Marketing Trends

China Homelife Indonesia Pamerkan 12.000 Produk Impor

China Homelife Indonesia Pamerkan 12.000 Produk Impor

Sebagai negara yang menjadi mitra strategis perdagangan, China memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya produk asal China yang beredar di Tanah Air, mulai dari gadget, peralatan elektronik bahkan hingga peralatan rumah tangga.

Masyarakat Indonesia menggemari produk China selain karena faktor harga yang lebih ekonomis, tampilan dan kemasannya pun sesuai dengan selera. Soal inovasi, produk China cepat beradaptasi dengan tren dan solutif.

Meskipun produk lokal terus menunjukkan daya saingnya, tingginya kebutuhan masyarakat akan produk China tak dapat dielakkan. Hal itu kemudian berdampak pada jumlah impor produk China ke Indonesia yang terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021, China menjadi negara importir produk non migas yang utama di tanah air dengan jumlah fantastis. Jumlahnya pun fantastis. Indonesia tercatat melakukan impor senilai US$ 4,44 miliar atau setara dengan Rp 63,04 triliun dengan porsi 30,89% dari total impor non migas. Komoditas terbesarnya adalah mesin peralatan, mekanis dan bahkan mesin peralatan elektrik.

Sementara menurut data resmi dari China, hubungan perdagangan bilateral Indonesia-China tumbuh hingga 58,6% pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya yakni sebesar US$124,4 triliun. Ekspor China meningkat 48,1% ke US$60,7 triliun dan impor mencapai 70,1% di angka US$63,8 triliun.

Tak dapat dipungkiri, produk China telah mendapatkan hati di masyarakat Indonesia sehingga menciptakan pasar tersendiri. Besarnya potensi dan peluang bisnis yang bisa diciptakan dari perdagangan produk China mendorong Meorient yang berbasis di Shanghai untuk menggelar China Homelife Indonesia berkolaborasi dengan PT Amara Pameran Internasional untuk mengoptimalkan potensi ekonomi tersebut.

China Homelife Indonesia digelar pada 31 Agustus – 2 September 2022 di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta di area seluas 14.000 m2. Acara ini menjadi pelaksanaan kedua pada tahun 2022 setelah edisi pertama digelar pada bulan Maret lalu.

China Homelife Indonesia sendiri adalah seri pameran dagang khusus global untuk produk China yang saat ini diadakan di 13 negara. Selain Indonesia, pameran ini juga diselenggarakan di Polandia, Turki, Brasil, Yordania, Afrika Selatan, India, Dubai, Mesir, Meksiko, Nigeria, Kazakhstan bahkan hingga Kenya.

Rencananya, pameran ini akan dibuka oleh Jodi Mahardi selaku Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Binu Pillai selaku Chief Operation Officer dari China Homelife Indonesia.

Dengan memamerkan lebih dari 12.000 produk terkualifikasi dari 700 perusahaan China yang telah terverifikasi, China Homelife Indonesia kali ini akan hadir 5 kali lebih besar dibandingkan edisi bulan Maret. Beragam jenis produk akan dipamerkan, mulai dari kategori Building Material, Textile & Garment, Machinery, Home Appliances, Auto Parts, Power Electricty, Food & Food Processing, Beauty Equipment, Medical hingga Computer, Communication & Consumer Electric.

Berdasarkan pengalaman di China Homelife Indonesia bulan Maret, antusiasme China Homelife Indonesia kali ini diprediksi akan meningkat. Para pelaku bisnis terutama yang bergerak di bidang building material, households, textile, garment, aksesoris hingga perlengkapan rumah diperkirakan bakal menyerbu acara.

Andy Wismarsyah, Presiden Direktur PT Amara Pameran Internasional optimistis acara ini akan mendatangkan banyak pelaku bisnis untuk melakukan kerja sama bisnis dengan perusahaan China.

“China Homelife Indonesia bukan sekadar ajang pameran produk China saja, melainkan juga wadah bagi para pelaku produk lokal dalam menemukan inspirasi dari China untuk mengembangkan produknya agar berdaya saing global seperti produk- produk China,” tutur Andy Wismarsyah, Presiden Direktur PT Amara Pameran Internasional.

China Homelife Indonesia juga akan menyelenggarakan Business Matchmaking yang memfasilitasi kebutuhan pelaku bisnis importir dengan penyedia barang atau produsen dari China. Bagi pengunjung yang ingin menemukan mitra bisnis, caranya mudah, cukup datang ke Matchmaking Area, pengunjung nanti akan didampingi oleh petugas dalam mencari pemasok dengan produk, harga dan kualitas yang paling cocok dengan kebutuhan pengunjung.

Tak perlu khawatir soal kendala bahasa, China Homelife Indonesia 2022 juga menyediakan layanan penerjemah gratis sehingga pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan pihak exhibitor. Selain itu, tersedia pula tim manajer ekslusif yang siap mendampingi dalam mengurus prosedur impor sehingga terjadi kesepakatan bisnis secara efektif dan efisien.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved