Trends Economic Issues

Rancangan Amy Atmanto Meriahkan Modest Fashion Khas Indonesia

Rancangan Amy Atmanto Meriahkan Modest Fashion Khas Indonesia
Produk fesyen Muslim yang memiliki pangsa pasar mencapai 91,93 persen dari total nominal produk halal senilai Rp12,18 triliun

Saat pembukaan Presidensi G20 Indonesia, Presiden RI Joko Widodo menyatakan amanah sebagai Presidensi G20 merupakan kesempatan Indonesia untuk berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi dunia. Data Bank Indonesia menunjukkan transaksi produk halal yang diperdagangkan melalui platform e-commerce pada Januari hingga Oktober 2021 didominasi produk fesyen Muslim yang memiliki pangsa pasar mencapai 91,93 persen dari total nominal produk halal senilai Rp12,18 triliun.

Terkait hal itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin membuka Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-9 tahun 2022 yang merupakan acara tahunan terbesar bagi sektor ekonomi dan keuangan syariah (Eksyar) yang digelar Bank Indonesia (BI) pada 5-9 Oktober 2022, di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta.

Dalam rangkaian kegiatan ISEF, digelar IN2MOTIONFEST yang menampilkan modest fashion festival karya para desainer ternama Indonesia menjadi bagian acara perhelatan tersebut.

Di sela penyelenggaraan IN2MOTIONFEST 2022, desainer busana Amy Atmanto, yang juga pembina industri kreatif ini mengatakan bahwa banyak perempuan Indonesia yang menghadapi masalah dalam memilih busana modest, seperti tidak nyaman, terlalu menampilkan lekuk tubuh, kurang menampilkan budaya nasional, ataupun tidak bisa dikenakan diberbagai kesempatan.

“Pada kesempatan ini saya menghadirkan modest wear yang nyaman, wearable dan elegant dengan terus berinovasi menggunakan aneka kain Nusantara yang berakar dari kearifan lokal,” kata Amy yang mengapresiasi peran Siti Marifah Ma’ruf Amin dan Sri Bahlil Lahadalia yang oeduli pada pengembangan modest wear Indonesia dan catwalk mengenakan busana Amy Atmanto dengan menggunakan padanan kain Batik Blora.

Putri sulung dari Wapres Ma’ruf Amin, Siti Ma’rifah Ma’ruf Amin dan istri Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Sri Bahlil Lahadalia catwalk membawakan koleksi modest wear Amy pada Rabu, 6 Oktober 2022 di Plennary Hall Jakarta Convention Center, di runway Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) atau IN2MOTIONFEST 2022 .

Penampilan putri sulung Ma’ruf Amin, terlihat anggun dan bersahaja dalam balutan kebaya muslim merah maroon dengan selendang berenda dan padanan batik khas Blora. Begitu pula dengan Sri Bahlil Lahadalia yang kerap tampil mengenakan kain lokal begitu elegant dalam balutan kebaya simpel dengan selendang dan kain batik Blora

“Kami mendukung pelaksanaan IN2MOTION 2022 yang menampilkan kreasi anak bangsa dalam bidang modest fashion. Hal ini merupakan upaya konkrit peningkatan ekonomi nasional. Industri fesyen syariah memilik potensi besar yang masih dapat terus digali melalui kreasi-kreasi modest fashion yang bernuansa nasional seperti batik yang ditampikan oleh disainer kebanggaan kita ini”, ujar Marifah.

Menurut Amy, Indonesia berada pada 10 peringkat teratas sektor modest fashion dunia, selain serapan pasar dalam negeri yang begitu besar. “Acara IN2MOTIONFEST merupakan upaya bersama untuk mendorong sektor industri halal Indonesia khususnya di sektor modest fashion yang dapat memberikan kontribusi nyata untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional karena gelaran ini mengedepankan penggunaan kain lokal,” ungkap Amy.

Acara IN2MOTIONFEST sebagai rangkaian kegiatan ISEF 2022 dibuka oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Wardjiyo dan Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki

Karya Amy yang berpotongan klasik-modern, charming,elegan dan santun ingin menggambarkan sisi wanita masa kini yang sangat tahu apa yang ia inginkan dalam hidupnya. Garis rancangannya tampil megah, anggun, elegan dengan perpaduan klasik-modern menggunakan bahan berkualitas tinggi, high quality craftsmanship, diperkaya taburan manik-manik berupa bebatuan mutu manikam Nusantara.

Salah satu mahakarya Amy adalah kebaya couture bertabur Crystal Swarovski yang dikenakan Miss Universe Riyo Mori bagi dana amal kemanusiaan untuk membantu anak-anak korban tsunami di Aceh, saat itu, Amy menjadi Private Partner Swarovski International di Indonesia.

Melalui Rumah Kreatif miliknya, Amy giat mengadakan workshop pelatihan kreativitas bagi tuna rungu dan sahabat marginal guna memajukan industri kreatif yang pintar dan berdaya.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved