Marketing Trends

Mitra Tokopedia Apresiasi Mitra di Usia yang ke-4

Mitra Tokopedia Apresiasi Mitra di Usia yang ke-4

Di usianya yang ke-4 Mitra Tokopedia memperkokoh diri dengan mengadakan kampanye #SemangatKu4t. Sebagai gambaran, Mitra Tokopedia adalah aplikasi bagi pegiat usaha tradisional, seperti pemilik warung, toko kelontong, untuk menstok barang dagangan fisik maupun digital, seperti pulsa, paket data, dan token listrik.

“Kampanye #SemangatKu4t ditujukan untuk mengapresiasi mitra usaha tradisional, yang selama ini telah menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia untuk memulai dan mengembangkan usaha,” kata Head of New Retail Tokopedia Karina Susilo. melalui kampanye ini, Tokopedia juga mengadakan kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia dan telah memilih pemenang yang punya kisah paling inspiratif.

Karina menambahkan, selain berjualan para mitra juga membawa dampak bagi lingkungan sekitar. “Sebagai bentuk penghargaan, kami akan melakukan renovasi warung atau toko para pemenang agar mereka lebih semangat dalam menjalankan usaha,” kata dia.

Marfour Syam, Pemilik Toko Si Kembar (Bogor, Jawa Barat), menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia sejak 2018 untuk mencari pendapatan tambahan karena suaminya terpaksa berhenti bekerja. Berkat Mitra Tokopedia, Marfour tidak perlu mengeluarkan modal untuk mulai berjualan produk digital. Produk digital yang paling banyak dibeli oleh pelanggannya antara lain pulsa telepon, paket data, voucher games dan token listrik.

“Berkat Mitra Tokopedia, saya tidak perlu mengeluarkan modal untuk mulai berjualan produk digital seperti pulsa atau paket data. Saya juga sangat terbantu dalam mengatur pembukuan dan mencatat utang pelanggan dengan adanya fitur Catat Hutang di aplikasi Mitra Tokopedia,” kata Marfour.

Sementara itu, Titin Lestari mendirikan Toko Gibran sejak tahun 2017 di Medan, Sumatera Utara. Titin mulai bergabung dengan Mitra Tokopedia pada 2019. Ia menggunakan fitur Grosir untuk menstok sembako dan fitur Produk Digital di Mitra Tokopedia untuk berjualan produk digital, seperti pulsa, token listrik, paket data dan pembayaran tagihan angsuran kredit.

Sejak bergabung menggunakan Mitra Tokopedia, omzet harian warung Titin bisa mencapai jutaan Rupiah, dua kali lipat dibanding sebelum menggunakan Mitra Tokopedia. Karena tokonya lebih ramai pengunjung sejak menggunakan Mitra Tokopedia, Titin kerap membantu warga sekitar yang ingin menitipkan barang dagangan.

“Omzet warung saya bisa mencapai jutaan Rupiah per hari, meningkat dua kali lipat semenjak pakai aplikasi Mitra Tokopedia. Warung juga jadi lebih ramai, jadi saya bisa bantu warga–yang tidak punya tempat jualan–untuk menitipkan barang dagangan mereka,” kata Titin.

Karina menjelaskan selain berdampak kepada para mitra, Mitra Tokopedia juga berdampak pada masyarakat umum. Masyarakat, kata dia, bisa membeli kebutuhan sehari-hari dengan harga yang leih murah dan dekat dari rumah. “Disini mereka bisa membayar Listrik, e-Samsat, PBB, hingga pembayaran uang kuliah,” kata dia menutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved