Capital Market & Investment

Mirae Asset Sekuritas dan BRI Memacu Jumlah Investor

Mirae Asset Sekuritas dan BRI Memacu Jumlah Investor
Foto : Mirae Asset Sekuritas

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia berkolaborasi dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) atau BRI dalam menggelar HOTS Championship Season 9 untuk mempercepat demokratisasi investasi dan mendorong pertumbuhan jumlah investor pasar modal.

Tae Yong Shim, CEO Mirae Asset Sekuritas, mengatakan kolaborasi kedua perusahaan tersebut memungkinkan investasi pasar modal semakin populer, terutama melalui partisipasi publik di dalam HOTS Championship 9. Dia memprediksi peserta kompetisi trading saham tersebut dapat diikuti 23.000 peserta, naik dari 22.000 peserta pada musim sebelumnya.

Dia mengatakan inovasi teknologi Mirae Asset Sekuritas dan BRI meruntuhkan batas lokasi. “Sehingga memungkinkan seluruh masyarakat Indonesia di manapun lokasinya dapat membuka rekening investasi secara online dan memulai perjalanan investasinya di pasar modal melalui belajar trading saham,” ujar Tae Yong Shim dalam acara Grand Launching HOTS Championship Season 9 di Jakarta, Senin (29/8/2022). Mr Shim, demikian sapaan akrabnya, mengatakan kolaborasi berkelanjutan antara kedua perusahaan ini merupakan lanjutan dari kerjasama sebelumnya antara dua pemimpin pasar industri pasar modal dan industri perbankan tersebut.

BRI adalah bank BUMN terbesar serta memiliki cabang dengan sebaran terluas. Di sisi lain, Mirae Asset merupakan perusahaan efek dengan nilai transaksi saham terbesar di Indonesia. Ke depannya, Mr. Shim berharap Mirae Asset Sekuritas dapat memfasilitasi minat investasi nasabah BRI dan juga publik dengan memanfaatkan kemajuan digital.

Sebagai bagian dari kerja sama, Mirae Asset Sekuritas dan BRI berinovasi dan menciptakan liga baru kompetisi tersebut yaitu BBRI League. Liga itu mengakomodasi seluruh peserta kompetisi yang membuka rekening dana nasabah (RDN) di BRI dan mampu mencetak keuntungan terbesar dari saham BRI yang ada di dalam portofolionya.

Sejak Juli, inovasi dari kolaborasi Mirae Asset Sekuritas-BRI juga sudah melahirkan pembukaan rekening investasi online serta membuka kesempatan nasabah membuka rekening dengan RDN BRI secara online. Dengan demikian, sudah ada tiga bank yang sudah bekerja sama dengan Mirae Asset Sekuritas untuk membuka rekening investasi secara online.

Untuk turut serta dalam BBRI League dan mendapatkan keuntungan lebih saat mendaftar HOTS Championship 9, nasabah juga dapat mengganti RDN-nya saat ini dengan RDN BRI. Pergantian RDN dapat dilakukan melalui situs pembukaan rekening atau menggunakan formulir yang tersedia di 43 jaringan gerai Mirae Asset Sekuritas. Saat ini, jaringan gerai Mirae Asset Sekuritas terdiri dari 27 Office Education (OE), tujuh Galeri Investasi IDX di sekolah tinggi dan universitas, serta di tiga Kantor Perwakilan IDX.

Mr. Shim menyatakan masyarakat luas dan nasabah yang ingin turut serta dalam HOTS Championship 9 sudah dapat mendaftar karena pendaftaran sudah dibuka dan masih akan menerima peserta hingga kompetisi berakhir pada 30 September 2022. Mirae Asset juga berinovasi dengan sistem referral baru yang memungkinkan peserta kompetisi mengundang lebih banyak lagi relasinya. “Kami berharap kompetisi ini dapat mengedukasi dan mendorong lebih banyak masyarakat yang berinvestasi dan bertransaksi saham, mengembangkan dan membuat transaksi investor lebih aktif, serta meningkatkan nilai transaksi pasar saham,” ujar Mr. Shim.

Pada kesempatan yang sama, Kicky Andrie Davetra, Head of Mass Funding Division BRI, mengatakan bahwa dalam kompetisi berhadiah Rp 1,5 miliar tersebut peserta dapat bersaing demi keuntungan terbesar dan berkompetisi secara sportif. “Kalau biasanya kita ke bioskop untuk menonton acara premier film, kali ini kita menonton premier Pengabdi Cuan melalui HOTS Championship 9. Dengan HOTS Championship, semakin banyak masyarakat dapat berinvestasi dan bertransaksi saham khususnya investor ritel. Selamat trading,” ujar Kicky.

Di dalam HOTS Championship 9, peserta dapat mengikuti sesi live trading dan mentorship. Dengan demikian, peserta kompetisi yang memiliki slogan #BeraniTrading ituakan memiliki kesempatan untuk berguru dengan investor ritel legendaris pasar modal Om Ben, Michael Yeoh, dan Ferdian David.

Selain kelas mentorship secara online, sesi mentorship secara offline juga selalu disediakan 43 jaringan gerai Mirae Asset Sekuritas. Informasi terkait layanan perusahaan juga disampaikan dalam bentuk tulisan, kartun, video, training, serial, serta reality show.

Inovasi lain adalah kolaborasi dengan rekan-rekan media sebagai media partner untuk semakin meluaskan informasi tentang HOTS Championship 9 serta edukasi terkait investasi saham. Beberapa media yang menjadi media partner kompetisi trading saham tersebut adalah Katadata, Beritasatu, dan IDX Channel.

HOTS Championship Season 9 yang menjadi kompetisi trading saham paling awal dan berkelanjutan tersebut menawarkan hadiah hingga Rp 1,5 miliar, yang merupakan hadiah kompetisi online trading saham terbesar di dalam negeri.

Selain Mr. Shim dan Kicky, turut hadir dalam acara Grand Launching tersebut Direktur Mirae Asset Sekuritas Daewoong An, kemudian Head of Wealth Management Division BRI, Tina Meilina, Head of Syndication & Finance Institution Non-Bank Division BRI, Tri Hartono, Department Head of Investment Service Division BRI, Dhany Ramadhanto, dan manajemen kedua perusahaan.

Swa.co.id.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved