Legend Brand

Bir Bintang, Suarakan Perbedaan dalam Kebersamaan

Bir Bintang, Suarakan Perbedaan dalam Kebersamaan
Jessica Setiawan, Marketing Director PT Multi Bintang Indonesia Tbk.)
Jessica Setiawan, Marketing Director PT Multi Bintang Indonesia Tbk.)

Sebagai merek minuman bir ikonik di Indonesia yang berdiri sejak 1952, bir Bintang telah menjadi saksi bisu bagaimana generasi muda Indonesia berevolusi. Merek bir di bawah naungan PT Multi Bintang Indonesia Tbk. (MBI) ini punya visi untuk tetap eksis dalam jangka panjang, konsisten dalam menjaga kualitas, serta adaptif dalam melihat perubahan zaman.

Bir Bintang mengusung filosofi “Bersama Bintang, Berbeda Bersama”. Maksudnya, kehadirannya untuk merayakan perbedaan dalam kebersamaan. “Saat kita berbagi bir Bintang, tidak ada orang asing. Karena bir Bintang dengan rasanya yang menyegarkan, kaya, dan khas, memungkinkan kita untuk terbuka kepada semua orang dan merasa connected,” Marketing Director MBI Jessica Setiawan menjelaskan filosofi tersebut.

Bir Bintang menyasar konsumen berusia 21 tahun ke atas (batasan legal drinking age). Namun, merek minuman ini terus berevolusi agar tetap relevan. Yang terbaru, pada 2021 MBI meluncurkan produk Bintang Crystal, yaitu bir dengan rasa lebih tidak pahit tapi tetap dengan rasa khas bir Bintang, sehingga menjadi kesempatan perusahaan untuk menyegarkan merek Bintang secara keseluruhan.

Sebagai bir yang telah dikenal sebagai merek bir terfavorit di Indonesia, MBI tetap berupaya memahami keinginan konsumen. “Kami memiliki sistem untuk mendengar pendapat dan keluhan konsumen,” ujar Jessica. Sebagai bagian dari Heineken global, pihaknya juga melihat perkembangan kategori minuman ini di luar negeri, kemudian menyusun strategi untuk terus meningkatkan kualitas produk dan meluncurkan produk baru yang diinginkan konsumen bir di Indonesia.

Pada dasarnya, MBI berupaya mengetahui value apa yang penting bagi konsumen dan value apa yang berkembang dalam kultur Indonesia. “Sebagai merek favorit, bir Bintang berupaya menjadi ikon dari kultur Indonesia dan mengangkat topik-topik yang relevan,” kata Jessica. Setelah pesan yang ingin disampaikan itu jelas, pihaknya lalu membangun kampanye terintegrasi, yang mencakup program komunikasi, aktivasi, promo, dll.

“Sebagai merek favorit, bir Bintang berupaya menjadi ikon dari kultur Indonesia dan mengangkat topik-topik yang relevan.”

Jessica Setiawan, Marketing Director PT Multi Bintang Indonesia Tbk.)

MBI memiliki komitmen untuk memastikan produknya dinikmati dan dipasarkan secara bertanggung jawab. Pihaknya memastikan setiap komunikasi dan promosi yang dilakukan menjunjung kode pemasaran (marketing code) yang sesuai dengan standar self regulation industri minuman beralkohol yang diterapkan secara internasional. Misalnya, selalu memastikan aktor/influencer yang dilibatkan berusia di atas 21 tahun sesuai dengan pedoman aturan usia legal konsumsi alkohol di Indonesia.

Untuk terus menjaga engagement dengan konsumen, bir Bintang menggunakan beragam platform media sosial untuk menjalankan berbagai aktivitas, seperti berpromosi dan menyampaikan undangan kompetisi atau informasi lainnya. Secara reguler, perusahaan juga memantau tingkat kepuasan melalui metriks-metriks di media sosial, seperti tingkat engagement, jumlah follower, dan isi pembicaraan mengenai brand yang dilakukan setiap minggu.

Saat ini, portofolio produk bir Bintang terdiri atas Bintang Pilsener, Bintang Radler, Bintang 0.0%, dan Bintang Crystal. MBI juga telah memiliki jaringan distribusi yang menyeluruh, baik on trade maupun off trade, ke setiap daerah di Indonesia. (*)

Jeihan K. Barlian

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved