Strategy

Greenflields Bangun Penampungan Susu Baru di Blitar

Greenflields Bangun Penampungan Susu Baru di Blitar

PT Greenfields Dairy Indonesia memperluas program Kemitraan Sapi Perah Greenfields (KSG) sekaligus meresmikan tempat penampungan susu atau milk collectioncenter (MCC) yang ketiga di daerah Pijiombo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

MCC adalah fasilitas yang mengatur seluruh proses produksi susu segar dari para mitra peternak, mulai dari pengujian, analisa, pendinginan dan proses pengiriman susu ke pabrik atau pembeli.

“Dengan visi Greenfields Farming Philosophy, Greenfields selalu menjamin terjaganya kesegaran dan kualitas seluruh produk mulai dari peternakan,proses produksi hingga tiba di tangan konsumen,” kata Heru Setyo Prabowo, Head of Dairy Farm Development & Sustainability, Government, Environment and Safety Farm Greenfields Indonesia.

Selama 14 tahun beroperasi, KSG telah melakukan penyuluhan, pembinaan, dan melayani kesehatan mitra peternak termasuk ketika merebaknya wabah PMK. “Program KSG tidak hanya menyasar untuk meningkatkan kesejahteraan para peternak, tetapi juga menyokong hasil produksi susu sapi perah dalam negeri guna memperkuat ketahanan pangan susu nasional,” ujarnya menambahkan.

Hingga kini, produksi susu dalam negeri masih belum bisa memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat. Menukil data Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, terdapat kesenjangan yang besar antara kebutuhan susu masyarakat Indonesia sebesar hampir 4,4 juta ton per tahun dengan jumlah susu segar dalam negeri (SSDN) yang hanya sebanyak 997,35 ribu ton per tahun. Kondisi ini mengakibatkan adanya ketergantungan terhadap susu impor hingga 80%. Dari jumlah pasokan susu dalam negeri, 51%-nya berasal dari Provinsi Jawa Timur.

Lebih jauh Heru memaparkan, selama wabah PMK, pihaknya juga gesit dalam melaksanakan pendampingan kepada mitra peternak seperti melakukan sosialisasi kepada peternak untuk tidak menjual atau membeli sapi dari luar daerah, mendistribusikan banner edukasi PMK, melakukan penyemprotan desinfektan, membagikan disinfektan, hingga menyusun sejumlah langkah mitigasi untuk melindungi aktivitas harian para peternak.

Selain itu, KSG juga memberikan subsidi kepemilikan sapi perah sebanyak 50 ekor dengan persyaratan ringan, sebagai langkah jitu untuk mendorong produktivitas para peternak susu sapi lokal. “Kami harap seluruh dukungan ini mampu membangkitkan kiprah para peternak sapi perah lokal, meningkatkan produksi susu sekaligus meningkatkan kesejahteraan hidup seluruh mitra peternak KSG,” tutur Heru.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved