Marketing Trends

Strategi Hush Puppies Bidik Segmen Pasar Gen Y dan Z

Strategi Hush Puppies Bidik Segmen Pasar Gen Y dan Z

Merek fasyen asal Amerika Hush Puppies menyegarkan tampilan tokonya dalam upaya membidik segmen lebih muda. Produk yang sudah ada sejak 1958 selama ini dikenal sebagai merek yang fokus membidik segmen keluarga. Bukan hanya mengubah konsep tokonya, beberapa strategi dijalankan Hush Puppies agar targetnya tercapai.

Saat ditemui di gerai Hush Puppies di Supermal Karawaci, Tangerang, yang konsepnya diubah lebih luas, terang dan fresh, Agi, Marketing Communication Manager Hush Puppies Indonesia menjelaskan bahwa tidak semua store menampilkan konsep baru ini. Hanya di Supermal Karawaci dan ke depan rencananya baru 2 gerai lain yang akan mengadopsi konsep baru ini di Bandung dan Kelapa Gading.

“Merek Hush Puppies selama ini dikenal sebagai merek fasyen terutama sepatu yang konsumennya lebih old school dan family. Dengan konsep baru ini kami ingin konsumen muda lebih tertarik untuk masuk ke toko dan membeli produk-produk terbaru kami,” kata Agi.

Hush Puppies pun memilih brand ambassador muda, Angga Yunanda, aktor yang sedang digandrungi Gen Y dan Z dalam membidik pasar usia muda. Agi meyakini dengan sosok Angga, bisa mengubah citra agar merek Hush Puppies lebih “muda”. Angga belakangan dikenal di berbagai film yang tayang di bioskop dengan respon penonton yang cukup tinggi, salah satunya Mencuri Raden Saleh. Selain Angga, ada juga artis Clairine Clay yang digandeng merek ini untuk menarik konsumen muda.

“Selain itu, Hush Puppies kini makin beragam dengan produk mengikuti tren seperti Activeshoes mengikuti gaya hidup masyarakat yang makin suka kegiatan luar ruang. Namun begitu kami tetap menjaga DNA merek yang lebih ke casual product , dengan bahan terbaik yaitu kulit asli,” terangnya.

Mengadopsi tren penjualan online yang meningkat di masa pandemi, Hush Puppies menjawabnya dengan menghadirkan virtual store melalui website HushPuppies.co.id dan 9to6.co.id. “Konsumen bisa merasakan seperti mengelilingi store secara riil, walau mereka melakukannya secara virtual. Kondisi tokonya sama persis dengan store konsep baru ini,” tutur Agi.

Dia mengakui penjualan online bertumbuh sejak pandemi, selain itu penjualan online juga direspon positif oleh masyarakat di daerah, karena banyak konsumen ingin menggunakan produk Hush Puppies namun tokonya belum hadir di sana.

Konsep virtual store ini, juga menjadikan Hush Puppies sebagai brand fashion casual pertama di Indonesia yang memiliki toko atau store dalam bentuk virtual dan dapat diakses dengan mudah. Customer dapat masuk, berjalan-jalan, melihat koleksi Hush Puppies, memilih barang yang mereka inginkan dan melakukan transaksi pembelian seperti di dunia nyata melalui virtual store Hush Puppies.

“Pilihan konsumen sekarang makin beragam, di Hush Puppies menyediakan segala kebutuhan fasyen terkini untuk keperluan: meeting, kuliah, ngantor, santai juga,” tandas Agi. Bahkan celana dalam dan Bra pun ada. Padahal dulu, Hush Puppies identik dengan sepatu dan tas saja. Kini, dengan mengadopsi tren terkini, cukup di satu toko, konsumen bisa membeli kebutuhan fasyen.

“Kami juga mengadopsi konsep bisnis berkelanjutan, sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan. Bulan depan akan meluncurkan produk sepatu dari plastik daur ulang dan gangga. Juga penggunaan katun yang tidak terlalu banyak menggunakan air dan menggunakan bahan baku organik. Ini merupakan inisiatif sustainability fashion Hush Puppies pada Bumi,” ungkapnya.

Gerai Hush Puppies dengan konsep baru ini memakan area 320 m2, konsepnya pun lebih homey dan comfy. Hush Puppies ingin memberikan pengalaman berbelanja yang baru untuk pelanggan setia Hush Puppies, serta memberikan hiburan dan pilihan baru. Di saat sama, Hush Puppies memperkenalkan tema store terbaru yaitu Bright New Day.

Untuk meningkatkan awareness konsep baru ini, Hush Puppies menggelar promo menarik yaitu diskon 30% untuk setiap pembelian 2 item atau lebih dan berlaku untuk semua produk Hush Puppies. Promo ini berlaku mulai 14 sampai 27 Oktober 2022.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved