Management Trends

Pulihkan UMKM Pascapandemi, HR Path Ajak UMKM Go Digital

Pulihkan UMKM Pascapandemi, HR Path Ajak UMKM Go Digital
Marcelany, Direktur HR Path Indonesia

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan perusahaan yang sedang berkembang memiliki peran penting dalam perkembangan perekonomian Indonesia merasakan berbagai dampak dari pandemi Covid-19. Perlu strategi khusus berupa transformasi digital guna memulihkan ekonomi pascapandemi. Salah satu tantangan yang dihadapi para pebisnis ini dalam operasional bisnis adalah manajemen SDM (Sumber Daya Manusia).

Dengan banyaknya perusahaan yang mulai terbiasa menerapkan situasi kerja hybrid, kebutuhan akan transformasi digital dan menjaga kualitas yang baik menjadi sesuatu yang mendesak. Banyak pekerjaan saat ini yang beralih untuk dikerjakan di mana saja dan kapan saja atau disebut dengan remote working. Tim SDM perusahaan menghadapi tantangan untuk mengelola perubahan organisasi. Mereka membutuhan solusi yang tepat untuk menyediakan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan guna memperkuat dan meningkatkan strategi bisnis mereka.

HR Path, perusahaan konsultan HRIS (human resources information system)global, , menjawab kebutuhan transformasi digital UMKM dan perusahaan yang sedang berkembang dengan menghadirkan Nubo, sebiah siistem HR terkonfigurasi dan efisien berkualitas, tapi harganya lebih terjangkau sehingga sesuai dengan keinginan mereka.

“Walaupun Nubo dapat membantu perusahaan-perusahaan dari kategori menengah hingga besar, fokus HR Path adalah menargetkan perusahaan menengah atau perusahaan yang sedang berkembang, yang mana sejak masa pandemi, mereka memiliki keinginan untuk bertranformasi ke digital namun terkendala masalah finansial dan keterbatasan waktu,” ujar Marcelany, Direktur HR Path Indonesia.

Marcelany menjelaskan, Nubo adalah solusi HRIS berbasis SAP SuccessFactors yang memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk memilih sendiri aplikasi sesuai kebutuhan dan keinginan bisnis mereka dengan teknologi terstandarisasi (pre-configured). Dengan Nubo, pengguna dapat memiliki kemampuan untuk menggunakan sistem ERP HR terbaik.

Sementara SAP SuccessFactors adalah penyedia cloud human experience management (HXM) yang berfokus pada SDM untuk Human Capital Management (HCM). HXM memungkinkan perusahaan untuk memberikan karyawan pengalaman yang menghargai nilai individu mereka dan secara konsisten memotivasi mereka untuk mencapai tingkat kinerja terbaik.

HR Path memahami bahwa banyak UMKM ataupun perusahaan yang sedang berkembang tidak memiliki bandwidth untuk memiliki sistem yang mumpuni. Tetapi dengan Nubo,mereka dapat memiliki dan menerapkan solusi SuccessFactors dengan harga yang terjangkau. Dengan biaya implementasi yang rendah memungkinkan mereka untuk fokus dan berinvestasi dalam meningkatkan jumlah pelanggan mereka.

“Pendekatan modular Nubo memungkinkan untuk bekerja di manapun dan kemanapun. Modul yang digunakan tergantung kebutuhan. Tidak masalah jika hanya satu modul saja, tidak harus ambil semua modul,” jelas Marcelany.

Solusi Nubo dari HR Path telah digunakan oleh salah satu grup perusahaan keuangan retail Jepang di cabangnya di Indonesia. Nubo telah membantu perusahaan dalam bidang pembiayaan konsumen ini ketika mereka sedang membutuhkan solusi SDM dalam kurun waktu yang singkat. Pada bulan Oktober tahun 2021, perusahan ini memutuskan untuk mengganti sistem SDM mereka dan merencanakan untuk melakukan performance review untuk persiapan awal tahun 2022.

HR Path memberikan perhatian terhadap kebutuhan perusahaan keuangan tersebut. Setelah melakukan analisa, HR Path terpilih berkat kemampuannya menghadirkan solusi HR yang sesuai dengan detail kebutuhan bisnis perusahaan keuangan tersebut. HR Path berhasil mengimplementasikan solusi ini dengan waktu on-boarding yang cepat hanya dalam waktu 4,5 pekan sesuai ekspektasi pelanggan.

Perusahaan keuangan tersebut kini memiliki sistem HR yang disesusaikan dan dapat diandalkan yang sejalan dengan tujuan bisnisnya yakni berkontribusi pada komunitas lokal dengan tetap berorientasi kepada nasabahnya.

“Sebagai perusahaan konsultan SDM, HR Path selalu mengutamakan pendekatan dengan mementingkan kebutuhan customer, dan solusi SuccessFactors Nubo dengan sistem SDM berbasis teknologi cloud terkonfigurasi yang memang dimodifikasi oleh tim HR Path untuk memudahkan customer dalam bertransformasi digital, ” tutur Marcelany

HR Path merupakan pakar global SDM dalam membantu perusahaan yang membutuhkannya dan dalam bertransformasi digital. Advise, Implement & Run adalah tiga lini bisnis HR Path yang berkontribusi terhadap kinerja SDM perusahaan. Didirikan pada tahun 2001, sebanyak 1.250 talentanya telah mendukung kurang lebih 1.500 klien di 19 negara.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved