalah Tokopedia (69%), Shopee (62%), Lazada (11%), Bukalapak (9%), dan Blibli (4%).

Sedangkan untuk platform pasar dagang online dengan pelayanan paling memuaskan bagi para pengusaha UMKM online adalah Tokopedia (68%), Shopee (61%), Lazada (11%), Bukalapak (11%), dan Blibli (6%). Di antara banyaknya platform pasar dagang online di Indonesia dengan model bisnis sebagai pusat lapak online (marketplace), yang paling sering UMKM gunakan untuk berjualan online adalah Tokopedia (47%), Shopee (45%), Lazada (5%), Bukalapak (2%), dan Blibli (0%).

“Sebagai digital ecosystem enabler, Telkomsel berupaya membuka peluang kemajuan bagi para pelaku industri dan masyarakat. Riset pasar berbasis pengguna smartphone, seperti yang dimungkinkan dengan tSurvey.id, menggunakan metode penyasaran responden yang akurat, tidak random atau berdasarkan klaim seperti pada beberapa metode survei lainnya,” ungkap Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang.

Menurutnya, tSurvey.id Telkomsel menghasilkan insights berkualitas yang dapat dipertimbangkan oleh pelaku e-commerce dalam pengambilan keputusan bisnis bersama UMKM lokal ke depannya, seperti pentingnya fitur aplikasi yang membantu, keleluasaan menjual produk yang beragam dalam jumlah banyak, serta diskon dan promosi yang gencar.

Sementara e-commerce yang mendapatkan persepsi paling positif dari responden pengusaha UMKM online di Indonesia, beberapa aspek yang dipersepsikan mendukung platform ini hingga unggul dibandingkan para kompetitornya adalah kemudahan penggunaan (70%), fitur-fitur penjualan lengkap (68%), layanan pusat resolusi yang baik (66%), fasilitas logistik yang memuaskan (70%), tampilan user interface (UI) yang nyaman (70%), serta sistem pembayaran yang lengkap (73%).

Masa survei dilakukan selama 2 minggu, yaitu dari tanggal 10 sampai 24 Juni 2022, dengan melibatkan sebanyak 1.000 responden dari pelaku UMKM online di seluruh Indonesia yang menggunakan smartphone dengan nomor telepon Telkomsel.

Berdasarkan lokasi geografis, proporsi responden dari Jabodetabek adalah 60% dari Pulau Jawa non-Jabodetabek sebanyak 30%, dan dari luar Pulau Jawa sebanyak 10%. Sedangkan berdasarkan proporsi gender, sebanyak 60% responden merupakan laki-laki dan 40% adalah perempuan.

Adapun tSurvey.id merupakan platform survei digital dari Telkomsel yang menawarkan solusi Data Solutions bagi seluruh kebutuhan riset pelanggan, baik dalam lingkup akademik, komersial lintas industri, sosial, maupun keperluan riset lainnya secara luas.

Kapabilitas platform survey ini diperkaya dengan data insight telco dari lebih dari 170 juta pelanggan sehingga memiliki beberapa keunggulan, mulai dari jangkauan basis responden yang luas, fitur respondent targeting dengan profiling yang akurat, keluaran hasil yang lebih cepat, serta fitur manajemen survei yang user friendly. Platform tSurvey.id dapat membantu pelaku riset untuk menangkap berbagai insight dari pelanggan se-Indonesia, mulai dari aspek kebiasaan, opini, hingga persepsi responden terhadap sebuah produk secara tepat.

Alfian menggarisbawahi bahwa temuan-temuan ini menjadi cerminan pentingnya pengalaman dan pelayanan yang memuaskan bagi para responden sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi para pelaku platform pasar dagang online untuk mengambil keputusan bisnis ke depannya, terutama di tengah persaingan ketat antar platform.

“Ke depan, Telkomsel akan terus mengakselerasi pengembangan inovasi dan teknologi terdepan, serta membuka lebih banyak peluang kemajuan di industri dan masyarakat, khususnya dalam memperkuat kultur pengambilan keputusan berbasis data melalui tSurvey.id,” ujar Alfian.

Telkomsel, lanjut Alfian, berupaya untuk membuka lebih banyak peluang dan kemungkinan dengan menghadirkan digital connectivity, digital platform, dan digital services yang dikembangkan dengan mengutamakan kemanfaatan teknologi bagi seluruh lapisan masyarakat hingga penjuru negeri.

Operator telekomunikasi ini juga konsisten melakukan pemerataan jaringan mobile broadband 4G dan pengembangan 5G, serta memperluas ragam layanan dan solusi digital inovatif, seperti Mobile Gaming, Digital Entertainment, Digital Lifestyle, Mobile Financial Services, Enterprise Solutions, dan Internet of Things. Selama 27 tahun berdiri, Telkomsel kini hadir untuk melayani lebih dari 175 juta pelanggan yang tersebar hingga ke wilayah terdalam dan terluar Indonesia dengan dukungan lebih dari 247.000 BTS.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved