Marketing Trends

Cara Ninja Xpress Bantu Kolaborasi Multi-stakeholders Percepat UMKM Go Digital

Cara Ninja Xpress Bantu Kolaborasi Multi-stakeholders Percepat UMKM Go Digital
Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress

Untuk meningkatkan produktivitas UMKM lokal, Ninja Xpress mendukung kolaborasi multi-stakeholders untuk mempercepat UMKM go digital pada acara peringatan Hari UMKM Nasional 2022 yang diselenggarakan di Bandung, 11 – 14 Agustus 2022.

Dalam peringatan ini, Ninja Xpress membantu UKM dalam melakukan transformasi digital dengan menyediakan fasilitas Creative Business Solutions gratis dan mempromosikan produk dari dua UMKM terpilih di booth Ninja Xpress serta melakukan serangkaian kegiatan digital activation.

Layanan Ninja Xpress ini sejalan dengan harapan Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki pada pembukaan peringatan Hari UMKM Nasional 2022 yang menjelaskan pentingnya kerja sama seluruh stakeholders. “Melalui Hari Nasional UMKM ini saya ingin mendorong seluruh stakeholder mulai dari pemerintah, lembaga keuangan, dan asosiasi untuk mewujudkan UMKM Juara dengan percepatan UMKM Go Digital melalui kebijakan nasional ekonomi digital agar digitalisasi ekonomi memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi produsen dalam negeri,” ujar Menteri Teten.

Menkop &UKM mengungkapkan bahwa perekonomian Indonesia mulai pulih yang ditunjukkan dengan pertumbuhan 5.4% pada Semester 1/2022. Ia juga menekankan bahwa adopsi teknologi dan inovasi digital berpotensi tingkatkan ketahanan produktivitas dan ekonomi. Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, ekonomi digital Indonesia diperkirakan mencapai Rp5.400 triliun pada 2030, terbesar di Asia Tenggara. Namun sayangnya lebih dari 10% produk yang diperdagangkan di e-commerce masih produk impor. Kerja sama multi-stakeholders ini harus dapat memperkuat kapasitas produksi dalam negeri sebagai pasar ekonomi digital yang besar.

Selain itu, Teten mendukung ide perdagangan antar provinsi yang diungkapkan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah kondisi ekonomi global yang lesu dan inflasi yang tinggi.

”Kunci untuk UMKM berkembang adalah bersatu. Kita jangan bergantung dengan perdagangan luar negeri. Maksimalkan perdagangan antar provinsi yang dapat dimulai dengan merilis data kebutuhan setiap provinsi agar dapat di-supply dari provinsi lain,” jelas Gubernur Jabar. Pada kesempatan tersebut, Kamil juga menginformasikan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat pada semester I/2022 telah mencapai 5.6%, lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional.

Menyambut ajakan kolaborasi ini, Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress mengatakan, Ninja Xpress memahami pentingnya kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk membantu meningkatkan produktivitas UKM lokal agar dapat lebih kuat menopang perekonomian bangsa.

“Sesuai dengan tema peringatan tahun ini ‘UMKM Juara dengan Digital’, kami menyediakan layanan Creative Business Solutions di acara ini untuk mendampingi mereka onboard ke digital serta melakukan digital activation untuk mempromosikan produk shipper di booth Ninja Xpress. Kami berharap penyelenggaraan acara ini dan layanan yang diberikan dapat memotivasi semangat mereka untuk bangkit menjadi UMKM Juara setelah dilanda pandemic,” jelas Andi.

Berdasarkan data Kemenkop & UKM pada Maret 2021, UMKM memberikan kontribusi hingga 61.07% terhadap produk domestik bruto.. Kegiatan bisnis UMKM juga memberikan kesempatan pekerjaan untuk 97% tenaga kerja di Indonesia. Meskipun sebagai tulang punggung kedaulatan ekonomi bangsa semakin kuat, UMKM masih menghadapi banyak tantangan. Menurut studi Suara UKM Negeri bersama dengan markplus pada tahun 2020, tantangan utamanya adalah pemasaran dan logistik, untuk kembali bangkit pascapandemi.

Dalam pemasaran, inkonsistensi dalam brand storytelling menjadi salah satu tantangan yang sering ditemui. Ninja Xpress bertujuan untuk mengatasi tantangan tersebut melalui Creative Business Solution, layanan yang disediakan gratis untuk UMKM. Layanan tersebut terdiri dari produksi foto dan video profesional melalui Creative Hub yang juga dibuka secara gratis bagi semua UMKM pada saat acara berlangsung di Cihampelas Walk, pendekatan ke mega influencer dan bantuan endorsement hingga penyelenggaraan offline dan online event untuk memamerkan barang mereka.

Selama Ramadan 2022, puluhan UMKM telah menikmati layanan ini sehingga berhasil meningkatkan pengiriman barang mereka hingga 40% dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Creative Hub, yang merupakan salah satu layanan unggulan dari Creative Business Solutions, kini sudah hadir di lima (5) lokasi, di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, hingga Sumatera.

Pada kesempatan ini, Ninja Xpress juga memamerkan produk-produk dari dua UMKM terpilih di bazaar yang dihadiri sekitar 80.000 pengunjung yaitu brand Meika dan Beestore. Untuk menjangkau calon pembeli yang lebih banyak, Ninja Xpress juga melakukan kegiatan digital activation melalui endorsement dan kehadiran influencer untuk membantu pemasaran produk UMKM tersebut.

Indra Komara Putra, Brand Owner dari Meika, salah satu UMKM yang terpilih produknya untuk dipamerkan di booth Ninja Xpress mengatakan, acara Hari UMKM di Bandung ini memberikan kesempatan yang besar bagi UKM untuk memperluas exposure produknya secara nasional. “Ninja Xpress telah banyak membantu dengan memamerkan produk kami di booth pada acara bazar lain dan melakukan serangkaian kegiatan activation untuk meraih pelanggan yang lebih banyak seperti melalui pendekatan kepada influencer yang sudah terkenal,” ungkapnya.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved