Trends

Jurus Indomaret Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Jurus Indomaret Tingkatkan Loyalitas Pelanggan
Fun bike menjadi salah satu kegiatan yang dilaksanakan untuk mempererat ikatan dengan pelanggan dan memperkenalkan aplikasi Indomaret Poinku dan i.saku. (Foto Ilustrasi : Dok detik.com).

Berbagai upaya terus dilakukan Indomaret untuk mendekatkan diri kepada pelanggan, di antaranya menggelar event rutin tahunan seperti mudik bareng, lomba masak, fun run, festival kuliner, lomba foto, Festival Vocal Group Indomaret (FOGI), pertandingan e-sports dan fun bike. Menurut Customer Relationship Management Executive Director PT Indomarco Prismatama, Gondo Sudjoni, kegiatan ini sebagai salah satu upaya Indomaret menjaga ikatan hubungan baik dengan pelanggan setia melalui berbagai kegiatan.

Selain kegiatan di atas, pasca-pandemi Covid-19 Indomaret ingin mengajak pelanggan Indomaret memiliki pola hidup sehat, di mana Indomaret akan menggelar fun bike di Surabaya, Yogyakarta dan Jakarta. Menurut Gondo, fun bike merupakan agenda tahunan yang dimulai dari tahun 2013 sampai 2019, kemudian terhenti karena Covid-19. Pada tahun 2020 dan 2021 kegiatan semacam ini diadakan secara virtual. “Tahun ini baru kita mulai kembali, fun bike yang dilakukan secara offline, namun masih tetap menjaga protokol kesehatan,” katanya.

Diakui Gondo, meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir, pihaknya pelan-pelan memulai kembali kegiatan yang sempat terhenti ini. “Jadi fun bike baru dilaksanakan di 3 kota besar dulu, meskipun belum full capacity agar protokol kesehatan tetap terjaga. “Harapan kami, semoga tahun-tahun mendatang semakin banyak dilaksanakan di kota – kota lainnya,” katanya.

Rencananya tahun ini fun bike Indomaret 2022 akan diadakan di 3 kota besar, yaitu Yogyakarta (25 September), Surabaya (2 Oktober), dan Jakarta (9 Oktober). Gondo memperkirakan animo pelanggan sangat besar untuk acara fun bike tahun ini. Ia menargetkan peserta di Yogyakarta sekitar 4.000 peserta, Surabaya 3.000 peserta, dan di Jakarta 6.000 peserta.

Fun bike Indomaret pertama kali dilaksanakan tahun 2013 dengan nama Indomaret Family Fun Bike. Dilaksanakan di 15 titik di Indonesia: Jember, Semarang, Cirebon, Bandung, Malang, Yogyakarta, Bandar Lampung, Pekanbaru, Samarinda, Makassar, Bali, Surabaya, Palembang, Medan, dan Jabodetabek dengan total 40.501 peserta. “Melalui fun bike, kami juga ingin merangkul komunitas pesepeda ataupun pelanggan pada umumnya untuk menjaga kesehatan terutama pasca-pandemi Covid,” ujar Gondo.

Diakui Gondo, fun bike menjadi salah satu kegiatan yang dilaksanakan untuk mempererat ikatan dengan pelanggan dan semakin memperkenalkan aplikasi membership Indomaret Poinku dan alat pembayaran digital i.saku. Mengingat untuk pembelian tiket, selain di toko Indomaret, juga bisa dilakukan melalui Klik Indomaret, aplikasi i.saku dan Indomaret Poinku.

Hingga Agustus 2022, jumlah member i.saku 16 juta, member Indomaret Poinku 16,9 juta. “Kami menargetkan sampai akhir tahun jumlah member i.saku sekitar 17,5 juta, sedangkan Indomaret Poinku di 18 juta,” katanya.

Dari jumlah outlet, hingga Agustus 2022, Indomaret memiliki 20.518 gerai yang tersebar di Jawa, Bali, Madura, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sumatera, Batam, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Sorong – Papua. Dan, hingga akhir tahun 2022 ditargetkan sebanyak 21.000 gerai.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved