Technology Trends

Oracle CloudWorld 2022 Menghadirkan Inovasi Teknologi Terbaru

Oracle CloudWorld 2022 Menghadirkan Inovasi Teknologi Terbaru
Davian Omas, Managing Director Oracle Indonesia

Oracle CloudWorld kembai diadakan. Pada 2022, acara tahunan ini dapat diakses secara langsung maupun online, dari Las Vegas Amerika Serikat, setelah hampir tiga tahun tertunda. Pada perhelatan ini pelanggan dan mitra Oracle dapat berinteraksi dan menjelajahi berbagai inovasi perusahaan teknologi tersebut.

Menurut Davian Omas, Managing Director Oracle Indonesia ini, Oracle memperkenalkan serangkaian solusi baru, Oracle Alloy, yaitu platform berbasis cloud yang memungkinkan mitra Oracle untuk menjadi mitra dan meluncurkan layanan cloud kepada pelanggan mereka sendiri; MySQL HeatWave Lakehouse, yang membantu pelanggan memproses dan menyimpan ratusan terabyte data pada penyimpanan objek dalam berbagai format file; serta Oracle Cloud Infrastructure, Oracle Analytics, Oracle Database, developer, partner, dan pengumuman pelanggan dan mitra terbaru.

Oracle juga mengumumkan Oracle B2B Commerce, layanan baru yang mengintegrasikan dan mengotomatisasi transaksi end-to-end business-to-business; Oracle Applications Platform, yang memungkinkan pelanggan dan mitra untuk membangun rangkaian lengkap aplikasi cloud Oracle; dan aplikasi lainnya yang mendukung berbagai industri termasuk industri kesehatan.

Oracle Alloy dikenalkan sebagai platform infrastruktur cloud baru yang memungkinkan penyedia layanan, integrator, vendor perangkat lunak independen (ISV), dan organisasi lain seperti lembaga keuangan atau penyedia telekomunikasi untuk menjadi penyedia teknologi cloud dan meluncurkan berbagai layanan cloud baru kepada pelanggan mereka.

Dengan Alloy, organisasi-organisasi ini dapat menawarkan rangkaian lengkap layanan cloud, merek dan menyesuaikannya sesuai kebutuhan, layanan dan aplikasi bernilai tambah untuk memenuhi kebutuhan spesifik pasar dan vertikal industri mereka. Organisasi-organisasi ini juga dapat menggunakan Alloy secara independen di pusat data mereka sendiri dan sepenuhnya mengontrol operasinya untuk membantu memenuhi persyaratan peraturan yang berlaku.

Sebagai pelanggan pertama OCI Dedicated Region, Nomura Research Institute, Ltd. (NRI), saat ini menjalankan dua aplikasi keuangan paling penting: Bestway dan T-Star yang dihosting di platform cloud berkinerja tinggi, aman, dan skalabel. Seluruh layanan disediakan oleh Oracle dan dioperasikan oleh NRI dengan kontrol tingkat tinggi untuk memenuhi persyaratan keamanan, kedaulatan data, dan peraturan yang ketat.

“Kami melihat Oracle Alloy sebagai inovasi baru yang tidak hanya akan memudahkan pelanggan untuk membangun, menjalankan aplikasi dan layanan mereka sendiri, tetapi juga memungkinkan kami untuk mengintegrasikan aplikasi keuangan dan sistem pelanggan dengan lebih baik. Oracle Alloy memiliki potensi untuk membantu kami meningkatkan nilai bisnis bagi pelanggan layanan keuangan kami,” kata Tomoshiro Takemoto, Senior Executive Managing Director NRI.

Untuk memperluas aliansi, Oracle dan NVIDIA mengumumkan kemitraan multi-tahun untuk membantu pelanggan memecahkan tantangan bisnis dengan komputasi TI dan AI. Kolaborasi ini bertujuan untuk membawa pembaharuan atas NVIDIA computing stack dari GPU ke sebuah sistem ke perangkat lunak hingga Oracle Cloud Infrastructure (OCI).

OCI menambahkan puluhan ribu Graphics Processing Unit (GPU) NVIDIA, termasuk A100 dan H100 yang baru, ke dalam kapasitasnya. Dikombinasikan dengan infrastruktur cloud AI OCI dari bare metal, cluster networking, dan penyimpanan, hal ini akan memberikan perusahaan portofolio opsi yang luas dan mudah diakses untuk pelatihan AI dan inferensi pembelajaran mendalam dalam skala besar.

“Akselerasi komputerisasi dan AI adalah kunci untuk mengatasi kenaikan biaya di setiap aspek operasi bisnis,” kata Jensen Huang, CEO & Pendiri NVIDIA. Perusahaan semakin beralih ke strategi AI yang mengutamakan cloud yang memungkinkan pengembangan cepat dan penerapan yang skalabel. Kemitraan ini akan membuat NVIDIA AI mudah dijangkau oleh ribuan perusahaan.

Oracle juga mengumumkan MySQL HeatWave Lakehouse, yang memungkinkan pelanggan untuk memproses dan menyimpan ratusan terabyte data dalam penyimpanan objek di berbagai format file, seperti CSV dan Parket, serta cadangan Aurora dan Redshift. MySQL HeatWave Lakehouse adalah tambahan terbaru untuk portofolio MySQL HeatWave, satu-satunya layanan cloud yang menggabungkan pemrosesan transaksi, analitik, pembelajaran mesin, dan otomatisasi berbasis pembelajaran mesin dalam satu database MySQL.

“MySQL HeatWave adalah hasil dari penelitian dan pengembangan lanjutan selama bertahun-tahun, yang kami ubah menjadi inovasi terobosan untuk mengatasi serangkaian tantangan yang lebih besar bagi semua pelanggan MySQL. MySQL HeatWave Lakehouse adalah pengumuman MySQL HeatWave utama ketiga kami tahun ini,” kata Edward Screven, Chief Corporate Architect di Oracle.

Untuk mendorong efisiensi biaya operasional perusahaan dan meningkatkan pengalaman pelanggan dan memperkenalkan penawaran baru, Oracle telah melansir layanan baru yang akan mengintegrasikan dan mengotomatisasi transaksi end-to-end business-to-business (B2B). Oracle B2B Commerce yang baru menghilangkan berbagai sistem, proses, dan tantangan integrasi data yang membuat transaksi B2B begitu kompleks dengan menghubungkan langsung lebih dari 40.000 pembeli, penjual, dan penyedia layanan melalui Oracle Cloud Enterprise Resource Planning.

“Seberapa cepat kami berinovasi, beberapa pelanggan selalu ingin menambahkan fitur atau kemampuan khusus industri mereka sendiri,” kata Jenny Lam, Senior Vice President of User Experience Design Oracle.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved