Permata Bank Bangun Layanan Tatap Muka Sama Seperti Bertransaksi Digital

Selama tiga tahun terakhir, Permata Bank cukup intensif membangun kanal digital untuk memaksimalkan layanan perbankannya. Mulai dari peningkatan layanan dari mobile banking, nyaris seluruh transaksi perbankan bisa dilakukan nasabah lewat aplikasi PermataMobile X dan internet banking PemataNet.
Bahkan total volume transaksi perbankan lewat kanal digital Permata Bank meningkat 150% YoY 2020-2021. Meski demikian, bank ini tidak berpindah ke kanal digital sepenuhnya dan meninggalkan layanan tatap muka di kantor cabang. Layanan tatap muka di kantor cabang tetap dikelola dengan model teranyar yang mampu memberikan pengalaman yang sama seperti saat nasabah menggunakan layanan digitalnya.
Di cabang terbaru PermataBank, nasabah akan menemukan pengalaman anyar dan berbeda dari cabang konvesional pada umumnya. Sekarang, layanan tatap muka dibuat konsisten dan terintegrasi dengan layanan digital. Didesain dengan konsep model branch yang paperless, sekarang cabang PermataBank menghadirkan inovasi dan beragam kemudahan teknologi digital dengan tidak melupakan pentingnya human touch yang dihadirkan melalui kualitas layanan yang profesional, nyaman dan menyenangkan bagi semua generasi, baik yang tua maupun muda.
“Model branch dengan format baru, tampilan dan desain terkini, fun dan friendly akan menghasilkan pengalaman interaksi perbankan terpadu seperti di kanal digital lainnya. Model ini dibangun di atas platform teknologi yang sama seperti mobile banking, internet banking dan API banking” jelas Abdy Salimin, Direktur Teknologi dan Operasi Permata Bank.
Cabang dengan konsep ini juga menghadirkan keunikan melalui sentuhan desain interior dan look & feel yang dibuat custom dengan ciri khas daerah dan demografi lokasi cabang masing-masing. Berbagai layanan unggulan lainnya juga tersedia, sekarang nasabah dapat menggunakan QR Code PermataMobile X untuk mengambil nomor antrian. Sistem antrian di semua Cabang telah terintegrasi penuh dengan platform CRM sehingga Customer Experience Officer (CXO) PermataBank bisa langsung mengetahui kehadiran nasabah dengan informasi yang lengkap dan terpadu sehingga personalisasi layanan bisa dioptimalkan lebih lanjut.
Nasabah juga dapat menggunakan Mobile PIN PermataMobile X, PIN kartu debit atau PIN kartu kredit untuk melakukan otorisasi sehingga semua transaksi bisa dilakukan secara paperless, aman dan handal – menghasilkan pengalaman bertransaksi yang konsisten seperti menggunakan kanal digital lainnya
“Perubahan ini diharapkan akan dapat menjangkau nasabah lebih luas, semoga semua ini dapat mempermudah layanan perbankan yang simple, fast and relate. Besar harapan kami,kehadiran moderanisasi kantor cabang permata bank ini dapat menjadi solusi bagi masyarakat dalam mengakses layanan perbankan yang semakin terasa dekat dan memuaskan” ungkap Meliza M. Rusli, Direktur Utama Permata Bank pada pembukaan Cabang Pluit Kencana sebagai salah satu cabang yang diubah menjadi model branch.
Cabang Pluit Kencana ini merupakan salah satu cabang dari 20 lokasi di Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, dan Medan, yang diperbarui tahun ini dimana cabang PermataBank lainnya akan turut di format ulang selaras dengan konsep dan inovasi baru yang dikembangkan. Menurut Abdy, kedepan seluruh cabang Permata Bank di Indonesia akan diubah menjadi konsep yang sama.
Editor : Eva Martha Rahayu
Swa.co.id